Grinder kopi volumetric mungkin jadi halangan bagi sebagian orang karena harganya cukup tinggi, tapi alat yang Anda lihat ini bisa jadi juru selamat untuk menyiasati budget yang terbatas. Belum dipasarkan di Indonesia, tapi akan segera beredar dalam waktu dekat, Grinder Timer, sebuah alat untuk mengatur volume dosing sesuai dengan waktu yang kita inginkan. Berukuran ringkas (10x15x6 cm), cukup ringan (0.6kg), tentunya tidak akan menghabiskan tempat dan saya beruntung bisa mencoba kehandalannya.

Di bagian depan terdapat lima tombol untuk memprogram waktu dosing sedangkan di bagian belakangnya terdapat koneksi ke grinder dan switch on-off, beserta fuse pengaman. Tinggal sambungkan kabel power grinder di bagian belakang, lalu nyalakan alat ini untuk memulai pengaturan dosing.

Mekanismenya cukup mudah, kita tinggal menekan tombol “SET” selama tiga detik, lalu muncul “PR01”, bila ingin memindahkan menjadi “PR02” tinggal menekan “ADJ/CLR”, lalu tekan “SET”. Setelah itu mesin akan bertanya berapa detik yang kita inginkan. Sama dengan langkah pertama, tinggal tekan tombol “ADJ/CLR” hingga ke angka yang diinginkan, lalu tekan “SET”. Misalnya di Program 1 kita tentukan 10 detik dan di PR02 15 detik.

Jika sudah selesai di program, nyalakan grinder, lalu tekan “PR01” atau “PR02” dan grinder akan bekerja secara otomatis dan berhenti sesuai dengan waktu yang telah di set. Pertanyaan mendasar, apakah hasilnya selalu sama ? Saya melakukan penimbangan berulang kali dari hasil penggilingan dengan menggunakan alat ini. Kesimpulannya, tidak sekalipun Grinder Timer “berselingkuh” karena selalu memberikan hasil yang sama. Keren !

Sayang belum dipasarkan dan distributornya belum bisa menentukan harga jualnnya. Semoga dalam waktu yang tidak lama alat ini sudah bisa dipasarkan sebagai pelengkap terutama untuk cafe2 yang ingin meminimalisir kopi yang seringkali terbuang karena ketiadaan sistem volumetric di grinder-nya.

* * * * *

 

 

2 replies
  1. Satryo
    Satryo says:

    Bisa beli dmn mas ton?? Mau pesen dulu ni… Masalahnya grinder saya sama kaya yg di sebelah tu timer, jadi ya cuma pake filling n filling… Hehheheee…
    Oiya, single basket nya punya vibm tu bisa buat dosing 6gr/7gr ngga ya mas ton? Isomac tea saya buat single basketnya diisi 7gr nggak bisa mas, tampernya nyangkut. Harus sekitar 9gr. Hehhee. Rencana mau ambil buat nggantiin itu. Trims…

    – Barangnya pre order kirim saja email ke hendri@espresso1st.com
    Dosing 7 gram memang agak susah dan saya biasanya pake di range 9-10 gram saja.

Comments are closed.