bn

Berapa banyak Anda punya timbangan digital di rumah sebagai kelengkapan untuk menyeduh kopi ? Bisa jadi buat para geek saya perkirakan lebih dari satu. Tapi bila Anda yang belum memiliki atau belum berniat untuk membelinya, alat penimbang saya istilahkan dalam bahasa Arab-nya sebagai al-furqon, pembeda kopi yang diseduh dengan “benar” dan “cukup benar”. Kali ini Bonavita produsen yang salah satu produknya dikenal dengan teko listrik yang dilengkapi dengan pengatur suhu juga mengeluarkan timbangan digital dengan tipe BV 2000 SCT.

bv6

bv7

Teko Bonavita masih saya gunakan dan selama ini tanpa kendala apapun, dan harapan yang sama akan sebuah produk yang tahan banting saya inginkan juga dari timbangan digital mereka.

Anda pasti maklum jika kekesalan penggunaan timbangan pada saat didiamkan dalam jangka waktu yang masih kisaran detik, tiba-tiba angka yang tertera menghilang tanpa pamit. Mati. Setidaknya hal yang mengecewakan seperti di atas tak perlu terjadi pada Bonavita, hal pertama yang biasanya saya ingin ketahui terlepas dari beberapa fungsi stadardnya.

Membuka Bonavita dalam kardusnya harus sedikit hati-hati karena timbangan digital ini dilengkapi dengan  lapisan kaca bening dengan tebal sekitar 5mm pada bagian atasnya sebagai penahan beban. Dibalut oleh stainless dengan berat mencapai hampir satu kilogram atau 900 gram tepatnya dan kapasitas maksimum beban seberat 3 kilogram. Ukurannya panjang 15 cm, lebar 22.5 cm dan tinggi 7 cm (tanpa drip tray), dijual di Otten Coffee seharga 1.3 jutaan.

bv2

Satu drip tray disertakan dalam paket yang bisa ditumpangkan di atas kaca agar cipratan air tak melebar kemana-mana, walau Bonavita menyatakan bahwa alatnya tahan air atau waterproof. Tatakan ini sebenarnya digunakan untuk dripper yang khusus dirancang satu paket dengan timbangan ini, tapi dijual terpisah.

Selain itu sebuah adaptor yang bisa disambungkan ke sumber listrik, Bonavita juga dilengkapi dengan tiga buah baterai ukuran AAA yang terdapat di bagian belakang. Agar mudah dibawa kemana-mana tentu pasokan listrik dengan menggunakan baterai jauh lebih praktis.

bv10

Saya mencoba menggunakan Bonavita dengan Chemex ukuran 10 cangkir atau yang paling besar dengan diameter bawahnya 13 cm. Tanpa menggunakan drip tray, alas kaca Bonavita ternyata masih tersisa sedikit ruang setelah diduduki oleh Chemex.

Tombol untuk fungsi on/off, timer, tare, dan konversi tiga ukuran dari gram (mode), pound, dan oz cukup ditekan seperlunya dan cahaya biru menerangi display hingga lebih mudah terbaca dan dilapisi khusus untuk melindungi dari cipratan air. Perlu waktu sekitar 3 detik saat pertama dinyalakan dan Bonavita siap digunakan. Akurasi hingga satu desimal, lebih dari cukup untuk menyeduh kopi.

Fungsi pengatur waktu bisa di hentikan sementara, lalu tekan sekali lagi untuk melanjutkan perhitungan atau tekan sedikit lebih alam untuk mengembalikannya ke angka “0”.  Angka di display bergerak sesuai dengan perubahan beban dan timbangan tetap berfungsi dalam keadaan didiamkan selama beberapa menit. Sebagai catatan, tidak ada fungsi “auto shut off” hingga Anda harus mematikan sendiri alat ini saat sudah selesai digunakan.

Berbeda dengan Acaia yang bisa memanfaatkan jaringan nir kabel dan beberapa tweak, Bonavita hanyalah timbangan digital biasa, tapi bila Anda hanya menginginkan fungsi dasar sebuah timbangan untuk menyeduh kopi berikut pengatur waktu, Bonavita bisa dimasukan ke dalam keranjang virtual walau harganya di atas satu juta lebih.

*  *  *

bv8

bv4

bv3

bv9

1 reply
  1. aad
    aad says:

    wah betul sekali, salah satu kejengkelan saya dgn timbangan digital adalah tiba tiba mati angka nya krn kt terlalu lama, jd hrs mengulang timbangan lg dr awal

Comments are closed.