Saya selalu menyatakan bahwa grinder itu memegang posisi yang sangat penting dalam rangkaian pembuatan kopi terutama minuman yang berbasis espresso. Itulah sebabnya saya ingin mengenalkan berbagai merek dan jenis grinder dan salah satunya adalah Gino Doserless yang versi doser-nya pernah saya bahas beberapa waktu yang lalu.

Dengan bentuk dan berat yang lebih kecil, Gino Doserless mempunya kemampuan dan fitur yang hampir sama dengan versi doser. Dengan sistem stepless, mesin grinder Gino bisa diatur halus-kasarnya hasil grind atau gilingan kopi sesuai dengan kebutuhan.

Bagi saya pribadi, sistem doser maupun doserless punya kelebihan dan kekurangan masing2, yang penting adalah kemampuan kita mengobservasi hasil gilingan terutama konsistensinya dan menempatkan ukuran yang tepat baik untuk espresso atau french press.

Bagi anda yang pertama kali membaca artikel di Cikopi, ada baiknya untuk menengok halaman Caffelogue sehingga tidak dibingungkan dengan berbagai terminologi dunia kopi yang sering disebutkan dalam setiap posting di blog ini.

5 replies
  1. el hikam
    el hikam says:

    pak toni,saya baru beli latina 500N dan ga dpt manual book dr maharajacoffee,dan saya bingung utk pemasangan grind setting..apakah itu diputar sampai rapat atau gmn?dan utk burr yg di dlm apakah bisa dilepas..soalnya coba saya lepas sangat susah,gagang obeng sampe pecah.. mohon jawaban dr anda
    trima kasih

  2. Abiet
    Abiet says:

    Pak Toni, ini latina perform nya giman koq gak diterangkan untuk bji kopi 10gr bth brp detik ? klo dengan Grinder simonelli yg 3jtan itu lebih “Manteb” mana..
    denger2 ini rada slowly dalam kerjanya.. ? thanks fatwanya…

    Sekitar 25 detik, terlalu lama dan saya tidak rekomendasikan. Lebih mantep Simonelli yang 3 juta tentunya.

  3. Dendi
    Dendi says:

    Pak Toni, Gino Mini ini kok mirip banget dengan Latina 500N? Apa sama2 OEM nya Feima ya? hehehehe

    Good catch. Sama aja, cuma di re-branding.

  4. Boyke Wangge
    Boyke Wangge says:

    Saya tertarik dengan ulasan bung Toni yang sangat informatif ini.Kalau boleh tahu harganya berapa,dan dimana saya bisa mendapatkan grinder ini. Terima kasih

    Harganya 4.5 juta, bisa dipesan di Toffin Products, telepon (021) 66602505

Comments are closed.