Kalau dihitung, saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan pemasok peralatan kopi untuk siapapun yang akan membuka sebuah coffee shop. Tapi tak semuanya menyediakan layanan vertically integrated business, atau menyediakan hampir semua kebutuhan yang diperlukan untuk sebuah coffee shop. Harap maklum, tak semua pengusaha yang baru pertama kali terjun ke bidang ini paham akan barang atau produk apa saja yang harus diakuisisi agar anggaran tak bocor sana sini.

Mungkin di sini posisi Caffeine Solutions, sebuah perusahaan yang berbasis di Singapura serta sudah dua dekade terjun ke bisnis ini. Saat ini sudah membuka cabangnya di Indonesia sejak beberapa tahun ke belakang untuk membantu melakukan navigasi kepada klien yang baru saja akan terjun ke bisnis kopi.

Lokasi. Caffeine Solutions berlokasi di Jalan Setiabudi Tengah 19, Kuningan, Jakarta, sebuah kantor yang dilengkapi dengan coffee shop di bagian depan dan display beragam perlatan mesin espresso dan atribut pendukung lainnya.

ECM Barista. Pandangan saya tak lepas dari mesin kecil ECM Barista di antara jajaran mesin espresso yang terpajang di sini. Mesin kecil buatan Jerman ini memang punya kenangan tersendiri saat saya memulai mengulas mesin espresso hampir 10 tahun yang lalu.

Mesin Espresso. Tapi tentu saja Caffeine Solutions bukan hanya menyediakan mesin domestik. Mereka memiliki beberapa mesin komersial dengan berbagai varian dari merek-merek yang sudah punya reputasi seperti Casadio, La Cimbali, Gaggia, hingga mesin artisan seperti Slayer Steam. Itu baru sebagian kecil, dan masih banyak merek mesin super otomatis seperti Jura, dan La Cimbali S20/30, atau Necta.  

Grinder. Piranti yang sangat penting ini tentunya tersedia juga di sini, dan suatu saat saya ingin membahas salah satu flagship grinder La Cimbali yang bertipe Elective yang salah satu fiturnya bisa terkoneksi langsung dengan mesin espresso (merek yang sama). Atau grinder Faema Groundbreaker yang menarik juga diulas pada kesempatan lain. Selain merek-merek tadi, ada merek Fiorenzato (pernah saya tulis di sini)

Klien. Banyak perusahaan termasuk hotel yang sudah menggunakan jasa Caffeine Solutions. Bukan hanya kalangan horeca, perusahaan perkapalan raksasa Maersk pun menjadi salah satu perusahaan yang masuk dalam portofolio mereka.

Demikian juga di Indonesia, dalam waktu yang cukup singkat Caffeine Solutions sudah menjadir partner beberapa perusahaan horeca termasuk indpenden coffee shop yang menggunakan jasa mereka.

Purna Jual. Salah satu kendala yang sering dihadapi para pebisnis coffee shop adalah isu purna jual. Sistem penjualan tanpa perlindungan layanan purna jual memang terlihat jauh lebih murah dan di sinilah biasanya awal permasalaahan yang sering terjadi.

Pembeli yang terlanjur tergiur dengan tawaran mesin atau grinder yang jauh lebih miring harganya seringkali menghadapi masalah saat terjadi kendala teknis yang tak bisa diselesaikan. Sedangkan penjual tak punya solusi apapun atau lari dari tanggung jawab meninggalkan pelanggan yang kebingungan menghadapi kerusakan mesin tanpa tahu bagaimana cara perbaikannya.

Caffeine Solutions memberikan layanan purna jual dan on-call selama 24 jam saat pelanggan menghadapi kendala teknis. Perbaikan bisa dilakukan melalui sambungan telepon, video call, atau bila sudah tak memungkinkan maka teknisi akan langsung datang ke lokasi. Walau seringkali masalah yang dihadapi sepele seperti koneksi listrik yang belum tersambung hingga pasokan air yang harus diganti, namun Caffeine Solutions tetap akan memberikan layanan terbaiknya.

Gaggia La Realle, Kunjungan ke kantor mereka tak lengkap bila tak membawa sesuatu untuk para pembaca saat saya diperlihatkan sebuah mesih varian tertinggi dari Gaggia, La Reale. Gaggia merupakan salah satu produsen mesin espresso tertua dari Italia, yang berasal dari kota Milan.

Mari kita bahas secara singkat fitur unggulan yang ditawarkan oleh mesin yang punya desain futuristik dengan balutan lampu LED baik di masing-masing group head, juga panel kiri dan kanan. ini. Sebagai informasi, mesin 2 group ini dibanderol dengan harga 200 jutaan dengan total pasokan listrik 8.500 watt untuk memanaskan 11 liter boiler dan masing-masing 0.8 liter boiler untuk masing-masing group head-nya.

Dynamic Flow Control (DFC). Gaggia memasangkan fitur DFC yang secara singkat pengaturan keluaran air pada saat pre-infusion, infusion, dan ekstraksi yang bisa men-tweak rasa kopi melalui beragam grafik flow rate. 

Secara singkat fitur flow rate mengatur besaran debit dan seberapa cepat air yang keluar dari boiler di group head. Ada tiga kecepatan yang bisa diatur, slow, medium, dan fast. Proses ini terjadi pada saat pre-infusion, influsion hinga ekstraksi saat pengguna La Reale bisa mengubah variable debit air untuk men-tweak profile kopi.

Itu hanya salah satu contoh pengaplikasian sistem DFC dan kecepatan flow rate tersebut bisa diubah sesuai dengan profile kopi atau rasa yang diinginkan. Semuanya hanya dilakukan dengan satu tombol tanpa harus menggeser pedal secara manual.

Buat siapa mesin ini ? La Realle akan sangat optimal bila digunakan oleh para Barista atau Roaster yang ingin meaksimal hasil racikan kopinya. Namun siapapun bisa mengambil nilai tambah mesin dengan seabrek fitur lain seperti layar sentuh, dose programing (suhu dan waktu brewing), steam wand yang anti panas, efektitas waktu dengan adanya indpenden boiler, dan masih banyak fitur lainnya yang tak mungkin saya bahas satu persatu dalan pengenalan mesin La Realle dari Gaggia.

La Reale hanya salah satu mesin yang diperkenalkan oleh Caffeine Solutions kepada saya saat kunjungan ke kantor mereka. Mesin artisan Slayer Steam tak kalah menariknya dengan fitur tekanan frothing yang bisa diatur berikut suhu yang diinginkan. Menarik tentunya.

Penutup. Caffeine Solutions tidak semata menjual produk, mereka juga menekankan kepada konsultasi agar setiap klien mendapatkan produk yang tepat guna untuk bisnis mereka. Menyarankan La Reale untuk coffee shop kecil tentunya tidak tepat. Mereka punya pilihan mesin-mesin lain yang akan disesuaikan dengan kebutuhan para calon pebisnis kopi tanpa hatus menyodorkan mesin besar yang overkill. 

Selain mesin dan piranti grinder, Caffeine Solutions menyediakan kopi, powder, konsultasi menu dan resep beritu pelatihan yang langsung dilakukan oleh Bettr Barista dari Singapura.

Caffeine Solutions, untuk siapapun yang ingin menjajaki bisnis coffee shop dan pemilihan produk tepat guna berikut layanan purna jual mereka agar klien tak dipusingkan dengan kendala teknis.

* * *