astoria3

Astoria – Sabrina. Satu hal saja waktu unboxing mesin espresso ini, beratnya luar biasa dengan hitungan nyaris mencapai 82 kg dan harus didudukan dengan susah payah oleh dua orang ke atas meja. Sabrina merupakan salah satu tipe mesin espresso dari pabrikan Astoria yang berpusat di Italia, sebauh negara yang banyak melahirkan beragam tipe mesin espresso sejak Angelo Moriondo pertama kali mematenkan hak ciptanya di tahun 1884.

asto

MFK. Di Indonesia, merek Astoria diageni oleh PT MFK (Multi Flashindo Kharisma) yang bukan hanya mendistribusikan peralatan kopi seperti mesin espresso, tapi juga beragam peralatan dapur kelas profesional untuk kebutuhan hotel maupun restoran, semacam one stop shopping bagi Anda yang berencana membuka bisnis di bidang ini.

Sabrina. Walau tak semua barista datang dari kalangan pria, bukan kali ini saja nama perempuan disematkan pada sebuah mesin espresso, Silvia dari Rancilio adalah salah satunya, mesin pertama yang saya miliki, yang kesalahan terbesar saat membelinya tak dibarengi dengan grinder. Tapi bagusnya MFK mengirim mesin ini dengan melengkapinya dengan grinder Astoria, yang sebenarnya adalah Mazzer Super Joly tipe doser yang sudah berganti nama.

Jadilah saya yang ditugasi untuk melakukan tes sekaligus menyalakannya untuk pertama kali. Jadi tulisan ini tak mencoba untuk mengulas secara mendalam, tapi melihat fitur atau kelengkapan apa saja yang terdapat pada Sabrina dan sejauhmana kemudahan mengoperasikannya dari sudut pengguna tentunya.

astoria

Bentuk Fisik. Bukan hanya mengkilap karena body yang berbalut stainless dan selalu menyulitkan saya memotret karena pantulannya suka sulit dikontrol. Tapi lekuk tubuh Sabrina cukup menonjolkan kemolekannya dengan aksen lampu berwarna putih di bagian kiri dan kanan panel dan masing-masing group head yang sayangnya tak ada tombol untuk mematikannya apabila tak diperlukan.

Dimensi mesin 835 x 582 x 582 (PxLxT) dengan berat hampir mencapai 90 kg saat boiler nya yang berkapasitas 10.5 liter air terisi penuh. Mesin 2 group ini akan berfungsi saat disediakan daya listrik sebesar 3.900 watt.

Active Cup Warmer. Bagian atas seperti biasa bisa dimanfaatkan untuk menyimpan perangkat gelas sekaligus berfungsi untuk menghangatkannya yang pengaturan suhunya bisa dilakukan pada panel kontrol. Fitur “active cup warmer” ini jarang disentuk oleh pabrikan karena hanya mengandalkan panas dari boiler yang dirasa sudah mencukupi untuk menghangatkan cangkir.

boiler

Display dan Tekanan Boiler. Bagian paling penting tentunya adalah display digital yang membuat pengguna bisa melakukan berbagai macam pengaturan yang antara : bahasa pada display, tekanan pada boiler, suhu di cup warmer, penghitung berapa kali jumlah shot (hari, minggu, hingga per bulan).

Bagi pengguna yang ingin melakukan pengubahan tekanan pada boiler yang pada umumnya digunakan untuk kekuatan semburan uap saat melakukan steam atau milk frothing, hal ini dimudahkan dengan hanya menggeser menu yang tersedia pada “Boiler Pressure” dengan nilai 0.7 hingga maksimal 1.3 Bar.

Menggunakan Sabrina. Sepertinya masih ada yang kurang dan sangat penting yang tidak terdapat dalam Sabrina. Ya, sak tersedianya fitur PID pada mesin yang dijual dengan harga 80 jutaan ini.  Sayangnya pula, pada buku petunjuk tak terdapat keterangan berapa suhu default di group head walau bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan pengukur suhu.

Bagi Anda yang sudah terbiasa berada di belakang bar kopi dan sehari-hari berprofesi sebagai Barista, tentu tak sulit mengoperasikan Sabrina. Panel depan sudah dilengkapi dengan tombol single/double shot yang bisa diatur (volumetric), steam wand yang bisa digerakan secara luwes walau belum menggunakan pelindung panas, demikian juga tombol air panas yang sekali sentuh bisa menyemburkan air secara cepat (volumetric).

Dengan menggunakan grinder Super Joly, rasanya sih tak sulit bagi para pemula untuk mengoperasikan Sabrina selama setting pada penggiling kopi sudah pas.

Jadi untuk siapa mesin ini ? Bila Anda menginginkan mesin yang tak banyak fitur, namun punya kapasitas besar hingga dipastikan tak akan kedodoran melayani pesanan kopi pengunjung, mungkin Sabrina bisa dijadikan pilihan dengan harga MSRP 80 jutaan.

Selebihnya, mesin ini tak akan menolak untuk dikebut. Penjelasan teknis yang lebih detail bisa Anda tanyakan kepada distributor-nya, PT MFK di nomor telepon : (021) 626 8758.

*  *  *  *