Riri Amiyata, peserta yang tidak mewakili cafe manapun, menyuguhkan presentasi terbaik selama 15 menit penampilan finalnya walau nilainya harus turun dibanding hari pertama ia tampil. Empat tahun menimba ilmu di Blue Mountain International Hotel Management School Sydney sambil bekerja di salah satu hotel di sana telah membekalinya untuk tampil percaya diri di hadapan para juri. Riri merupakan satu2nya peserta yang menggunakan bahasa Inggris saat menjelaskan tentang ketiga minuman yang dibuatnya, espresso, cappuccino, dan signature drink. Laporang selengkapnya IBC kota Bandung di bawah ini :

 

IBC di kota Bandung merupakan rangkaian terakhir penyelenggaraan kompetisi Barista kota di luar Jakarta setelah Bali, Jogja, dan Surabaya. Event ini diselenggarakan di Maxis Restoran kawasan Ciumbuleuit kota Bandung pada tanggal 24-25 Februari lalu dan diikuti 22 peserta yang datang dari cafe/resto seperti : Morning Glory, Kopi Progo, Kampung Daun, Kopi Q, Black Canyon, Hummingbird, D Loft, dan masih banyak lainnya.

Bila di Surabaya terdapat Tanu Samala (Juara3) yang merupakan peserta independen, di kota Bandung ada Riri (Juara1) dan Adrian Permana (Juara 5). Kedua orang peserta ini tidak mewakili cafe/resto manapun dan bertanding semata untuk menguji kemampuan mereka dalam ajang kompetisi seperti IBC. Ada lagi yang menarik, Toto H. Suwarno dari Morning Glory merangkak dari jabatan Office Boy lalu diberikan kesempatan menjadi barista dan akhirnya membuktikan keberhasilannya menyabet tiket final ke Jakarta bulan April nanti.

Saat pengumuman pemenang, Head Judge Tuti H. Mochtar mengatakan bahwa secara keseluruhan peserta kota Bandung harus berusaha lebih baik, memperhatikan detail, dan tetap konsisten dalam setiap penampilannya. Menurut Tuti, terdapat penurunan nilai yang signifikan dari hampir ke-10 finalis, sesuatu hal yang seharusnya tidak terjadi. Namun secara keseluruhan nilai rata2 peserta dari kota Bandung agak lebih baikan dari Jogja dan Surabaya, walau masih berada di bawah dominasi Bali yang tetap memimpin peroleh nilai untuk sementara ini.

Daftar lengkap finalis IBC kota Bandung :

Juara 1 : Riri Amiyata
Juara 2 : David A. Gunadi (Sebastianz Coffee)
Juara 3 : Firmansyah (Kampung Daun)
Juara 4 : Dadan Harisna (Morning Glory)
Juara 5 : Adrian Permana
Juara 6 : Toto H. Suwarno (Morning Glory)

Barista Bandung, selamat bertanding di Jakarta !

 

 

 

7 replies
  1. firman
    firman says:

    Pengalaman yang menarik..hehe
    apalagi bisa ketemu sama juara IBC 2009 mr.agus tassi…
    banyak pelajaran yang saya dapat dikompetisi kemarin,karena itu pengalaman pertama saya ikut kompetisi (dan akhirnya bisa masuk juara)
    Thanks for report,keren mas Tony

  2. ismail basri
    ismail basri says:

    Terima kasih Bandung,.senang bisa ikutan IBC Reg Bandung,.walaupun gak lolos,.hehe,..tp,banyak hal yg bsa saya terapakan untuk kedisiplinan seorang barista khususnya tuk di kahvenero tempat sy bekerja terrlepas setelah mengikuti event ini,.dan lebih senang lagi kaos the baristahood community telah diperkenalkan oleh Mr.agus tassi@bandung(Thanks pa’agus atas kesediaannya memakai kaosnya,.hehe),.dan salam hormat tuk para juri IBC 2011,.maju terus Indonesia Barista,.”Make coffee not war” 😉

  3. Hery Ishak
    Hery Ishak says:

    Yaaahh…., gak apa-apalah. Liat di blok cikopi nya kang Tony aja udah lumayan.
    Daripada nggak tau sama sekali he he he…

  4. Enrico
    Enrico says:

    Hatur nuhun field reportnya kang, cukup mengobati kekecewaan saya ga bisa liat langsung pertandingannya. Ga sabar nunggu yang di Jkt!

Comments are closed.