Grinder kopi komersial didominasi oleh pisau dengan sistem flat burr, dua logam berbentuk lingkaran yang atasnya berbentuk gerigi sebagai mata pisaunya. Sedangkan Turkish Coffee grinder ini menggunakan sistem conical burr, yang dipercaya sebagai tipe pisau terbaik untuk menggiling kopi karena lebih mengurangi friksi atau gesekan yang mengakibatkan panas pada biji kopi (lihat perbedaan kedua sistem ini pada foto di bawah).

Sayangnya, walaupun menggunakan sistem conical, penggiling untuk kopi Turki ini tidak mempunyai motor dan hanya mengandalkan putaran tangan saja.  Walau demikian, jangan sangsikan kemampuannya dalam menghasilkan bubuk kopi yang begitu merata walau harus dibayar dengan pegalnya tangan Anda saat memutar tuasnya hingga lebih dari lima menit untuk 16 gram kopi.

Di toko on-line Amazon grinder ini dijual seharga 500 ribuan dan tentu saja tidak bisa dikirim ke Indonesia.  Tapi tidak ada salahnya kalau saya memperlihatkan cara kerja grinder ini yang merupakan peralatan wajib untuk menyeduh kahve atau kopi ala Turki.

Grinder dengan panjang 25 cm dan berdiameter 4.5 cm, serta berat satu kilogram ini terbuat dari kuningan yang entah sudah berapa puluh atau ratus tahun menjadi bagian keseharian masyarakat sana.

Mekanisme sangat sederhana, tinggal masukan kopi di bagian atas yang kapasitas maksimumnya hanya 25 gr. Pengaturan halus dan kasar terdapat di bagian bawah yang juga berfungsi sebagai doser atau tempat menampung kopi. Dilengkapi satu tuas yang digunakan baik untuk menggiling sekaligus mengatur halus-kasar gilingan kopi.

Karena setting-nya tidak dilengkapi indikator seperti angka, jadi saya memasukan dulu sedikit kopi lalu digiling untuk melihat hasilnya. Bila sudah cocok, tinggal masukan kopi secukupnya untuk kemudian melakukan olah raga tangan dengan memutar searah jarum jam.

Ternyata tidak semudah yang diperkirakan karena cukup menguras tenaga untuk menggiling kopi yang hanya 15 gram saja. Karena cukup berat, saat memutar dengan tangan kanan, bagian bawah grinder harus dipegang dengan tangan kiri dan diperlukan waktu lebih dari lima menit hingga akhirnya conical burr-nya berhasil “menghancurkan” semua biji kopi.

Entah siapa yang menemukan alat ajaib ini karena saat melihat hasilnya biji kopi telah berubah menjadi butiran yang sangat halus. Sulit menemukan partikel nyeleneh yang tidak seragam karena dengan rabaan saja sudah bisa disimpulkan bahwa ini adalah salah grinder manual terbaik yang pernah saya coba selain kaffeemühle merek Zassenhaus yang harganya mulai dari 100 dolar itu.

Saya belum menemukan penjualnya di Jakarta, tapi siapa tahu kalau Turkish Coffe Mill ini suatu saat bisa diperoleh dengan harga terjangkau untuk para penggemar kopi.

* * * *

5 replies
  1. coffeeshopz
    coffeeshopz says:

    grinder nya dari jaman baheula ya kang…

    kalo diputer apa ngak keluar ‘aladin’ nya
    wkwkwkwk

    saya masih nunggu ibrik orderan saya dari ebay lom masuk-masuk nih …

    ‘ngak sabar mode’ : on

  2. Enrico
    Enrico says:

    Kang Toni, ada 2 poin kang heheehe :
    1. itu di foto bagian dalam alat, koq kayak serem ya, ada karat2 gitu atau gimana?? apakah ada pengaruh bahan grinder kahve terhadap kopi?

    2. gimana kalau misalnya dimodif dikit, sehingga kang toni bisa pake driller buat tukang utk muterin si grinder? :p

  3. Lulu
    Lulu says:

    Info yang menarik kang Toni 🙂
    Kalau di amazon ga bisa masuk, properti siapa yang dipakai kang hehehe. Siapa tahu bisa nitip.

  4. arry.etanol
    arry.etanol says:

    wahhh……. makasih banget pak toni

    saya tertarik teknologi turkish coffee..

    saya cerita dikit:
    waktu itu saya message bpk, ternyata solusinya pake metode turkish coffee.

    jadi biji kopi saya seduh biasa pakai air panas, selalu aja ampasnya mengapung dan aroma kopinya gk kluar, hambar..

    setelah saya ganti metode, pakai turkish coffee, dengan cara direbus seperti indomie, dan aromanya kopi bisa kluar, mocha, acid, bold nya bisa kerasa.

    emang grinder untuk turkish ini harus super lembut, tpi pakai standar untuk mesin espresso udah memadai.

    terima kasih pak artikelnya..

  5. Rian Hafiz
    Rian Hafiz says:

    sekedar info saja, saya juga sedang mencari ibrik dan turkish coffee mill ini pak toni. akhirnya nemu di ebay, harga mill $9-$89 dan untuk ibrik bisa didaptkan dengan harga around $8-$50

    saya menunggu postingan pak toni menyeduh kahve 🙂 pakai spices juga pak brewingnya?

Comments are closed.