Juliana dari Kopi Domba menjelaskan perbedaan antara kopi jantan dan betina yang terlihat dari bentuk biji kopi yang sore itu sedang dilakukan penyortiran oleh karyawan mereka. Kopi jantan berbentuk bulat dengan ukuran lebih besar, sedangkan kopi betina terlihat lebih kecil dengan belahan yang membagi dua biji kopinya. Kopi Domba merupakan salah satu tempat favorit bagi turis yang berkunjung ke pulau Bali terutama dari kawasan Asia timur seperti Taiwan dan Cina. Charles Huang yang berasal dari , sang pemilik yang berasal dari Selat Panjang, Batam sudah membuka usaha yang diberi nama Kopi Domba sejak tahun 1999 yang sekarang beralamat di jalan Dewi Sri nomor 777, Denpasar Bali.

Kopi yang dijual di sini menurut Juliana  merupakan hasil persilangan varian arabika dan robusta yang ditanam di perkebunan mereka di daerah Tabanan Bali. Para turis yang berkunjung ke sini bisa mencoba berbagai produk yang mereka tawarkan seperti kopi jantan, kopi betina, kopi luwak, dan satu lagi yang baru saya dengar, kopi kelelawar.

Penyajian kopi bisa dilakukan dengan alat seduh french press, siphon, atau tubruk biasa. Dengan kadar keasaman dan kafein yang sangat rendah, kopi domba menawarkan keunikan cita rasa kopi ringan yang ternyata banyak disukai oleh para wisatawan asing termasuk domestik yang berkunjung ke lokasi mereka. Dibuka untuk umum setiap hari dari jam 9 pagi hingga 5 sore dimana pengunjung bisa mencicipi rasa kopi sambil mendengarkan penjelasan mengenai produk Kopi Domba dari karyawan di sini. Tertarik ?

* * * * *

4 replies
  1. Levi Sianturi
    Levi Sianturi says:

    kopi jantan itu sama dengan peaberry maksudnya pak? btw, tempat yg wajib dikunjungi nih.

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] This post was mentioned on Twitter by Ivy Lim and Tanty Dunn, Tanty Dunn. Tanty Dunn said: RT @ivyw74: RT @wiwinmaru: Baru tau ada kopi betina dan kopi jantan,beuh! https://www.cikopi.com/2010/08/jantan-dan-betina-tetap-kopi/ #k … […]

Comments are closed.