Hario VST-2000

Ini koleksi timbangan digital saya yang kesekian walau beberapa merek lain terutama Tanita masih tetap saya gunakan untuk di kantor dan Bandung. Walau sangat terlambat, tapi ada baiknya saya tuliskan karena alat pengukur berat ini adalah piranti wajib yang harus Anda miliki selain penggiling kopi. Mari kita buka bungkusnya. 

h4

“Membuat kopi koq rasanya ribet ya ?” Itu komentar yang saya yakin pernah Anda terima dari rekan atau siapapun yang melihat proses menyeduh kopi dengan menggunakan timbangan digital demi sebuah presisi. Saya hanya tersenyum bila menerima pendapat tersebut sambil merapalkan do’a “Tuhan ampuni dan kasihi dia karena mereka adalah kaum yang belum menerima hidayah-Mu. Aamiin”

h6

Satu hal dengan perusahaan Hario yang bermarkas di Jepang, produk mereka selalu didesain dengan seksama. Sebuah fungsi produk dengan tampilan menawan, sedap dipandang, ergonomis, dan tentu saja selalu memperhatikan setiap detail.

Sebagaimana desain furniture negara Scandinavia yang bagaikan art sculpture demikian halnya dengan Hario untuk peralatan menyeduh kopi. Produk mereka selalu menjadi panutan dan sudah berkali-kali mendapatkan penghargaan desain bergengsi seperti  “Red Dot Award” sebagaimana halnya dengan Hario V60.

h2

Menggunakan VST-2000

Agak sedikit sulit melepaskan pelapis plastik pelindungnya saat pertama dibuka, tapi dengan sedikit sentakan akhirnya timbangan digital ini bisa terbebas. Berwarna hitam dengan tulisan putih untuk keterangan fungsinya dan display digital yang mudah dibaca pada saat pembatas batere di bagian belakang sudah dilepaskan.

Produk ini hanya menggunakan sistem metric dengan ukuran “gram”, jadi tidak terdapat konversi ke ukuran lain seperti ml, atau lb. Salah satu kelebihan timbangan digital yang sering kita temui adalah fungsi “Tare” yang sangat membantu untuk mengkalibrasi ke angka “0”.

speks

Fungsi Timer, Tare, & Auto Shutdown

Tapi selain fungsi standard tersebut, Hario VST-2000 dilengkapi dengan pengukur waktu atau timer. Bisa dimaklumi karena Hario menciptakan produk ini untuk mengakomodasi kebutuhan para penyeduh kopi selain untuk melakukan “brewing by weight”, juga pentinya variabel waktu misalnya pada saat pre-infusion.

Waktu maksimal yang bisa disediakan oleh timbangan ini adalah 99 menit dan 99 detik, jauh lebih dari cukup tentunya. Sebagaimana fungsi “Tare”, timer juga bisa di-reset kembali bila Anda ingin memisahkan variabel waktu dalam dua kelompok pada saat menyeduh kopi.

h3

Pada saat pengatur waktu tidak diaktifkan, timbangan akan “off” secara otomatis bila tidak ada aktifitas selama lima menit (auto shutdown). Fungsi ini penting buat saya yang sering kelupaan mematikan timbangan digital. Tapi di pasaran ada juga timbangan digital yang wafat terlalu cepat walau hanya menunggu beberapa saat tepat di tengah proses menyeduh kopi sedang berlangsung dan tentu saja ini menyebalkan.

Untuk mengakali timbangan digital yang tak sebar ingin segera hibernasi seperti ini kiat yang saya lakukan adalah terus mengetuk-ngetuk permukaannya agar alat ini tetap berfungsi. Pernah punya pengalaman dengan timbangan digital seperti ini ? Bagusnya saya sudah memberikan pensiun dini kepada mereka.

Menyeduh kopi dengan Hario VST-2000 tentunya sangat membantu terutama buat Anda yang sangat memperhatikan presisi dan ketepatan waktu yang diinginkan. Hario sudah menyediakan dua fungsi utama tadi dalam produk VST-2000 yang membuat saya bisa mencoba berbagai waktu seduh dan melihat perbedaan spektrum rasa dari kopi yang sama. Selain itu saya tak perlu lagi perangkat pengatur waktu terpisah yang biasa ada di aplikasi telepon pintar.

Agar bisa direplikasi

Satu pertanyaan rekan saya di kantor dulu, “mengapa menyeduh kopi harus ditimbang?” Jawabannya supaya hasilnya selalu konstan dan prosesnya bisa terus diulang atau direplikasi. Kedua hal itulah yang membuat komunitas kopi begitu memperhatikan detail yang sering dianggap kecil, tapi maha penting.

Jadi kesimpulannya, buat Anda yang belum mempunyai timbangan digital, Hario VST-2000 adalah perangkat wajib yang harus Anda miliki. Bagaimana dengan yang sudah memiliki timbangan digital lain ? Kecuali Anda menginginkan fungsi timer, rasanya tak perlu menambah peralatan, apalagi banyak merek bagus di pasaran yang tentunya sudah sangat memadai.

Masih ingin punya ? Go grab one !

 

*  *  *

6 replies
  1. Sam
    Sam says:

    Artikel yang bagus pak 😀
    Mau nanya pak
    Toko yang ngejual produk Hario di Indonesia lokasinya dimana ya?

  2. aad
    aad says:

    iyaa, pengalaman saya dgn timbangan digital sering mati di saat proses seduh, dan ini memang membuat frustasi, makasih pak tony

  3. abud
    abud says:

    Om andy kho ada nie ,dibawain oleh 2 bapak dari Amrik , baru tau kalo ini bagus .gara 2 baca comment om andy haha

  4. Leo
    Leo says:

    Request artikel berikutnya om.. How to put this scale into use. Maksudnya biar sekalian mengedukasi. Di artikel ini kan menjelaskan kegunaan scale yg bs memberikan kopi yg konsisten, dr durasi pre infuse hingga jumlah air dan rasio bubuk kopi.. Sapa tau bs jd tolak ukur bagi penggemar kopi di tanah air 🙂

  5. Andy Kho
    Andy Kho says:

    Fitur terintegrasi timbangan + timer memang nyaman banget, mata & tangan ga perlu banyak cari2 lagi. Satu lagi adalah tingkat akurasi 0.1g membantu terutama untuk kalibrasi espresso. Sejauh ini, satu kelemahan yang paling terasa agak mengganggu: display timbangannya lelet! perlu jeda waktu beberapa detik sampai angka yang tercantum berhenti bergerak dan menunjukkan bobot yang tepat. Perlu waktu aja untuk membiasakan diri, terutama saat pouring.
    Produk lain yg punya akurasi lebih baik mungkin American Weigh Scales AMW-SC-2KG, tapi agak sulit carinya di Indo. Kalo ada yg tau, mau dong :p

Comments are closed.