lam2

Sejenak saya melihat Lama Phurbu Tashi, seorang Bhiksu dari Tibet mengoperasikan mesin espresso tanpa rasa canggung. Selama hampir 7 tahun menulis beragam artikel tentang kopi, baru kali ini melihat seorang Bhiksu dengan pakaian lengkapnya berada di depan mesin espresso. Tapi saya bukan diminta untuk menuliskan profil beliau, sebuah mesin espresso dua group yang sudah disiapkan untuk diperkenalkan. Lelit Silvana.

lelit-silvana

Berbeda dengan mesin espresso komersial yang saya kenal, bentuk Silvana terbilang cukup kecil dengan ukuran 44 x 28.5 x 43, atau kira-kira hanya 2/3 dari ukuran yang biasa saya lihat. Demikian juga beratnya yang berkisar 17 kg dan rasanya tak terlalu sulit untuk diangkat sendiri.

Salah satu keuntungan mesin berukuran kecil seperti Silvana adalah cukup banyak menghemat tempat, terutama bila bar kopi yang ada sulit untuk mengakomodasi mesin dengan ukuran besar.

Tapi ukuran kecil bukan artinya memangkas kemampuannya, dengan daya listrik 3.200 watt, Lelit Silvana tak sulit untuk membuat boiler yang berkapasitas 2.7 liter selalu siap digunakan untuk keperluan komesial sekalipun.

lelit

Dari sisi desain dan rancang bangun, Silvana dibungkus dengan baju stainless dan satu fasilitas steam wand untuk frothing susu, satu keran air panas, inidator atau manometer untuk melihat tekanan boiler dan dan pompa. Agar bisa menggunakan cangkir kecil seperti espresso, dua buah tatakan disediakan yang bisa dibongkar pasang.

Dua tombol di bagian atas hanya digunakan untuk menyalakan mesin dan satu lagi untuk memfungsikan air panas. Minimalis dan fungsional dan Lelit siap untuk digunakan setelah dipanaskan hanya kurang dari 15 menit.

Di bagian dalam Silvana terdapat dua pompa vibrasi yang bergetar cukup halus dan mengantarkan tekanan di angka manometer di kisaran 9 bar dan 1 bar di boiler. Dengan dilengkapi satu grinder espresso, Silvana bisa dijadikan aset awal bagi yang merencanakan membuka warung kopi dengan anggaran untuk mesin espresso di bawah 30 jutaan.

lelit4

Penjelasan lebih rinci berikut tentang Lelit Silvana bisa menghubungi PT Surya Teknik Mesindo dengan alamat :

De Ploeit Centrale Lantai 1
Jalan Pluit Selatan Blok Q No. 1
Jakarta Utara

P. (021) 290 76585
F. (021) 290 76584
E. info@suryateknikmesindo.com