Hari Sabtu kemarin, bertempat di Kuningan City, Jl. Prof.Dr. Satrio kav. 18, Jakarta telah berlangsung Kompetisi Latte Art yang diikuti oleh 22 peserta. Pemenang lombanya adalah Irwanto dari Santino Coffee sebagai Juara 1, Rudi Cahyadi, Pazia Cafe di tempat kedua, dan Deni Setiawan di posisi 3 dari Liberica Coffee. Event ini diselenggarakan oleh manajemen Kuningan City dan Triple Nine Production sebagai event organizer dan bekerjasama dengan saya sebagai pendukungan acara tersebut.

Acara kopi tak selalu harus serius, namun tetap mengedepankan kehalian para peserta sebagaimana yang tampak di Kompetisi Latte Art kemarin. Bekerjasama dengan Triple Nine Productions sebagai penyelenggara berbagai event yang ditunjuk oleh manajemen Kuningan City kami menggelar acara untuk para Barista yang mayoritas datang dari Jakarta. Peserta pada awalnya hanya berjumlah 15, tapi bertambah hingga 22 orang yang bertanding dengan sistem gugur di hadapan tiga orang juri : Adi W. Taroepratjeka, Mirza Luqman, dan praktisi molecular gastronomy di bidang kopi Ronald Prasanto. Mereka menilai keterampilan para peserta menuang susu terutama dari segi kontras, pola, dan kompleksitas gambar yang disajikan oleh para peserta. Tiga orang pemenang akhirnya terpilih dan berhak mendapatkan hadian voucher belanja dari Kuningan City.

Kalau dihitung, ini adalah acara Latte Art kedua yang pernah diadakan di kota Jakarta setelah sebelumnya saya mengadakan acara serupa di 1/15 Coffee saat merayakan ulang tahun ke-4 cikopi.com. Latte Art tampaknya tetap menjadi salah satu andalan para Barista yang begitu piawai mendemonstrasikan seni menuang susu dengan berbagai pola yang mereka kuasai termasuk teknik etching. Event seperti ini diharapkan menjadi tempat mengekspresikan kreativitas para barista dalam suasana informal sekaligus melatih mereka bekerja dalam waktu terbatas yang disaksikan oleh banyak peserta.

Selamat kepada para pemenang dan apresiasi saya kepada semua peserta kompetisi Latte Art yang telah berpartisipasi dalam acara ini. Semoga dalam waktu tak lama lagi, cikopi.com akan segera menggelar event yang tentunya lebih menarik  dan hadiah yang …. lumayan deh.

*  *  *

 

8 replies
  1. Hery ishak
    Hery ishak says:

    Saya tau tuh profesi kang Toni selain di kopi , yaitu “Bakul Kain” alias Tukang dagang Pakaian…..horeee….tebakan saya benar tuh…

  2. Javaro Coffee
    Javaro Coffee says:

    Pingin dateng tapi terbentur acara lain.. Mudah2an di lain acara sy bisa dpt info nya lbh awal.
    Saya tau tuh Gawe an nya mas Toni hari2…
    udah dikasi tau hahahaha..

    Waks … pokoknya gak ada kaitan dengan kopi yaa

  3. adi Triple Nine Production
    adi Triple Nine Production says:

    thanks a lot for mas toni wahid yg udah jadi pembicara di acara tersebut dan terima kasih juga untuk ketiga juri : mas Adi W taroe , mas Mirza luqman , mas Ronald Prasanto yg udah bersedia menjadi sang eksekutor di acara tersebut ..
    semoga mas tony mau kerja sama bareng kita lagi ( Triple Nine Production )
    dan mas mirza buat dong acara yg seru di tenant yg ada di sebelah tenant cre** hehehehe bareng Triple Nine Production tentunya mas hehehehe

  4. sutrisno
    sutrisno says:

    Klo bisa jawab kerjaan kang tony,kang adi mau ngasih saya NS oscar+grinder??hahahaha…

    Jangan, ntar buat iseng bikin quiz

  5. dede rud'pur
    dede rud'pur says:

    Viva barista.
    Selamat untuk irwan.
    And janganlah berkecil hati untuk para perserta barista yg mungkin kurang beruntung.tpi inilah coffee bukan ajang untuk untuk uji kebolehan tpi ini adlah silaturahmi untuk para barista ataupun coffe lover.untuk bapa toni trimakasih.heheehheh.
    Viva barista.
    B.C.B ( BARISTA COMMUNITY BANDUNG )

  6. Rian Tegank
    Rian Tegank says:

    pekerjaan mas Toni? kasih tau gaaak yaaa….hehhee
    (udah dapat bocoran)

    btw, mbak siti dari cafe mana yah? anybody knows?

    Rahasia 🙂

Comments are closed.