waeco1

Saya merasakan sendiri bahwa tak mudah mencari air panas untuk menyeduh kop pada saat berkendara dalam perjalanan panjang ke luar kota. Anda bisa menggunakan termos Zojirushi dan menyiapkan sebelum keberangkatan. Atau cara lain adalah dengan membawa Waeco, penyeduh kopi elektrik yang tinggal dipasangkan di koneksi DC 12 volt pada mobil Anda. Saya mencoba alat ini bagi pembaca yang sering melakukan perjalanan jarak jauh dan tak ingin lepas dari kehangatan secangkir kopi.

waw5

Waeco adalah alat pembuat kopi  yang sering kita temukan, namun bentuknya jauh lebih kecil dengan ukuran 3.5 x 19 x 11 cm dan berat 660 gram. Perusahaan yang juga bernama Waeco didirikan di Jerman pada tahun 1974 dengan jargon “Mobile Solutions” diawali sebuah produk  alat pendingin makanan dan minuman yang bisa dipasangkan di yacht.

Mereka memang punya spesialisasi membuat produk peralatan yang digunakan untuk karana, kapal jenis yacht, truk, dan mobil. Salah satunya Waeco tipe MC-01 yang saya tulis di sini, pembuat kopi dengan memanfaatkan sumber listrik DC 12 Volt pada kendaraan Anda.

Alat ini bisa dibeli di pasar swalayan atau perlengkapan rumah tangga dengan harga 120 ribuan, sangat murah untuk alat pembuat kopi seperti Waeco yang punya kualitas cukup bagus.

Sebagai pembuat kopi listrik, Waeco dilengkapi dengan sebuah filter kecil yang daya tampung maksimalnya 10 gram. Lalu kontainer air yang bersatu dengan filter kopi berikut satu cangkir keramik berwarna hitam yang berkapasitas 120 ml.

Kabel untuk koneksi ke sumber DC mempunyai panjang 90cm, jadi cukuplah untuk menjangkau sumber arus DC yang biasanya terletak di bawah dashboard mobil.

filter

Penggunaannya juga sangat sederhana, terlebih bagi Anda yang sudah terbiasa memanfaatkan coffee maker baik di rumah maupun kantor. Tinggal isi filter dengan kopi dan masukan air tak lebih dari kapasitas cangkir yang hanya 120mm. Sambungkan koneksi ke sumber DC, lalu sebuah tombol merah yang berada di samping kanan tinggal ditekan untuk menyalakan Waeco. Selanjutnya selama lebih kurang 4-5 menit secangkir kopi panas sudah tersaji di dalam mobil.

waw

Tentunya tak disarankan mengoperasikan mesin ini pada saat mobil sedang dikendarai, tapi sebaiknya pada saat mobil dalam keadaan parkir, tapi mesin mobil dinyalakan. Mengapa mesin mobil harus dalam keadaan menyala ? Hanya untuk menjaga baterai mobil tetap terisi arus listrik pada saat sebagian arusnya dimanfaatkan untuk menyeduh kopi.

waw2

waw3

Saya akan menyimpan baik-baik Waeco, karena tinggal berbekal kopi yang sudah digiling dan air mineral botol maka secangkir kopi yang menyegarkan bisa dinikmati saat kapanpun di tengah perjalanan jarak jauh. Apalagi kopi yang dihasilkan dari Waeco sudah lebih dari cukup tanpa ada keanehan dari aroma dan rasa, intinya tak jauh berbeda dengan alat pembuat kopi sejenis yang menggunakan listrik.

*  *  *

waw4

3 replies

Comments are closed.