Keputusan itu akhirnya sudah diambil setelah melakukan penelisikan, permenungan dan diskusi dengan banyak rekan pembaca, maka mulai hari ini cikopi.com menyediakan ruang untuk beriklan bagi korporasi yang bergerak dalam industri kopi dan atau pendukungnya. Ini sekaligus untuk mengakomodasi kebutuhan perusahaan kopi beriklan pada media dengan pembaca yang sangat spesifik seperti Cikopi.

Beberapa pertanyaan yang mungkin terlontar di benak pembaca mengenai iklan di Cikopi

Apakah independensi tetap terjaga ? Saya menyerahkan sepenuhnya kepada pembaca yang akan menilai dan itu bukanlah hal yang sulit untuk dilihat secara kasat mata. Iklan dan artikel adalah dua hal yang berlainan dan selama ini produk yang ditampilkan di Cikopi tidak pernah dikenai biaya dalam bentuk apapun. Padahal mesin espresso komersial saja bisa menghabiskan daya antara 4 hingga 5 ribu watt jadi Anda bisa menebak kira2 berapa tagihan listrik yang harus saya bayar saat ada unboxing produk.

Bagaimana dengan passion atau semangat untuk terus mengisi postingan ? Sebagaimana disebutkan dalam bagian About Me, Cikopi adalah potpourri perjalanan saya dengan minuman ini. Walau tanpa iklan, hampir selama tiga tahun Cikopi selalu setia menemani para penggemar minuman ini dan jumlah artikel yang selalu menunjukan kenaikan secara signifikan setiap bulannya. Dengan atau tanpa iklan, kopi adalah sebuah cerita yang tak akan pernah habis untuk dituliskan.

Berapa tarif iklan di Cikopi ? Tidak akan saya sebutkan di sini, tapi bila Anda serius mau memasangnya, silakan hubungi saya di form Contact yang sudah disediakan.

Sebutkan alasan  bahwa Cikopi adalah media yang tepat untuk perusahaan saya ? Saya cuma mengutip pendapat pihak luar mengenai  Cikopi yang diidentifikasi sebagai pembuat buzz, opinion influencer, serta mengarahkan prilaku konsumen baik langsung maupun tak langsung, dan usership konsumen. (Mix, Marketing Communication Swa Sembada,  edisi Desember 2010).

Untuk digunakan apa pendapatan dari iklan ? Hmmm, urusan dapur saya deh …

Terakhir, tak bosan saya ucapkan terima kasih atas segala bentuk dukungan terhadap Cikopi dari semua rekan baik yang belum atau pernah jumpa dengan saya secara pribadi. Dengan cara apapun yang kita bisa, mari kita majukan bersama dunia kopi di Indonesia agar lebih dikenal dan dibanggakan terutama di forum2 internasional.

Salam.

12 replies
  1. sugenkd
    sugenkd says:

    Maju kang….aku mendukungmu…suatu saat aku akan pasang iklan juga…belum skrg….

  2. indrahalim
    indrahalim says:

    haha..aku juga akhirnya mulai ambil iklan pak toni..sambil memberikan yang terbaik buat para pembaca blog kita..sambil kita menerima sedikit untuk menghemat kantong kita yang bocor setiap sekali kita review hihihi.. SALUT PAK… ayo maju terusssssss

  3. Yeni Setiawan
    Yeni Setiawan says:

    Dengan adanya iklan yang akan nongol di blog ini, suatu saat bisa jadi saya akan melihat produk baru yang belum pernah saya lihat/tahu sebelumnya 😀

    Good luck Om Toni.

  4. Charles
    Charles says:

    Wah, sudah 3 tahun yah Pak.
    Berarti kita ketemu pertama kali di PasPles itu tahun berapa yah?

    Salah satu artikel pertama yah di wordpress Pak Toni.

    tambahin note pak, Pengiklan tidak boleh mempengaruhi sedikit pun akan hasil Liputan dan Review Cikopi.

    Supaya tetap kredibel sebagai the most independent and profesional reviewer coffee blog.

  5. wallflowers
    wallflowers says:

    hahahaha….Congratulations Om TW,.. Finally,..setelah banyak pertimbangan ya.. hehehee.. Semoga sukses om 😀

  6. Lulu
    Lulu says:

    Sebagai pembaca setia, saya dukung terus langkah Cikopi.
    Semoga cikopi makin maju dengan dengan keputusan ini ya Kang Toni 🙂

  7. Enrico
    Enrico says:

    sip kang, setiap langkah ada konsekuensinya, tinggal dijalani step by step, hehehe, semoga dengan ini cikopi semakin maju dan heureuy!

Comments are closed.