Prolog. Di sebuah pameran Food & Hotel di Singapura lebih dari satu dekade lalu saya pertama kali bertemu dengan pendiri HeyCafe yang ikut berpameran di sana. Perusahaan yang didirikan pria berkebangsaan Israel ini menunjukan beberapa keunggulan produknya dan harga yang kompetitif untuk sebuah grinder espresso. Dua produk HeyCafe pernah saya ulas dan yang terakhir adalah tipe HC-880 Lab, salah satu rekomendasi grinder khususnya untuk keperluan para roaster. 

Kini HeyCafe serta perusahaan grinder Anfim dari Milan, berada di bawah bendera group perusahaa Hemro setelah mereka diakuisisi perusahaaan yang berkantor pusat di Swiss dan juga menjadi induk grinder Mahlkonig serta Ditting.

HeyCafe H1. Produk yang sedang pembaca lihat adalah keluaran terbaru HeyCafe dengan tipe H1. Sebuah grinder yang sekilas sama dengan alat penggiling kopi untuk espresso. Tapi istimewanya, H1 bisa digunakan bukan hanya untuk pendamping mesin espresso, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan seduh manual.

Tapi bukankah grinder espresso lainnya juga bisa digunakan untuk manual brewing ? Ya tentu saja, tapi kadang ribet untuk urusan setting karena harus memutar collar dan mencari ukuran kehalusan yang pas. Memang ada beberapa tipe grinder yang tinggal mencari grind size hanya dengan sekali putar seperti Mahlkonig EK43 atau Ditting  KR 804.

Di sini saya berbicara tentang tipe alat giling kopi mainstream yang masih menggunakan tuas untuk memutar burr, urusannya bisa  merepotkan.

Mudah memilih grind size. Nah di sinilah Hey cafe H1 mengisi kekosongan sebuah grinder sapu jagat yang bisa digunakan untuk semua metode seduh dengan pengoperasian yang mudah. Caranya, cukup memutar sebuah tombol yang kemudian ukurannya akan diperlihatkan dalam sebuah angka digital berdasarkan rujukan 5 metode seduh dari Turkish hingga French Press.

Pertanyaan maha pentingnya adalah, mudahkan memutar burr-nya ? Jawaban singkatnya iya. Tak perlu mengeluarkan tenaga super power, cukup putar tombol dan memilih angka yang tertera pada display, selanjutnya burr akan menyesuaikan pilihan kita. Menarik bukan ?

Spesifikasi dan Desain. Dari aspek desain tak banyak yang saya keluhkan dengan bentuk kotak walau sebagian badannya dibalut dengan material plastik polycarbonat. Dinamo untuk memutar burr yang berukuran 64mm berkekuatan daya listrik 250 watt.

Di bagian depan, sudah disediakan tatakan untuk cangkir stainless penampung kopi selain pengait untuk porta filter. Ketinggian tatakan atau plat besi bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat lampu LED di bagian kiri atas yang akan menyala pada saat H1 dioperasikan. Demi alasan keamanan, H1 tidak akan bekerja pada saat hopper tidak terpasang.

Hopper atau kontainer penampung kopi bisa memuat 380 gram, sudah lebih dari cukup tentunya untuk keperluan komersial. Selain itu saya lebih memilih hopper kecil ketimbang yang menjulang tinggi dan kadang mengintimidasi, ini preferensi pribadi saja.

Menggunakan HeyCafe H1. Sebagaimana pembaca bisa melihat pada salah satu foto di atas, grinder ini menyediakan semua pilihan cara seduh kopi, dari yang halus seperti Turkish, hingga paling kasar untuk French Press juga termasuk espresso.

Tinggal mengkuti petunjuk tabel yang sudah tersedia, pengguna tinggal memutar tombol micro adjustment untuk pilihan yang akan ditampilkan pada display berupa angka. Praktis.

HeyCafe mengklaim kecepatan giling antara 2.5 hingga 3 gram per detik, relatif cepat mengingat daya listriknya yang hanya 250 watt yang digunakan untuk memutar burr berdiameter 64mm. Suara motor gilingnya cukup halus saat butiran kopi mulai keluar dari chute.

Seandainya saja ... Timer ! Saya tak punya keluhan berarti saat menggunakan H1, tapi berangan-angan, jika saja grinder ini dilengkapi dengan timer atau pengatur waktu yang tentunya sangat berguna khususnya untuk seduh manual. Jadi tak usah grind by weight, cukup sebuah timer dan itu akan membahagiakan saya sebagai pengguna untuk sebuah grinder  yang berharga 13 jutaan ini.

Penutup. Dengan senang hati saya merekomendasikan HeyCafe H1, sebagai sebuah alat giling serba bisa dengan segala kepraktisannya. Tentunya bisa digunakan untuk keperluan komersial maupun untuk para home brewers yang tak perlu membeli 2 grinder terpisah untuk espresso dan manual brewing.

______________________

 

 

Info lebih detail tentang produk ini silakan DM akun Instagram @ISC Indo Gourmet Sarana Cemerlang 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *