Siapa tak kenal blender high-end merek Blendtec, yang terkenal dengan kampanye marketing-nya yang menghancurkan bola golf hingga iPhone di situs Youtube. Lupakan blender rumahan, Blendtec adalah big toy, alat heavy duty untuk keperluan komersial hingga domestik.  Blendtec tipe smoother di atas adalah anggota terbaru yang melengkapi pojok kopi di rumah saya, salah satu produk tipe komersial dari perusahaan KTech, Amerika.

Model terbaru smoother menggunakan display LCD berikut fitur counter untuk menghitung penggunaan alat ini, tapi tidak untuk yang dipasang di rumah saya. Sebenarnya model ini terdapat dudukan, tapi untuk menghemat tempat, Blendtec melengkapinya dengan fasilitas “in counter” sehingga bisa di tanam. Asalkan terdapat ruang yang cukup di bawahnya untuk ventilasi motor, maka Blendtec benar2 bisa menghemat tempat seperti apa yang saya lakukan pada foto di bawah.

Untuk mengimbangi tenaganya yang luar biasa itu, Blendtec harus mengkonsumsi daya listrik hingga 1.560 watt untuk menggerakan motornya yang mempunyai kecepatan hingga 28.000 rpm. Berbeda dengan merek high-end lain seperti Vitamix, blender Blendtec tidak dilengkapi dengan tamper yang dalam istilah mesin ini berupa stick yang terletak di tengah pitcher untuk mengatur sedemikian rupa bahan yang di blend agar tercampur sempurna.

Sebagai tambahan informasi Blendtec dan Vitamix adalah dua produsen blender komersial yang bersaing dengan ketat di Amerika dan punya fans hardcore yang menyatakan keunggulan masing2 produk ini. Blendtec mengklaim bahwa tamper tidak diperlukan karena mereka mempunyai sistem pisau yang hanya berbilah dua dan akan menarik semua bahan yang di blender ke pusat putaran.

Fitur andalan lain yang dijual oleh Blendtec dalam strategi marketingnya adalah sistem “automatic cycle”, artinya hanya menyentuh tombol dan membiarkan Blendtec menyelesaikan tugas dengan sendirinya. Ini sebenarnya fasilitas automatic shut-off, sebuah fitur yang membuat Barista/Bartender atau siapa saja bisa menyelesaikan tugas lain saat Blendtec bekerja. Tapi apa sih yang bisa dilakukan biala waktu yang tersedia hanya 30 detik dalam satu cycle ?

Berbeda dengan Vitamix, merek Blendtec tidak memerlukan pitcher tambahan untuk mem-blend bahan2 kering, semuanya all in one.

Model Blendtec yang ada di rumah saya terdiri dari 5 tombol sentuh beserta 1 tombol “Pulse”. Dimulai dengan angka 1 yang artinya untuk mengerjakan bahan2 yang tidak terlalu keras seperti apel, alpukat, dll, angka 3 misalnya untuk apel dan es batu hingga ke tombol nomor lima untuk bahan yang lebih keras lagi. Kecuali tombol “P”, masing2 tombol sudah distel waktu kerjanya antara 20-30 detik.

Terakhir adalah tombol “P” merupakan fitur manual dimana kita bisa mengatur sendiri watunya selama tombol tersebut ditekan.

Blendtec menggunakan pitcher dari bahan polycarbonate yang mempunyai daya tahan jauh lebih bagus dibanding dengan material plastik atau fiber. Volume maksimalnya 32 oz atau hampir satu liter dan bila Anda membeli satu pitcher lagi untuk cadangan  maka bersiaplah dengan harganya yang sekitar 1.6 juta rupiah.

Saya menyenangi blender skala komersial karena salah satu kemampuannya untuk menghancurkan es batu dalam waktu singkat dan tercampur dengan sempurna dengan bahan lain  seperti powder. Blenderrumahan tentu saja bisa melakukannya walau dengan segala keterbatasannya, tapi bila digunakan untuk bisnis maka tip konsultan F&B Adi W. Taroepratjeka bisa dijadikan pegangan :

“Jangan sekali-kali menggunakan alat rumah tangga untuk keperluan bisnis”. Jika nasihat itu menjustifikasi keperluan usaha Anda, mengapa tidak memilih peralatan komersial 🙂

Cukup sudah mambo jambo tentang spesifikasinya, tapi yang jelas niat saya mempublikasikan Blendtec dan mungkin suatu saat merek Vitamix semata untuk memperkenalkan peralatan penting di sebuah kedai kopi.

Jika  saat ini anggaran Anda tidak mencukupi dan menganggap bahwa alat ini berada di luar jangkauan, tapi suatu saat, once for all, salah satu merek blender ini menjadi workhorse di kedai kopi Anda sebagaimana yang sudah banyak digunakan di tempat2 lain.

Alasan lain dan tak kalah penting, powder untuk smoothie milik saya sudah lama menganggur dan sepertinya sudah kadaluwarsa akibat menunggu blender komersial seperti Blendtec. Jadi ini saat yang tepat untuk memulai eksperimen minuman2 yang bila rasanya cukup “layak” akan saya posting di sini.

Sambil menunggu “jatah preman” dari rekan2 saya yang “terpaksa” menyumbang bahan untuk keperluan penggunaan blender ini, mari kita nantikan kemampuan the brawn, brainBlendtec.

* * * * *

29 replies
  1. Anwar
    Anwar says:

    @Ibu Sonia, terima kasih atas ketertarikannya terhadap product blendtec. Quotation sudah saya send by email ya. saya tunggu kabar baiknya.

    @Mr. Theo Utomo, dengan senang hati pak.
    bisa inform nomor contactnya supaya bisa lebih terkoneksi. 🙂

    @Agan Rully. siap Kumendan. segera ane kirim quotationnya.
    bisa inform nomor contactnya gan? atau bisa call ane di 0815 1313 2394.

    sebenarnya harga sudah ada di website kita.
    But, Specialty inquiry from cikopi.com, I will be send quotation with The Best Price.

    untuk mengetahui lebih lanjut detail blendtec versi Indonesia.
    Klik dan tonton videonya di http://www.youtube.com/watch?v=CfpIYFKZPgo

  2. theo utomo
    theo utomo says:

    Saya theo di pontianak.
    Minat sama blendtec blender.
    Boleh pricelist nya dikirim ke email theoutomo@yahoo.com. kalau ada produk lain yg menunjang usaha coffee shop blh jg.
    Terimakasih sblmnya.

  3. Anwar
    Anwar says:

    @Mr. Farid.
    Terima kasih atas ketertarikannya terhadap product Blendtec.
    Segera kami kirimkan penawaran ke email bapak.
    Ada nomor yang bisa dihubungi pak?

  4. Anwar
    Anwar says:

    @Bu Vivin,

    Terimakasih atas kepercayaannya untuk tetap menggunakan product kami blender Blendtec.
    untuk service resmi maupun sparepart Blendtec di Indonesia, bisa menghubungi :

    MFK Service Centre
    Jl. Kamal Raya No.9 Tegal Alur – Jakarta Barat
    021-55952523 / 55952508
    PIC : Ibu Evie / Ibu Fatma.

    Dan khusus untuk area Jakarta, teknisi MFK Service Center bisa pick-up maupun cek ditempat. dengan biaya pengecekan gratis.

  5. vivin
    vivin says:

    Dear Mas Anwar,
    Mohon info service centernya mas Anwar. Sudah pakai 3tahun, baru ini ada gangguan suaranya agak berisik. Service resminya dimana ya mas…. makasih.

  6. Ngadirin
    Ngadirin says:

    oh iya Pak , Kalau saya punya Blendtec.. tp Jar nya suka Bocor atau Netes kenapa ya pak ? kemudian saya harus service ke mana ya pak ?

    Ngadirin
    08562772058
    02712610026
    310F7D2C

    Bila sudah digunakan keringkan dengan sempurna terutama di bagian karet bawahnya. Sayang karetnya tidak dijual terpisah, tapi harus beli satu paket dengan jar-nya. Bisa beli ke PT Multi Flashindo Karisma, di Jakarta : web nya : http://www.mfk.co.id/

  7. Silvy
    Silvy says:

    Pak Anwar,

    Sy berminat beli blendtec, tp liat di websitenya masi underconstruction..bs hubungi sy via email? Thks

  8. erwin
    erwin says:

    meleleh nih liatnya, pas search info blendtech, eh disajikan mas toni. boleh info harga n agennya mas? thankyou

    Coba hubungi PT MFK, mereka salah satu agen untuk Blendtec.

  9. Nüg
    Nüg says:

    Pak Toni, request bikin macam2 minuman kopi dong…. resep2 bikin kopi enak ala café. Saat ini saya cuma bisa bikin Cupucino & Black Coffee 😀

  10. Enrico
    Enrico says:

    Kang, kalo saya ke sana lagi nanti, mau saya bawain sesajen apa utk diblend kang… buah naga?? seperti lagu BUAH NAGA PANJANGNYA, BUKAN KEPALAAAANG…

Comments are closed.