Beberapa hari terakhir ini banyak pengunjung yang kesulitan mengakses situs cikopi.com akibat serangan malicious files yang masuk ke dalam blog ini. Siang tadi, saya mendapatkan pemberitahun dari pengelola hosting yang menyatakan bahwa untuk sementara cikopi.com harus ditutup dan hanya diberi waktu 10 hari untuk melakukan perbaikan sebelum dihapus dari tempat mereka.  Untunglah rekan Yudistira dan Sandalian, seorang sahabat dan pembaca dari Jogjakarta sudah berusaha membersihkan file-file jahat tersebut dan untuk sementara menghentikan aktivitas segala macam file jahanam.

Serangan itu entah dari mana, tapi internet bukanlah tempat yang 100%  aman, jadi ini bagian dari resiko yang sudah disiapkan. Saya belum bisa menjamin jika hal seperti ini akan berakhir, tapi percayalah, beberapa kenalan dan perusahaan web security sudah dihubungi agar kejadian yang sama tak terulang.

Tak cukup rasa terima kasih kepada para pembaca yang sangat banyak mengirimkan pemberitahuan melalui FB, Twitter, SMS, hingga Blackberry. Saya sangat menghargai perhatian para sahabat,  rekan dan para pembaca di luar sana yang begitu peduli akan keberadaan blog ini sebagai salah satu sumber informasi bagi mereka, sebuah kepustakaan yang rupanya sudah memperkaya khazanah tentang kopi di Indonesia.

Saya haturkan maaf atas segala ketidaknyamanan ini, dan hanya ini yang bisa saya katakan : I valued your trust !

 

Toni Wahid
www.cikopi.com

 

9 replies
  1. iwan kickocoffee
    iwan kickocoffee says:

    Delicious site seperti cikopi.com ga bakalan kalah oleh segala macam malicious. Biadab sekali yang ngirimin file-file tersebut. Apa orang tersebut ga pengen masuk surga ya…???

  2. Endang
    Endang says:

    Sebetulnya hal tersebut juga menyerang blog saya seminggu yang lalu, cuma karena blog saya tidak begitu dikenal dan digemari (he..he..) jadi ya nggak ada yang tanya-tanya. Saya cukup klabakan juga waktu itu, selama 2 hari saya tidak bisa mengakses blog saya sendiri, alhamdulillah gangguan tersebut sudah berlalu.

  3. Andreas
    Andreas says:

    Ibaratnya makin tinggi kita berdiri ….. makin besar angin yang berembus ….. maju terus kang Toni !!!! ……

Comments are closed.