Selalu saja ada hal baru dari Illy,  pertama, perusahaan Italia ini kembali menggunakan kopi Indonesia ! Ya, setelah sekian tahun absen Illy kembali menggunakan kopi Sumatra dan Bali dalam racikan kopi mereka, seiring meningkatnya kualitas kopi dari negeri kita. Michael Gibbons, Business Development Manager PT Bahana Genta Viktory (BGV) pemegang merek Illy langsung menyampaikan kabar gembira itu kepada saya akhir pekan tadi di lokasi baru Espressamente yang  sekarang berada di Plaza Senayan lantai 3, setelah hijrah dari gedung UOB, Jl. Jend. Sudirman. Selama satu jam lebih perbincangan berlangsung dengan Gibbons dan inilah beberapa kabar terbaru dari Illy.

Tidak tampak lelah walau ia baru saja saja kembali dari Cambridge di Inggris mengikuti pertemuan dengan para perwakilan Illy dari berbagai negara bersama CEO Andrea Illy dan beberapa petinggi lain perusahaan kopi dari Italia ini. Oh ya, pria kelahiran Australia ini  baru saja dianugerahi gelar Associate Professor oleh Illy sebagai bentuk pengakuan atas keahlian, profesionalitas dan dedikasi yang ia berikan selama ini terutama andilnya yang tak kecil dalam mengembangkan Università del caffè di Indonesia.

Institusi pendidikan ini bukan saja menggodok para calon barista, dalam waktu dekat Università del caffè akan memberikan pengenalan tentang kopi kepada para F&B Director hotel dan resort rekanan bisnis mereka. Terobosan ini penting karena menurut Gibbons, pengetahuan tentang minuman kopi merupakan bagian penting yang harus diketahui oleh para pengambil keputusan di industri ini.

Salah satu strategi pengembangan bisnis lainnya adalah kerjasama yang sedang mereka jalin dengan roaster lokal untuk blend espresso dengan harga relatif terjangkau. Gibbons memperkirakan racikan kopi terbaru mereka harganya sangat kompetitif, dengan perkiraan antara 150-200 ribuan perkilo tergantung tipe yang akan mereka rilis dalam waktu dekat ini. Keuntungan lain dengan pembelian blend ini, tentunya pelanggan masih mendapatkan dukungan dan layanan penuh dari BGV.

Terakhir, saya masih belum bisa menyebutkannya di sini, tapi ada satu layanan yang membuat perusahaan ini akan menjadi one stop shopping di mana pelanggan akan mendapatkan layanan dari hulu hingga hilir.

 * * * *

 

 

 

16 replies
  1. riyadih
    riyadih says:

    Hi michael gibb,love to hear that.that’s really a brilliant.for those country in the UN they have a sustainablity Dev.which aims to give security for particullary for small farmer so that they can recive not only fairprice but that their livelihood can be developed and also to respect the comunity over the long term.I hope my country can equally like them soon as we are actually no 3 the highiest producer Robusta in the world.Why we can’t make it ?:-(

  2. WSaelan
    WSaelan says:

    Sekarang saya menemukan resep cappuccino yang paling ideal, illy arabica coffe yang di brew dengan deLonghi machine, sementara frothing dilakukan terpisah menggunakan frothing machine seperti yang pernah dibahas di blog ini (beli di illy shop grand indonesia sebelah ranch market, rp 900rb-an). Hasilnya super creamy micro foam yang tidak tertandingi membuat kopi2 yang dijual di cafe cepat saji seperti Stbk, CBTL, etc., seperti kopi murahan..

    Make your own coffee…the process itself is rewarding…!

  3. Michael gibbons
    Michael gibbons says:

    One of the best things about illy is that it does invest in the farmers. They also pay higher than market prices for the coffee. The farmer has to work hard on the quality & consistency but the rewards are there.
    This is one of the reasons illy is relatively expensive

  4. roni muliawan
    roni muliawan says:

    mudah2n saja bukan cuma pakai kopi Indonesia lagi, tapi ada suatu rasa keprihatinan kepada para petani kopi sumatera dan bali yang masih hidup dibawah garis kemiskinan.
    mudah2n saja ada terobosan baru lagi dari Illy yaitu menyisihkan keuntungan nya dari penjualan kopi untuk para petani Sumatera dan Bali.
    mudah2n saja.

  5. zaki sungkar
    zaki sungkar says:

    Ditunggu berita menggembirakan selanjutnya jika nanti diluncurkan. diliput ya kang Toni.. 🙂

  6. elim
    elim says:

    illy coffee merupakan salah satu produsen kopi yg mempunyai konsep yg saya suka yaitu menggabungkan seni & budaya ngopi. saya sendiri sering mengoleksi kaleng2 illy coffee & cangkir2nya yg versi designer. sayangnya tidak semua designer edition bisa didapatkan di Indonesia. mungkin ada rekan2 yg bisa membantu?

  7. Endang
    Endang says:

    Nah, saya sungguh ingin segera tahu layanan seperti apa “gerangan” yang akan membuat Illy/BGV menjadi “one stop shopping.

  8. Leo
    Leo says:

    Pak Toni, mungkin translasi juga buku “Espresso coffee: the science of quality” dari Andrea Illy dan Rinantonio Viani?

    Cuma sugesti aja hehe

  9. aziz
    aziz says:

    pak toni kapan bikin buku? untuk menambah kekayaan khazanah kopi indonesia. agar pengetahuan para penggemar2 kopi yang tidak bisa mengakses cikopi.com bisa semakin bertambah. itung2 juga lumayan buat sampingan pak, he..he..he..

  10. erwin gayo
    erwin gayo says:

    wow ada yang turun gunung neehh, memang sdh saatnya kopi murah kwalitas wah…!!
    nice posting hatur nuhun pisan akang toni informasinya.

  11. Lulu
    Lulu says:

    semoga dari kompetisi pemain-pemain di industri ini, pasar indonesia akan semakin berkembang dan makin teredukasi preferensinya 🙂
    btw ini espressamente beda ya konsepnya dengan illy cafe di Oakwood? sepertinya lebih besar dan lebih bergaya resto.

Comments are closed.