caf1

Caffeine Dispensary itu bagaikan sebuah apotik, tapi hanya menyediakan satu resep, kafein, bagi siapa saja yang membutukan asupan zat ini. Itu kata Edward Sanrio Daryanto atau Rio (32)  mengenai asal mula nama coffee shop nya berlokasi di Jl. Kelapa Kopyor, kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara yang baru saja membukakan pintunya untuk umum sejak bulan September kemarin. 

caf7

Sudah ada beberapa coffee shop baru yang mulai bermunculan di Kelapa Gading termasuk salah satunya Caffeine Dispensary yang luasnya sekitar 90m persegi dengan balutan warna putih di semua dinding, minimalis.

Bar kopi dilengkapi dengan monster Strada 3 group dari La Marzocco beserta EK43 Mahlkonig, selain penggiling kopi Mazzer Kony yang diisi dengan blend espresso dari varian kopi Bali, Toraja dan Gayo. Tentu saja ada slow bar tempat seduh kopi dengan menggunakan filter Kalita Wave yang sekaligus digunakan sebagai kap lampu dalam salah satu elemen interior nya.

caf2

Roastery & Jopper

Walau amsih menggunakan mesin roaster 1 kilogram di sudut ruangnya, di awal tahun mereka akan segera menghadirkan mesin roaster berkapasitas 3 kilogram. Untuk pertama kali di Indonesia, Dispensary Caffeine akan menjadi distributor tunggal mesin roaster bersistem hot air dari Jopper yang dibuat di Portugal.

Mengapa memilih Jopper ? Karena konsistensi, build quality, dan sistem hembusan udara panas yang membuat mereka terbang ke Lisabon, ibu kota Portugal menemui petinggi perusahaan ini untuk membuat kerjasama menjadi distributor yang bukan saja untuk Indonesia tapi juga hingga Asia Tenggara.

Caffeine Dispensary bukan sekedar coffee shop, tapi juga tempat produksi kopi yang  produknya sudah terbang hingga ke negara tetangga seperti Singapura.

caf3

Rio yang lulusan salah satu sekolah bisnis di Singapura bertanggung jawab penuh dengan produksi kopi di sini yang sebelumnya pernah menimba ilmu teknik roasting di Singapura.

Menikmati kopi varian arabika sambil berbincang dengan Rio di tengah hujan lebat tentunya semakin nikmat walau sedikit was-was apakah banjir akan menyapa di kawasan Kelapa Gading. Tapi untunglah itu tak terjadi dan saya tentu dengan senang hati merekomendasikan tempat ini buat siapa saja para penikmat kafein di Caffeine Dispensary.

 *  *  *

caf5

caf4

Instagram : @the_caffeindedispensary
Facebook : Caffeine Dispensary