delonghi esam6700

Saya tidak perlu mengenalkan merek ini kepada para pembaca karena Delonghi sudah cukup banyak dikenal terutama dengan mesin espresso model EC155. Sebuah mesin espresso yang walau bentuknya kecil tapi beberapa rekan saya pernah menggunakannya untuk keperluan heavy duty atau  komersial. Tapi kali ini Delonghi yang datang ke kantor saya kemarin adalah tipe super otomatis model ESAM6700 Primadona Avant.

dl2

Delonghi pertama kali membuat mesin penyaji kopi sejak tahun 1990 dan berkonsentrasi pada tiga tipe yaitu tipe super otomatis sebagaimana model yang saya ulas, lalu “pump espresso” dan terakhir model “combi pump dan drip coffee”.  Bukan hanya mesin kopi, perusahaan ini juga memproduksi peralatan rumah tangga lainnya seperti toaster, oven listrik, penggorengan, hingga pembersih udara.

Saat ini merek Delonghi dipegang oleh PT Multi Mayaka yang juga memegang berbagai merek peralatan/perkakas rumah tangga dan peralatan elektronik berupa audio mobil. Dengan jaringan penjualan yang luas dan tersebar di berbagai pelosok Indonesia hingga setiap pembelian produk Delonghi tentunya akan mendapat kemudahan untuk masalah purna jual.

dl3

Mesin penyaji kopi super otomatis seperti Delonghi tipe Primadona Avant melakukan semua tahapan pembuatan kopi sebagaimana yang biasa dikerjakan oleh para barista. Tapi perlu dicatat bahwa mesin kopi super otomatis tentunya agak sulit untuk menyaingi kepiawaian para barista handal dengan mesin espresso komersial dalam masalah rasa espresso termasuk tekstur, dan intensitasnya.

Namun mesin yang tipe ini menawarkan berbagai kelebihan yang antara lain kemudahan dan kepraktisan penyajian kopi dalam waktu cepat dan rasa yang cukup baik dan bisa diterima oleh konsumen.  Apalagi untuk jenis bean to cup pengguna tidak perlu lagi membeli alat penggiling kopi karena sudah terpasang di dalam mesin.

dl11

Untuk siapa mesin super otomatis ? Biasanya mesin jenis ini banyak digunakan oleh kelompok horeca atau hotel, restaurant, dan juga cafe termasuk gerai makanan. Tidaklah berdosa tentunya bagi indvidu untuk memiliki mesin jenis ini bila Anda tak ingin direpotkan oleh berbagai tahapan pembuatan kopi sebagaimana pada mesin komersial.

Mudah, cepat, hasil yang konsisten, itulah keunggulan yang ditawarkan oleh mesin super otomatis seperti Delonghi Primadona Avant. Rasa ? Anda yang memutuskan, tapi hampir sama dengan mesin espresso pertama yang saya miliki Electrolux, tak mengecewakan tentunya.

dl12

Menggunakan Delonghi Avant

Walaupun mesin ini berjenis super otomatis, tapi terdapat fitur dual boiler sebagaimana pada mesin espresso high end. Masing-masing diperuntukan untuk menyeduh dan steam. Jadi tak heran jika jeda atau waktu idle super singkat dan mesin kembali siap digunakan.

Waktu instalasi yang cepat adalah kemudahan yang terdapat pada mesin super otomatis. Dengan berat kosong hanya 13 kilogram tak sulit untuk mengangkat mesin ini ke tempat yang sudah saya sediakan. Tinggal mengisi biji kopi dan memenuhi tangki air yang berkapasitas maksimal 1.8 liter lalu menghubungkan kabel power ke listrik. Tombol atau switch on terdapat di bagian belakang membuat mesin stand by sedangkan  satu tombol on/off lagi di panel depan untuk mengaktifkan mesin.

delonghi

Lampu display berkedip dan memancarkan sinar untuk menerangi semua fungsi yang terdapat pada mesin ini. Setelah itu secara otomatis mesin melakukan “Rinse” atau membersihkan sisa kopi selama lebih kurang 15 detik. Tak kurang 40ml air hasil sisa brewing yang berwarna kecoklatan dikeluarkan melalui dua spout. Setelah itu kurang dari satu menit mesin sudah siap menerima perintah. Cepat bukan ?

Dengan dilengkapi thermoblock mesin ini memang didesain agar bisa melakukan pemanasan dan penyajian kopi yang nyaris tanpa jeda. Walau tentunya thermoblock yang berukuran kecil serta berbentuk seperti huruf “U” pada mesin fully automatic tak bisa dibandingkan dengan boiler berkapasitas besar sebagaimana yang terdapat pada mesin komersial.

delonghi

Sebelum menekan tombol brewing saya melakukan pengaturan atau setting grinder yang terdapat di bagian atas. Sedikit dihaluskan untuk meningkatkan ekstraksi agar lebih terasa intensitasnya dan saya mulai memelototi berbagai fitur yang ada pada panel elektroniknya.

Di bagian “Program” pengguna bisa mengatur descaling, bahasa, energy saving, waktu, auto start, auto off (3 hingga 6 jam), suhu seduh dengan empat tingkat, water hardness, statistic atau counter untuk mengetahui berapa banyak kopi yang sudah disajikan.

Untuk sajian kopi, Delonghi Primadona Avant menyediakan kopi hitam, (single/double), caffelatte, dan latte macchiato. Ada juga tombol “Long” yang dimaksudkan untuk mereplikasi drip coffee, fitur yang cukup menarik tentunya. Selain itu untuk keperluan membuah teh, Primadona Avant melengkapi dengan fasilitas  air panas dan tentu saja steam untuk susu.

dl7

Untuk pembuatan milk based coffee, Primadona Avant mengintegrasikan milk carafe yang langsung terpasang di badan mesin. Setiap mesin selesai dioperasikan untuk membuat cappuccino atau latte, maka display elektronik segera memerintahkan untuk membersihkan atau flush steam wand sebagai yang harus dilakukan secara manual pada mesin komersial. Fungsi penting untuk menjaga pipa steam terbebas dari bakteri dari sisa susu yang masih mengendap.

Pertama saya mencoba fungsi black coffee dengan menyentuh lambang satu cangkir di panel sentuh. Mesin langsung menjalankan perintah dan hanya perlu waktu setengah menit sudah tersaji kopi dengan volume kira-kira 60 ml. Bila masih kurang terdapat fungsi double shot dengan simbol dua cangkir.

Berlanjut ke caffelatte, dan Primadona Avant langsung melakukan milk frothing hingga 2/3 cangkir ukuran 180 ml, setelah itu baru kemudian ekstraksi kopi berlangsung. Demikian juga halnya dengan fungsi milk based lain seperti latte macchiato dan cappuccino. Waktu saji ? Hanya 1.5 menit saja.

dl13

Penutup

Dengan segala kelebihan yang ditawarkan oleh Delonghi Primadona Avant, mesin super otomatis memang sangat mudah dioperasikan, cepat, hasil yang konsisten dan berbagai kepraktisan lainnya tanpa harus menjadi seorang yang berprofesi barista. Untuk Anda yang memerlukan semua kelebihan di atas Delonghi Primadona Avant tentunya cocok untuk dijadikan bahan permenungan.

Mesin espresso Delonghi Primadona Avant ESAM6700 saat ini bisa didapatkan di situs jual beli lazada.co.id dan ini tautan khusus yang langsung ke produknya : Mesin Pembuat Kopi : Delonghi ESAM6700 Primadona Avant. 

Spesifikasi :
Ukuran : 11.2 x 16.5 x 15.0 inch
Berat : 13 kg
Daya listrik : 1350 watt
Daya tampung kontainer biji kopi : 250 gram

*  *  *