Kalau tidak mau direpotkan dengan berbagai proses pembuatan espresso seperti pada mesin manual, Saeco Incanto bisa dijadikan alternatif. Tidak diperlukan keahlian dan kesabaran seorang barista, hanya satu sentuhan di tombol, mesin espresso ini sudah bisa menghasilkan kopi.

Memang frothing milk untuk minuman latte atau cappuccino harus dilakukan terpisah, tapi sistem frothing enhancer-nya sangat membantu menghasilkan microfoam milk. Distributor Saeco di Indonesia memasarkan Incanto dengan bekerjasama perusahaan kopi Starbucks sebagaimana saat dulu kedua perusahaan ini menjual Starbucks Barista yang sudah dihentikan produksinya.

Di bawah ini first hand look mesin espresso Incanto yang dikirim oleh PT Saeco Indonesia untuk saya ulas di blog ini.

Banyak tahapan yang harus dilakukan oleh barista untuk menghasilkan satu shot espresso dari mulai grinding, dosing, tamping, hingga extracting yang kesemuanya memerlukan ketalatenan karena kontrol sepenuhnya diserahkan kepada barista.

Berbeda dengan mesin yang serba otomatis, proses tersebut dilakukan oleh mesin yang akan secara otomatis melakukan grinding hingga menghasilkan kopi yang dikehendaki.

Jenis mesin seperti ini tentunya bukalah tipe workhorse yang bisa diajak membuat espresso lebih dari 25 cup per hari, namun untuk kebutuhan rumah tangga atau kantor dengan jumlah karyawan terbatas.

Saya sudah mencoba mesin yang hanya mengandakan satu sentuhan tombol “brew” di panel depannya dan membiarkan Incanto melakukan tugasnya mengucurkan kopi.

Rasa kopi bisa dilakukan tweak dengan mengubah grind setting dan pengaturan dosing-nya, dua fitur penting untuk bereksperimen sesuai dengan selera. Sistem pemanas menggunakan thermoblock dimana sejumlah air dialirkan ke dalam pemanas untuk  hanya untuk proses ekstraksi atau frothing saja dan bukan keduanya seperti pada sistem dual heating element dimana hal tersebut bisa dilakukan secara bersamaan.

Incato bukan jenis mesin super otomatis yang high-end dan tidak dilengkapi dengan display elektronik, program untuk mengatur jumlah keluaran air, pre-grind, dan serta suhu air yang bisa diatur.

Walau tidak dilengkap dengan fitur2 tersebut, Incanto menawarkan kemudahan dan rasa kopi yang bisa diatur sesuai dengan selera. Kalau tidak berkeberatan dengan harga 14 juta dan material casing-nya, Incanto adalah pilihan yang bisa dipertimbangkan.

* * * * *

4 replies
  1. Yugo sal
    Yugo sal says:

    Penasaran saja… ampas kopinya ditampung di mana ya? Saya bayangkan, sebulan saja mesin seperti ini ada di rumah saya, bisa sekilo lebih ampas kopi yang harus dikeluarkan dari body mesin ini :-)- Yugo Isal

  2. Thio Teddy
    Thio Teddy says:

    When coffee meets photography….
    The world will always be happy as can be….

    Thank you for your great review on our machine, Mr. Toni….

    Regards,
    Teddy
    Marketing and Business Development
    PT. Espresso Italia
    SAECO Indonesia
    marketing@saeco-id.com

Comments are closed.