mag1

Magister Stilo harus dikebut karena antrian pengunjung sudah semakin panjang pada saat kantor saya mengadakan acara berbuka puasa bersama dengan membagikan kopi gratis. Dioperasikan tanpa henti Stilo harus menyiapkan lebih dari 100 cangkir milk based, yang kesemuanya dituntaskan tanpa kendala. Sebuah mesin skala komersial walau hanya dilengkapi dengan amunisi 4 liter air pada boiler nya, Stilo ES 70, merupakan pilihan bagi yang menginginkan harga mesin dengan rentang harga maksimal 30 jutaan.

mag6

Unboxed. Dikemas dengan palet kayu pada bagian bawahnya untuk melindungi guncangan, Magister Stillo pertama kali saya bongkar di kantor dengan bantuan dua orang lagi untuk mengangkat mesin dengan berat kosong hampir 40 kiloan.

Sebagaimana biasa, mesin ini sudah dilengkapi dengan dua buah portafilter untuk sajian single dan dobel, lalu satu blank filter yang khusus digunakan untuk back-flush.. Satu pipa untuk mengalirkan air dan selang keluaran air kotor sudah disertakan dalam paket berikut buku petunjuk.

Desain, Fitur dan Spesifikasi. Nyaris berbentuk kotak berwarna hitam yang terbuat dari bahan plastik dengan aksen berupa sayap dikedua  bagian samping. Namun Stilo juga menggunakan material stainless pada bagian penghangat cangkir, depan, serta drip tray.

Terdiri dari 2 grup atau dua portafilter yang terpasang dengan kontrol manual atau volumetrik pada bagian panel depan. Satu steam wand di sebelah kiri dan air panas di sisi kanan adalah dua kelengkapan standard yang terdapat pada Stilo, Perangkat ini harus difungsikan dengan pasokan listrik sebesar 2.700 watt yang mayoritas digunakan untuk memanaskan elemen di dalam boiler. 

Portafilter berdiameter 58 mm, sebuah ukuran normal yang hampir digunakan di mayoritas mesin espresso, walau pada mesin espresso lain seperti pada merek La Spaziale mereka menggunakan porta berukuran 53 mm.

Sebuah manometer untuk melihat tekanan boiler terpasang di bagian kanan depan, yang sayangnya tidak dilengkapi dengan alat kontrol lainnya berupa gauge tekanan pompa.

mag5

Menggunakan Stilo. Ukuran lebarnya yang hanya sekitar 50 cm cukup menghemat tempat jadi cocok digunakan di kedai kopi yang mempunyai keterbatasan ruang. Menunggu sekitar 45 menit saat mesin sudah siap digunakan dan Magister Stilo untuk pertama kali akan dicoba pada acara buka bersama di kantor saya.

Tak ada keluhan untuk tombol-tombol yang tersedia, kesemuanya cukup mudah digunakan dengan sekali sentuhan. Tapi pada perlu dua kali putaran memfungsikan steam wand. Selebihnya Stilo tak pernah sekalipun ngadat untuk penggunaan terus menerus terutama saat antrian pengunjung mulai mengular, hingga maksimal dikebut mencapai 100 cangkir per jam nya.

Stilo adalah sebuah mesin yang tanpa perlu penampilan seksi, tapi mengutamakan fungsi akan sebuah alat seduh espresso yang dibanderol dengan harga cukup kompetitif. Tentu saja durabilitasnya harus dibuktikan dengan pemakaian jangka panjang, terutama faktor perawatan rutin. Tapi diharapkan Stilo bisa mengabdi untuk jangka waktu panjang tanpa kendala yang berarti.

 

mag2

Tentang Magister. Magister Sistema Caffè S.r.l berdiri hampir 20 tahun lalu yang berlokasi di Casorezo, pinggiran kota Milan, Itali. Magister masuk ke Indonesia sudah cukup lama, walau masih kalah populer dengan merek-merek mesin mainstream lainnya, tapi sudah cukup banyak dikenal khususnya di area yang aliran listriknya sering bermasalah karena salah satu produknya bisa menggunakan pasokan bahan bakar gas.

Terdapat 3 tipe penggunaan mesin espresso yang diproduksi oleh Magister yakni, otomatis, profesional, dan untuk kebutuhan rumah. Sedangkan Stilo ES 70 dengan kapasitas boiler 4 liter ini merupakan salah satu tipe terkecil untuk mesin 2 grup yang saat tulisan ini dipublikasikan harganya sekitar 28 jutaan.

Di Indonesia, produk Magister dipasarkan oleh Will’s Beverage Solution yang beralamat di Jl. Hayam Wuruk  73, Jakarta dengan nomor telepon 021-639-1109.

 *   *   *

mag3