Untuk sampai ke tempat saya, kopi Nabire ini telah menempuh perjalanan yang sungguh tidak gampang. Bagaikan rute  Camel Trophy yang legendaris, mobil yang membawa puluhan kilogram kopi Nabire harus berjuang melalui tanah yang berlumpur dan membuat ban mobil harus dimodifikasi khusus. Belum ditambah dengan rute sungai yang harus dilalui mobil pengangkut kopi yang punya aliran air yang sangat deras untuk sampai ke tempat pengolahan. Terbatasnya kalau tidak bisa dikatakan ketiadaan sarana transportasi yang memadai merupakan persoalan besar para petani kopi di propinsi Papua yang kopinya   dikenal sebagai the most flavorful coffee.

Pestisida adalah terminologi yang tidak dikenal oleh petani kopi di sini, mereka menggarap kebunnya secara organik dengan unsur hara yang sangat kaya karena masih belum sejenuh seperti tanah di Jawa. Karakteristik alam yang sangat mendukung membuat kopi Papua selalu istimewa dan bila anda beruntung mendapatkan kopi yang masih fresh, bersiaplah untuk merasakan semerbak wanginya sejak biji kopi digiling hingga air panas dituang. Anak saya selalu tahu kalau sedang menyeduh kopi dari daerah ini karena komentarnya yang selalu sama “wanginya koq enak ya?”.

Kopi ini saya dapatkan dari Sombar Coffee, salah satu usaha kecil menengah yang membantu para petani di Nabire dengan hanya menjual roasted bean agar mendapatkan harga yang lebih bagus dibandingkan dengan green bean sehingga petani di sana mendapatkan penghasilan yang lebih layak. Dengan alasan itulah saya mencoba mengenalkan kopi ini kepada khalayak pembaca, semata untuk sedikit berkontribusi membantu perusahaan yang turut membantu livelihood petani kopi di Papua, selain tentu saja, flavorful !

* * * * *

9 replies
  1. coffeeshopz
    coffeeshopz says:

    Saya selalu suka dengan yg eksotis dan tidak umum seperti ini .

    moga0moga suatu saat saya bisa mencoba Kopi Nabire ini.

    kebetulan ini di rumah sedang menunggu kopi dari daerah papua juga – Kopi amungme gold.

    jadi tambah penasaran nih

    Post yang selalu menarik Om toni.. thanks info-info kopi nya saya selalu dapat sesuatu yang baru dari site nya Om Toni.

    salam
    Coffeeshopz.com

  2. budiman
    budiman says:

    Wah, ada lagi selain Wamena. Order di mana pak? Mohon infonya?

    Kontak Jeanny di tlp : 0811848931 untuk pemesanan.

  3. Roy
    Roy says:

    Saya jadi penasaran, gimana cara mesannya Pak, adakah outletnya di Jakarta, thx

    Belum ada outletnya, pemesanan bisa langsung ke kontak yang sudah saya sebutkan di foto paling akhir pak.

Comments are closed.