Di penghujung tahun 2010 secara resmi Toffin meluncurkan produk kopi mereka yang langsung diimport dari Italia, Zicaffè . Banyak yang penasaran dengan kopi dari Italia yang dijual dengan harga yang sangat kompetitif dibandingkan dengan kopi import lainnya pada saat saya mempublikasikan kopi ini di awal September lalu. Walau terdapat koreksi harga 10 ribu lebih mahal, untuk jenis kopi import, Zicaffè tetap tergolong relatif murah dengan banderol harga 120 ribu per kilogram untuk jenis Il tuo Caffe’. Toffin membawa varian kedua yakni Linea Espresso dengan harga 160 ribu per kilogram.

Faktor harga tak pelak menjadi hal yang paling menarik dari produk Zicaffè ini dan akan langsung berhadapan dengan blend espresso lokal yang harga jualnya antara 150 hingga 200 ribuan per kilogramnya.  Saya berkesempatan mencoba kedua produk ini terutama untuk jenis Iltuo Caffe’ yang harganya miring itu. Sebagai sebuah blend espresso, Iltuo Caffe’ adalah kopi kelas berat, full body maksudnya dengan crema yang sangat tebal saat diekstraksi dari mesin espressso.

Saat bertemu dengan Giuseppe Trovato, Area Manager dari  Zicaffè untuk Asia pada bulan September lalu ia tidak menyebutkan secara pasti berapa persentase biji robusta dari blend Iltuo Caffe’. Tapi sepertinya cukup banyak mengingat karakter rasa yang khas dari kopi ini yang pahitnya terasa lebih galak.

Jangan khawatir, karena Iltuo Caffe’ sepertinya sudah berjodoh untuk sajian milk based coffee, sebuah menu yang biasanya selalu banyak dipesan di kedia kopi. Blend espresso ini rasanya pahitnya menurut saya akan lebih menyenangkan saat dicampur susu yang di frothing untuk secangkir Cafe Latté /Cappuccino atau ditambah sekitar 20-25ml sirup sesuai selera.

Terlepas dari semua penjelasan saya, Zicaffè khususnya blend espresso Iltuo Caffe akan menjadi salah satu alternatif yang sukar untuk tidak dilirik mengingat harganya yang menggoda.

* * * *

7 replies
  1. Sochib Sanusi
    Sochib Sanusi says:

    Dear sir,

    Saya mau tanya kalo mau beli kopi itaia gimana caranya, brp harganya + ongkir ke Depok.

    thanks.

  2. Nüg
    Nüg says:

    Barusan cobain Zicaffé Linea….. mantap …. Pahitnya nendang, sesuai dengan selera saya……. 1 shoot saja sudah puas…. biasanya dgn kopi2 murah 2 shoot baru berasa.
    Puas tapi kepengen lagi…..
    Full body ya istilahnya? artinya apa sih full body Pak Toni?

    – Zicaffe lagi laku keras karena selain harga mungkin karena rasa yang lebih nendang, maklum robusta cukup tinggi.
    Susu, jus jeruk, dan air, punya body berbeda di lidah, istilah lainnya viscosity saat berada di rongga mulut dan lidah. Gitu kali pak Nug 🙂

  3. Henry
    Henry says:

    kalau Illy semurah itu, bukan Illy donk namanya 😉

    tapi asli ini murah banget, harus dicari ini…

  4. Enrico
    Enrico says:

    Buat saya kemaren itu si iltuo, rabi perawaaaan… (lho koq lagu cucakrowo) terlalu bitter. aftertastenya agak nusuk. tapi begitu kasih milk dan foam, dia lumayan bisa diterima. dan bisa ditaro utk diminum lagi hehehehe…

  5. Lulu
    Lulu says:

    Wah jadi penasaran nyoba 😀
    Harganya termasuk miring. Andai illy semurah ini hehehe
    Satu lagi yang pengen saya coba, Lavazza yang bungkusnya biru. Crema yang dihasilkan juga tebal 🙂 indikasi blend-nya pakai robusta.

Comments are closed.