Di sela2 jadwalnya yang padat, Ingo Binzen, dari Probat-Werke, perusahaan mesin roasting dari Jerman menemui saya dalam sebuah perbincangan khusus di sebuah restoran kawasan Tebet Jakarta. Ingo adalah orang yang bertanggung jawab terhadap penjualan Probat di wilayah Asia, sebuah pasar yang terus berkembang. Ia berada di Jakarta mengunjungi beberapa perusahaan pengguna mesin Probat termasuk  perusahaan kopi terbesar di tanah air. Selengkapnya obrolan singkat dengan Ingo Binzen.

Mengapa mesin keluaran Probat harganya koq sangat mahal ?
Kalau anda ingin kualitas, Probat adalah jawabannya. Tapi bukan hanya kualitas yang kami tawarkan, karena selain menjual mesin roaster, perusahaan kami mungkin satu2nya yang memiliki pusat pelatihan di dunia yang berlokasi di Jerman. Kami menawarkan kepada para pelanggan untuk datang ke tempat pelatihan yang kami sediakan untuk belajar tentang cara mengolah biji kopi, cara roasting, menyempurnakan roasting profile. Kami juga mempunyai show room yang menyediakan jajaran produk untuk shop roaster yang lengkap. Probat juga dilengkapi dengan fasilitas Research & Development, intinya Anda bukan saja membeli mesin, tapi juga pengetahuan dan dukungan penuh dari kami. Sebuah paket lengkap.

Bila kita lihat dari spesifikasi teknis mesin Probat, tentu mempunyai beberapa perbedaan dibandingkan dengan merek lain. Kami mengembangkan mesin yang terbaik, material yang kuat, sistem kontrol pemanas, pemisahan roasting dan proses pendinginan, sesuatu yang berbeda dari apa yang telah kami lakukan pada versi terdahulu. Beberapa pelanggan meminta kami untuk menyediakan sistem automatisasi mesin yang membuat pengguna bisa mengendalikan secara penuh proses roasting.

Pelatihan Probat hanya dilakukan di Jerman, apakah ada rencana untuk membuka tempat training di salah satu negara Asia, Jakarta misalnya ?
Kami telah mengadakan kegiatan training selama berlangsungnya pameran atau konferensi. Selain itu kami telah mengirimkan roaster dari probat untuk on-site training (untuk pelanggan). Pada kesempatan lain, kami juga bisa melakukan kerjasama dengan pihak lain seperti dalam sebuah seminar. Kita telah melakukan di berbagai negara, jadi tidak menutup kemungkinan untuk diadakan di Indonesia. Kami ingin pelatihan ini bagian dari sebuah kegiatan lain yang lebih besar, misalnya saat Probat   mengadakan pelatihan khusus di Australia saat berlangsungnya “World Bean Conference”

Bagaimana Anda melihat pasar Indonesia ?
Khususnya untuk wilayah Asia, Indonesia adalah pasar yang terus berkembang dan penting untuk Probat. Kami mempunyai pasar sebanyak 50% untuk Eropa, dan sisanya di seluruh dunia dan pasar Asia terus tumbuh. Kami tidak hanya fokus kepada mesin roasting untuk industri, tapi juga shop roaster.

Siapa pasar terbesar di Asia untuk Probat?
Indonesia ! Bila kita melihat betapa pasar kopi di Indonesia yang terus meningkat dan itu yang terjadi sekarang ini.

Apa rencana Probat di Indonesia, khususnya untuk coffee shop roaster ?
Kami mempunyai jajaran produk untuk shop roaster, jadi bukan hanya untuk industri besar. Probat telah menjual 2000 shop roaster di seluruh dunia. Tentu saja ini merupakan bisnis besar dan untuk alasan tersebut kami aktif melakukan pemasaran mesin ini. Contohnya di Eropa, perkembangan shop roaster begitu pesatnya dalam jangka waktu 4-5 tahun terakhir sejalan dengan bisnis specialty coffee di sana. Potensi yang sama kami lihat juga di Indonesia.

Tapi Indonesia cukup sensitif dengan harga, mungkin untuk tahap awal orang tidak bersedia berinvestasi dengan membeli mesin terbaik, tapi dimulai dengan harga yang lebih murah dahulu. Setelah itu mereka coba mengembangkannya dan pada saat itulah mereka mulai berpikir untuk membeli mesin yang punya kualitas. Setidaknya itu peluang bagi kami.

Sulitkah me-roasting kopi ?
Tidak sulit, tapi tidak gampang utnuk menjadi roaster yang sukses di pasar kopi. Analoginya begini, setiap orang mungkin saja bisa memainkan piano, tapi untuk bermain layaknya virtuoso bukanlah pekerjaan gampang. Kami membangun sebuah piano yang sangat bagus, tapi terserah anda yang akan memainkan nada2nya. Anda harus terus melakukan roasting dan belajar untuk memahami keinginan konsumen. Prilaku konsumen di Eropa tentu berbeda dengan Indonesia. Dengan alasan itu, setiap orang harus bisa menemukan kopi apa yang terbaik buat dirinya dan orang lain untuk suskes dibidang ini. Anda tidak akan pernah berhenti belajar roasting, seumur hidup. Kopi adalah bahan organik yang akan berubah rasanya, sedangkan pasar menginginkan produk yang konsisten. Di sinilah peran penting seorang roaster untuk membuat sebuah produk yang konsisten.

Bagaimana kultur kopi di Jerman, negara asal Probat ?
Dulunya masih terbatas pada kopi bubuk yang dikemas 500gr, tapi 15 tahun terakhir gaya  espresso Italia mewabah bukan hanya di Jerman tapi di seluruh Eropa. Orang2 yang berlibur ke Italia mencoba kopi di sana sebagai bagian dari gaya hidup hingga Jerman pun mulai me-roast kopi untuk espresso. Jadi di negara kami terdapat tiga jenis kopi, pertama kopi bubuk sebagai mainstream, espresso, dan sekarang single serve coffee seperti pod, capsule, yang semakin populer.

Terakhir, apa yang akan Anda katakan kepada calon pembeli dalam satu kalimat untuk meyakinkannya tentang keunggulan mesin Probat ?

Pertanyaan bagus ! Hanya tiga kata, pertama kualitas, servis, dan dukungan penuh. Inilah tiga hal yang ada dalam Probat. Tentu saja saya dapat menjelaskannya dari sisi teknis tentang perbedaan mesin kami dengan merek yang lain, tapi akan terlalu rumit. Kami punya pengalaman lebih dari 140 tahun dalam bidang ini, tentunya semua perangkat kerasnya telah kami bedah.  Terakhir kami mengembangkan gas exhaust filter untuk mengendalikan aroma tak sedap dari hasil roasting. Hal tak kalah penting adalah berkembangnya pasar second-hand untuk mesin Probat. Bila Anda lihat harga yang ditawarkan sangat tinggi walaupun mesinnya berusia 20-30 tahun. Artinya bila Anda membeli salah satu mesin kami, Anda tidak kehilangan uang banyak dengan harga jual kembali yang masih tinggi. Semua orang tahu kalau Probat masih bisa beroperasi dalam jangka waktu 40 hingga 50 tahun tanpa ada masalah. Beberapa tahun yang lalu saya berhasil menjual mesin Probat yang diproduksi tahun 1920.

Sayangnya, Ingo harus kembali mengunjungi klien-nya dan kami harus mengakhiri percakapan tentang Probat, sebuah piano Steinway & Sons dalam dunia roasting kopi.

* * * *

Distributor Probat di Indonesia : PT Nutraco Mesindotama.

9 replies
  1. Budiman
    Budiman says:

    Wuiii. Boleh tuh dicoba kalau ada pameran. Bisa tahu dari mana ya info tentang pameran segala hal tentang kopi dan perlengkapannya, pak Toni.

  2. drakula ompong
    drakula ompong says:

    waaaaaaaaaa…………….., bravo indonesia…., jadi pengen beli mesin itu, tapi musti jual tanah satu kecamatan nih …., hehehehee

  3. leonardi
    leonardi says:

    Pak Toni, mesin roaster probat uda premium banget, diatas probat tu masih ada merek gohtot (kalau gak salah masih satu group ama probat)

    Big toy pak, life time investment 🙂

  4. Lulu
    Lulu says:

    Kang Toni, showroom yang disebut Ingo Binzen teh di Indonesia atau di Jerman? Mau dong lihat-lihat ke showroom-nya 🙂

    Di Jerman 🙂

  5. Andreas
    Andreas says:

    Kuereeeeennnnnn ……. kapan yah ….. hehehehehe … paling engga dah pernah lihat dan pegang, bukan bgitu pak Toni ? hehehehe

  6. Enrico
    Enrico says:

    wah home roaster… ngeroast utk konsumsi sendiri di rumah… salah satu ‘peak’ kecintaan pada kopi menurut saya mah! 😀

Comments are closed.