Kurang lebih hanya ada 1000 Q-Grader atau pencicip cita rasa kopi yang tersertifikasi oleh Coffee Quality Institute (CQI) di seluruh dunia, sebuah titel yang hanya diberikan kepada individu yang telah melewati berbagai test ketat. Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI)  membuka kesempatan bagi kalangan umum khususnya yang sudah terbiasa melakukan uji cita rasa kopi untuk mengikuti kelas Q Grader yang akan diselenggarakan di Coffee Bali House, Denpasar, dan berlangsung secara maraton dari tanggal 7 hingga 12 November 2011. Pendaftaran kelas Q Grader akan dikenai biaya sebesar  8.700.000 (anggota AKSI) dan 9.200.000 (bukan anggota), tanpa akomodasi.

Q Grader adalah pencicip kopi profesional yang diakreditasi oleh  CQI dan ini kali ketiga AKSI mengadakan kegiatan  serupa yang diadakan setiap dua tahun sekali. Selama kegiatan berlangsung para peserta akan dikenalkan kopi dari berbagai varian di dunia, melakukan uji cita rasa, mengidentifikasi cacat biji kopi, keahlian sensori, adalah sebagian test yang harus dilalui oleh setiap peserta selama kegiatan berlangsung.

Satu hal yang menarik, untuk pertama kal AKSI juga akan menyelenggarakan kelas R-Grader, khusus untuk cita rasa kopi jenis robusta. Diadakan di Jakarta pada tanggal 14-19 November dengan biaya 9.7 juta untuk yang bukan anggota AKSI  dan 9.2 bagi anggota.

Baik kelas Q Grader maupun R Grader hanya dibatasi untuk 24 peserta saja dan untuk keterangan selengkapnya bisa menghubungi Resi di AKSI : 0813 95251300

Gedung BRI II, 28th Floor,
Jl. Jend. Sudirman
Jakarta 10210
Tel: +62-21-571-3548

9 replies
  1. Martin
    Martin says:

    Hi toni
    Aku peserta pelatihan di bali kemarin, di mana bisa lihat foto2 yg di ambil sama anda selama seminggu itu? atau bisa kirimin beberapa lwt email?
    thanks
    salam Martin

    Hi Martin, saya sudah upload di posting terbaru. Nanti saya kirim lewat email juga.

  2. teddy
    teddy says:

    Pak Tony … mau nanya nih apa beda Q-grader dan R-grader? maklum pemula..hiiks

    Q-Grader ahli cita rasa untuk kopi jenis arabika, R Grader untuk varian robusta.

  3. John
    John says:

    Sedang dilema pak, ada rencana raker di kantor di pertengahan minggu itu.. Makanya dari awal naksir yang Q.. Tapi setelah baca2 tadi dan menurut mba’ Resi katanya di dunia baru ada 16 orang.. Duh.. Sangat menarik!!
    Ini pilihan yang lebih berat ketimbang pilih UDC atau EBC dulu *sigh*

    Saran saya, mengingat kopi robusta dengan grade spesial di Indonesia akan semakin berkembang, maka kebutuhan individu dengan kualifikasi R Gader akan semakin penting. Selain masih jarang, training berikutnya akan diadakan tahun 2013.

  4. John
    John says:

    Udah tadi pak, makasih, ternyata udah pindah alamat, saya cek di karttu nama SCAI yang dapet waktu di interfood..
    Ternyata untuk kelas q-grader udah penuh sejak lama.. Yang available tinggal kelas R-grader. Pak Tony gak ikut? Atau jangan2 emang udah q-grader.. Hehehe 😉

    Saya Cikopi Grader aja, 🙂 Moga2 saya bisa ke Bali walau gak mungkin dari hari pertama.
    R Grader sangat menarik pastinya dan pertama kali diadakan di Indonesia. Mau ikut ?

  5. John
    John says:

    Nomor teleponnya tidak bisa dihubungi pak.. Ada cara lain untuk kontak AKSI? Agak susah untuk langsung ke lokasi karena saya domisili di luar jakarta.. 🙁

    Makasih sebelumnya pak..

    Hi John, ini nomor telepon Resi : 0813 95251300

  6. john
    john says:

    yang ngajar siapa ya?
    dan ini belajar doang kan, gak ada exam?

    *eh mestinya nanya ke Resi yah*

    Salah satu instrukturnya John Ting dari SCAA (Specialty Coffee Association of America)

Comments are closed.