Beberapa apartemen papan atas di Jakarta mengidentifikasikan kemewahan propertinya dengan perlengkapan rumah tangga merek Bosch, perusahaan dari Jerman.  Tentu banyak alasan mereka memilih produk Bosch selain masalah citra produk berkelas, Bosch sudah malang melintang dalam menyabet berbagai penghargaan internasional dalam kepuasan pelanggan, Good Design Award, dan berbagai inovasi produknya yang mengedepankan konservasi energi. “For life” sebuah janji yang mereka usung untuk setiap produk yang dilabeli BOSCH. Saya berkunjung ke ruang pamer mereka yang wah di kawasan jakarta Selatan dan menemukan mesin kopi yang pernah di pasang pada salah satu kapal pesiar mewah.

 

Di akhir Juli kemarin mereka menyelenggarakan acara Coffee Journey yang terbuka untuk umum untuk lebih mengapresiasi termasuk cara pembuatan kopi yang menampilkan Michael Gibbons dari Illy Coffee dan Universita Del Caffe. Ini kali kedua mereka mengadakan acara serupa dan menurut Raymod Arief dari Bosch mereka akan terus menggodok format acara menarik terutama bagi kalangan pecinta kopi di Jakarta.

Ruang pamer mereka Bosch yang berada di lantai tiga gedung One Wolter Place Building adalah cerminan cita rasa kemewahan yang dikemas dalam sebuah ruangan dimana para pengunjung bisa langsung mencoba berbagai peralatan yang mereka sediakan. Dari mulai peralatan rumah tangga termasuk kompor gas, kulkas, mesin cuci dan tentu saja mesin kopi yang salah satunya ditanam di dalam tembok itu.

 

Model mesin kopi yang mereka pasarkan  ditujukan bagi siapa saja yang menginginkan kepraktisan dengan jaminan kualitas pabrikasi Jerman, tentu saja dengan sentuhan kemewahan yang berbanding dengan harga yang ditawarkan. Jadi jangan kaget bila mesin kopi yang ditanam itu bisa berharga 40 jutaan dan mereka sudah memasarkannya untuk tempat-tempat high-end di Jakarta. Untuk model lainnya, Bosch menawarkan mesin espresso super otomatis TCA 6801 yang dijual dengan harga 23 jutaan.

 

 

Jadi, sesekali datanglah ke ruang pamer mereka, minimal merasakan aura kemewahan sebuah dapur modern yang dilengkapi oleh peralatan dari Bosch terutama bila Anda tertarik dengan mesin kopinya.

* * * *

 

7 replies
  1. Leo
    Leo says:

    pleasure to meet you here and thanks for giving me the link to cikopi 🙂
    it is a wealth of information(and photos!) on the Indonesian coffee scene.

  2. albertg
    albertg says:

    yea leo that’d be me.

    ishak: saya cuman bilang kalo dari segi brand kalau bosch itu bagus untuk kitchen appliances. kalau masalah mesin kopi bosch baik apa tidak sih ngga ngerti persis. personally i wouldn’t buy it, soalnya lebih udah pake HX machines. but super autos have a place in the market lah.

    and masalah philips cuman ambil gampang aja ngga ngomongin masalah gaggia koq. emang gaggia jd kenapa mas setelah di take over philips?

    anyway sorry kalau cause offence. santai aja mas 🙂

  3. ishak
    ishak says:

    maaf albert, kalo yg pd ngerti gak bakal mau mesin yg pake thermoblock, pressure 15 bar pula. terkenal ato gak terkenal.

    apalagi ngambil contohnya philips, apa gak salah tuh. lihat kejadiannya ama gaggia sesudah dibeli philips.

  4. albertg
    albertg says:

    mas ishak. kalau di australia sih bosch cukup terkenal untuk kitchen appliances seperti kompor, kulkas, dll. dan ngga hanya terkenal mereknya, harga dan kualitas main di kelas atas.

    bosch is a type of company that’s global and serve a lot of different market. memang power tool nya juga terkenal. ambil contoh aja philips. mereka juga bikin segala macem dari lampu, shaver, consumer electronics.

    mas toni, itu mesin kopi super auto nya mirip” jura /saeco gitu ya? and priced similarly i think.

  5. ishak
    ishak says:

    pertanyaannya siapa yang cukup bodoh mau beli mesin super auto, seharga 23jt dan mereknya sama dengan mesin bor?

Comments are closed.