Dua komputer iMac dengan ukuran layar  21.5 inch yang disediakan untuk pengunjung menjadi salah satu kelengkapan di Morning Glory yang baru saja buka dan berdekatan dengan area perkantoran Sentral Senayan,  Plaza Senayan, Jakarta.  Sebenarnya masih dalam tahap persiapan dan akan dibuka secara resmi akhir bulan ini. Mengenai lokasi cafe yang letaknya di area perkantoran dan bukan di mall,  Nathanael Charis dari Morning Glory mengatakan bahwa memang pasar mereka yang utama adalah pekerja yang berada di kedua menara Sentral Senayan tersebut.

Untuk memudahkan mencapai lokasi MG Cafe, Anda bisa melalui supermarket Food Hall di lantai basement 1 dan melewati beberapa resto untuk selanjutnya menuju ke area perkantoran Sentral Senayan tempat cafe ini berada. MG tetap mengandalkan kopi hasil roasting mereka sendiri yang antara lain diambil dari perkebunan yang mereka kelola bersama para petani di kawasan Pangalengan, Jawa Barat.

Sebagai informasi tambahan, Nathanael merupakan salah satu penggiat indikasi geografis “Kopi Preanger” bersama kelompok petani di Pangalengan.  Diharapkan dalam waktu yang tak terlampau lama, nama Kopi Preanger akan segera menyusul “Gayo” dan “Kintamani” yang telah terlebih dahulu memperoleh sertifikasi indikasi geografis.

Sayang waktu itu saya berkunjung saat jam kerja karena ada menu latte yang dicampur vodka, sebuah partner in crime ! Menggoda untuk dicoba di lain kesempatan,  selepas jam kerja. Masalahnya tidak terlalu banyak cafe yang menyediakan menu kopi dengan alkohol, yang biasanya terbatas di lingkungan bar.

Saat di sana bersama Franky Angkawijaya, saya baru mencoba Americano dari blend espresso yang mereka racik dari 4 single origin di Indonesia yang ditasbihkan dengan nama Kembang Desa. Walau baru bekerja selama empat bulan, Elang Pamungkas (23), Barista di MG dengan senang hati akan memberikan penjelasan tentang aroma dan flavor kopi yang ada di cafe ini. Oh ya, pengunjung juga bisa membeli kopi “Kembang Desa” seharga 70 ribu untuk kemasan 200 gram.

Morning Glory tidak menyediakan kopi dari luar negeri dan salah satu kedai kopi yang sudah lama mengusung khazanah kopi Indonesia. Bagi Anda pecinta kopi Nusantara, siapa tahu bisa bersua dengan si Kembang Desa di Morning Glory Plaza Senayan.

Lokasi :  Basement 1 Unit 10BM & 10BI, telepon : 5793 9695
Jam buka : 07.00 – 22.00, setiap hari
Kapasitas tempat duduk : 50 kursi
Harga : Cappucino 19.000 (single) 27.000 (double) dan termahal caramel machiatto 48 ribu.

 

5 replies
  1. qertoev coffee
    qertoev coffee says:

    maju terus kopi paris van java ……salam buat pak nathanael,edward,michael.dari kopi gayo(win as)

  2. Yugo
    Yugo says:

    Wah, patut dikunjungi kapan2. Bung Toni dan Bung Philo, saya pengin beli cangkir kopi berdinding tebal seperti pada gambar di atas, dimana ya? Thanks… Yugo Isal

  3. Philocoffee Project
    Philocoffee Project says:

    Kopi Preanger mengingatkan kami akan Preanger Stelsel, cikal bakal yang kelak dikenal Cultuurstelsel. Kebetulan Preanger Stelsel adalah (proto) Tanam Paksa pertama kali, dan komoditas yang dihasilkan dari (proto) tanam paksa tersebut adalah kopi, yang kelak kopi tanam paksa itu dikenal sebagai Preanger Coffee.

    Semoga lancar IG-nya.

Comments are closed.