Kopi dan Dervish. Mursyid atau guru yang biasanya dipanggi Syeikh menuangkan cairan kopi dari teko berwarna merah kepada seorang Dervish atau seseorang pencari jalan Tuhan dalam aliran mistis Islam. Lalu dilanjutkan kepada Dervish lainnya yang menerima cangkir dengan khidmat lalu menikmati kopi secara bersama-sama. Sebuah aktivitas yang dilakukan sebelum mereka memulai ritual yang dikenal dengan “dervish circle” sambil melafalkan bacaan Ilahiah yang diajarkan oleh guru sufi mereka. Sufi dan kopi, sebuah kaitan erat yang terus berlangsung hingga kini sejak abad ke-15 di Turki.

Turki. Begitulah kira-kira sejarah panjang kopi di Turki yang tidak mengherankan bila di era ini banyak produsen-produsen penghasil mesin roasting dari negara ini. Setidaknya saya sudah pernah membuat liputan 2 mesin roasting buatan Turki beberapa tahun yang lalu, Has Garanti dan Toper. Sayang keduanya tidak lagi beredar di Indonesia walau mesinnya masih digunakan oleh rekan saya di Bandung dan Bekasi hingga sekarang. Bagusnya, tak ada kendala teknis yang membuat mesin ini mogok bekerja sejak mereka menggunakannya hingga sekarang.

Besca. Saya ingin mengenalkan satu merek lagi merek mesin roasting, Besca yang juga diproduksi di negara Turki. Mesin ini baru saja dihadirkan di Indonesia oleh PT Kopi Puang Toraja yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk (PIK). Selain mesin roasting, perusahaan ini juga mendatangkan grinder atau alat giling kopi Etzinger buatan Swiss, serta mesin espresso Aremde yang dibuat tanpa dinding penyekat dari Australia yang keduanya akan saya tulis terpisah pada publikasi berikutnya.

Besca 1 Kg atau BSC-01. Untuk yang membutuhkan sebuah shop roaster berkapasitas kecil, Besca dengan kapasitas 1 kg bisa dijadikan pilihan. Sebagai catatan, kapasitas sekecil ini tentunya sudah memadai untuk produksi guna memenuhi kebutuhan coffee shop sendiri dengan angka rata-rata 4 kg per jam atau maksimal 32 kg per hari selama kurang lebih 8 jam kerja tanpa jeda.

Juga perlu saya garis bawahi berdasarkan pengalaman para roaster yang saya kenal, kapasitas 1 kg biasanya cukup melelahkan bila diajak kerja tanpa henti. Jadi harus dipertimbangkan kembali bila Anda ingin memproduksi kopi dalam jumlah lebih dari yang sudah saya sebutkan di atas berikut faktor sumber daya manusia. Tapi tentunya, banyak yang menggunakan mesin 1 kg dan bisa berbisnis dengan kapasitas maksimal yang diijinkan oleh mesin dan operatornya tanpa halangan berarti.

Spesifikasi. Untuk mesin roaster 1 kg, sesuai dengan spesifikasi di atas kertas, minimal kopi yang bisa disangrai adalah sebanyak 0.5 kg dan batas maksimal  adalah 1 kg. Besca menggunakan bahan bakar gas yang menghasilkan panas pada tungkunya sebesar 17 kw dan pasokan listrik untuk kipas pendingin dan ventilasi sebesar 720 watt.

Panel. Kecepatan drum bisa diatur pada control panel terpisah yang terletak di bagian kiri. Selain suhu biji kopi dan ruang drum (chamber), panel ini juga bisa mengatur besaran api melalui tombol putar (potensiometer) yang angkanya akan tertera secara digital. Hal yang sama juga terdapat pengaturan ventilasi dimana pengguna hanya diharuskan memutar tombol tanpa harus membuka tutup pintu ventilasi yang biasanya terdapat pada mesin roaster manual.

Dengan kata lain, panel yang disajikan secara digital sudah cukup lengkap dan dapat terlihat dengan jelas yang membuat operator sekaligus bisa memusatkan perhatian pada lubang kaca untuk melihat tingkat kematangan biji kopi.

Bagi yang ingin menyambungkan mesin roaster ini ke program komputer, Besca sudah menyediakan sebuah koneksi USB agar bisa terjalin komunikasi antar mesin dan program roasting di komputer.

Drum. Material drum sebagai komponen paling penting dibuat dari besi cor dan racikan metalurgi baja dengan struktur molekul rendah karbon untuk menjamin stabilitas panas dan durabilitas jangka panjang.

Satu lagi, bila ingin warna-warna lain selain hitam, Besca menyediakan beberapa warna seperti ungu, biru, atau merah yang bisa dipilih sesuai dengan selera pembeli.

Kapasitas Lainnya. Bila ukuran satu kilogram dirasakan terlalu kecil untuk kebutuhan produksi, Besca menyediakan pilihan mesin dnegan kapasitas yang lebih besar dari 5, 15, 30 hingga 240 kg. Secara garis besar, masih dengan fitur dan menggunakan material yang sama.

Penutup. PT Kopi Puang Toraja sebagai perusahaan baru dibidang distribusi mesin roasting, mesin espresso merek Aremde dan grinder Etzinger kopi tentunya sudah menyediakan perangkat atau layanan purna jual untuk semua produk yang mereka pasarkan. Namun untuk keterangan lebih lanjut pembaca yang tertarik dengan Advertorial ini bisa menghubungi mereka di :

PT Kopi Puang Toraja
Alamat : Ruko Elang laut Blok M2 No. 3
Pantai Indah Kapuk
Pejaringan, Kamal Muara, Jakarta

 

* * *