Yang suka kopi pekat bisa mencoba kopi kiriman dari sobat saya Mas Edwin. Kopi Aceh bisa dinikmati di kedai2 kopi yang bertebaran hingga pulau Sabang sebuah kultur yang juga melekat di masyarat Melayu dan Cina dengan kopi Tiam (Singapura) dan Kopi O (Malaysia).

Indonesia terutama Aceh adalah produsen kopi yang kaya tersebar dari pegunungan Gayo (Arabica), Ulee Kareng (Robusta) selain kopi dari kawasan Mandheling, Lintong (Sumatra Utara), hingga Pagar Alam (Sumatera Selatan). Sayangnya, nama kopi Gayo sudah dicayut namanya oleh pengusaha Belanda dan sekarang belum ada kelanjutan tindakan dari pemerintah RI mengenai hal ini.

Menurut laporan UNDP, saat ini terdapat kira2 84 ribu hektar perkebunan kopi, namun 10% nya berupa lahan yang tidak produktif dan harus segera diremajakan selain 13 ribu hektar lagi yang terbengkalai akibat konflik perang saudara. Akibat terlalu banyaknya middle man yang membuat harga kopi dari petani tidak kompetitif, banyak para pemilik lahan yang patah arah dalam berbisnis kopi hingga produksi terus merosot.

Kalau anda berminat mencicipi rasa kopi ini bisa langsung mengunjungi websitenya di http://edwin.maolana.web.id/ atau http://www.uleekareng.com/. He3x, salah satu tujuan blog kopi ini adalah mempromosikan kopi kita sendiri sebagai bentuk penghargaan bagi para petani kopi Indonesia yang nasibnya belum semaju rekan2nya di negara lain.

Saya sudah mencicipi kopi ini dan sebagaimana salah satu karakteristik kopi robusta, kopi Ulee Kareng adalah kopi yang full body dan rendah acidity-nya. Siapkan indera perasa anda karena sekali lagi ini bukan kopi yang ringan sebagaimana kopi dari warung yang biasa kita beli. Memang nama kopi ini belum sepopuler merek kopi2 lain, tapi kopi Aceh merupakan salah satu produk premium di pasaran kopi dunia untuk di blend dengan kopi dari negara2 lain.

Salah satu karakteristik lain dari kopi Ulee Kareng adalah warnanya yang sangat pekat. Gunakan French Press yang berkualitas untuk menyaring ampasnya dan nikmati segelas black devil dari wilayah nun jauh di Barat sana. Aceh.

Mas Edwin, terima kasih kopinya ya. Salam.

* * * * *

Sumber bacaan lain : Tea & Coffee Asia

13 replies
  1. Mustafa Glanggang
    Mustafa Glanggang says:

    Di Caffee BENGKUPI Bireuen-Aceh juga selain kopi uleekareng, juga tersedia berbagai jenis kopi racikan lokal (Aceh). Anda ingin menikmati, silakan mampir bila berpergian jalan darat dari Medan ke Aceh. Singah saja di Kota Bireuen, yaitu persimpangan menuju Gayo, yaitu kawasan produksinya Kopi Aceh.
    Kami tunggu kedatangannya..

  2. Tanel
    Tanel says:

    Bagi penggemar kopi Aceh Ulee Kareng, bisa pesan melalui saya. Hubungi saya, Tanel, di 08 979 300 983 n 0857 160 717 59. Minimum order 6 bungkus. Terima kasih.

  3. Jim Goestey
    Jim Goestey says:

    Saya klik web nya bang Edwin Maolananya kok gak bisa ya kang, mau stok neh ulee karengnya, ada hp yg bisa dihubungi kah?

  4. Dedy T Zaymi
    Dedy T Zaymi says:

    Dear All..
    Saya dari Aceh nih, persisnya dari Banda Aceh, siap membantu jika ada yg butuh kopi Ulee Kareng (robusta). Jika boleh saran, Bro & Sis juga kudu nyobain kopi Aceh Gayo (arabika) sehingga dapat menikmati dua jenis kopi unggulan di tanah Rencong ini.

  5. iloeng
    iloeng says:

    bisa dipesan via paket ga’ tuh mas…udah lama ga’ minum kopi aceh,,terakhir pas saudara nikah dapat org sana,,di bawakkan sedikit..sumpah,,gua nagih…

  6. Aldrin
    Aldrin says:

    Emang rasa kopinya betul – betul nikmat …. Warung kopi saya Di Makasar pakai jenis kopi ini, selain kopi Toraja dan Kalosi.

  7. eti
    eti says:

    wah enak ya kopinya? pernah dikasih sebungkus, tp dicuekin.. (nyesel)
    gara2 agak trauma sama beberapa merek kopi sumatera yg agak manis dan bikin eneg.

  8. mauril ikhsan
    mauril ikhsan says:

    wuahhh… kopi ulee kareng…?!!!
    itu kopi kesukaan aq banget..
    ju2r… semenjak aq di racuni sm kopi uleekareng..
    kyknya kopi segala kopi dimanapun udh gak lewat di tenggorokan..!!
    mau 3-4 kali jg kyknya kopi uleek kareng ttp aja minta balik buat minum lg..
    pokoknya top deh…!! kuphi ulee kareng..!!

  9. ichi
    ichi says:

    Yes… kopi aceh is the best. Kalo pengalaman saya sih, satu gelas kopi aceh baru bisa diabisin setelah berjam-jam ngobrol. Kalah lah gerai kopi waralaba :D.

  10. Edwin Maolana
    Edwin Maolana says:

    Wah.. Mas terima kasih berat, telah mempromosikan kopi Ulee Kareng nya nih. Nanti pas ketemuan pecinta kopi saya bawain yang Arabicanya buat dicicipi.

    My pleasure Mas. Selamat berbisnis ya … 😀

Comments are closed.