Hario Ceramic Slim

Beratnya hanya 250 gram, tapi mata pisaunya yang terbuat dari keramik (jenis conical burr) bisa menggiling biji kopi hingga bisa digunakan untuk espresso ! Dengan harga sekitar 375 ribuan, tanpa keraguan saya merekomendasikan Hario Ceramic Slim (HCS) sebagai kelengkapan yang wajib dimiliki oleh setiap pecinta kopi. Bukan itu saja, bentuknya yang ringkas dan pemutar yang bisa dilepas membuat HCS bisa jadi teman di perjalanan.

Spesifikasi :
Dimensi : 7.5 (P) x 6.5 (L) x 17cm (T)
Burr type : Conical (ceramic)
Kapasitas penampung biji kopi : 50 gram
Kapasitas doser : sekitar 25 gram
RPM : 125 kali putaran untuk 10 gram, jadi lumayan buat mengencangkan otot bisep
Berat kosong : 250 gram
(Catatan: spesifikasi ini dibuat sendiri karena buku petunjuk disajikan dalam bahasa Jepang yang boro-boro saya kuasai :) )

Grind Adjustment : Bagian paling penting HCS adalah pada komponen pengaturan halus-kasar yang terdapat di bagian bawah penampung biji kopi atau bean hopper. Sederhanan saja, putar ke kanan untuk menghaluskan dan arah sebaliknya untuk menghasilkan bubuk yang lebih kasar. Tentu saja tanpa ada petunjuk, tapi sebagai awal putar hingga habis menurut arah jarum jam dan mulailah dari titik itu menggeser sedikit demi sedikit.

Conical burr dari keramik : Baratza Vario atau Gaggia Mdf adalah sebagian kecil penggiling kopi yang menggunakan material keramik untuk pisaunya. Bahkan Baratza Vario menjamin bahwa burr nya tidak perlu penggantian seumur hidup karena ketajamannya tidak akan berubah. Selain itu, beberapa kelebihan dari pisau yang terbuat dari keramik antara lain mudah dibersihkan dan tentu saja tidak akan berkarat.

Penampung bubuk kopi atau doser : Dengan diameter yang hanya 6.5 cm, HCS hanya berkapasitas sekitar 25 gram saja, cukup untuk dua cangkir kopi. Terdiri dari dua lapis yang menambah chic desain HCS dengan inidkator 1 dan 2 cangkir yang sayangnya tidak terlihat pada foto di atas.

RPM dan Tes : Tentu saja tidak ada RPM.  Tapi saya menghabiskan waktu dua menit untuk 10 gram kopi dengan 125 kali putaran untuk ukuran bubuk espresso yang halus. Tentu saja semakin kasar bubuk kopi, waktu yang diperlukan dan jumlah putaran yang lebih sedikit. Mengapa untuk espresso ? Bila grinder ini bisa digunakan untuk jenis minuman ini, tentu bukan hal yang sulit bagi HCS untuk menggiling bagi alat french press, drip, dan metode seduh lainnya. Mari kita coba.

Perlu beberapa kali penyesuaian, tapi kalau Anda lihat pada foto di atas, inilah Hario Ceramic Slim, grinder seharga kurang dari 400 ribu dengan performa yang tidak kalah dengan grinder yang harganya jauh berlipat.

Penutup : Bila Anda punya keterbatasan anggaran untuk menghabiskan jutaan rupiah untuk sebuah grinder, Hario Ceramic Slim adalah pilihan yang tak akan salah. Go get one !

21 replies
  1. mumu
    mumu says:

    om saya lagi bingung ni antara merek Tiamo dan Hario mini mill, harga hampir setengah.., bagaimana ya kualitasnya apa pernah di coba juga yang merek Tiamo, skarang ini saya menggunakan Moka Pot, dan kopinya Kapal API aja… :), mau coba ngopi agak serius

    Reply
  2. yukidalamkurung
    yukidalamkurung says:

    sudah 4 bulan saya pake ini, kok malah doll di bagian pemutar ya? sering malah jadi kekunci di bagian conical burrnya, malah jadi halus (malah ga keluar tuh kopinya). ada saran dan solusi untuk masalah ini? apa ada yang jual partnya?

    Reply
  3. Budismn
    Budismn says:

    Tadi siang beli HCM di maharaja lamgsung malamnya nyobain nge-grind pakai kopi sample…. Emang bener bikin otot bisep tangan kiri jadi terlatih hehe….
    Sedu pakai VD gilingan pertama gagal total krn terlalu kasar, terpaksa nge-grind lagi lebih halus cukup berhasil, untuk nubi spt saya grinder ini cukup bersahabat.. Satu kekurangannya (buat nubi) gak ada ukuran skala kasar-lembutnya gilingan

    Reply
  4. ndra
    ndra says:

    punya ane ga lurus porosnya :(
    jadi kl diputer ntar ga rata kehalusan bubuk kopinya krn ada yg kena sisi grinda yg tipis dan ada yg longgar. pelajaran utk semua, kl beli mending dtng lgsg biar bisa dicoba dulu, atau kl beli online pastikan barang bisa dituker kl cacat

    Reply
  5. tegoehtr
    tegoehtr says:

    Tadi pagi sudah pesan dari Philo…semoga besok dah sampe. Sabtu mau langsung ‘test drive’ buat nge-grind biji kopi Toraja dan Papua…

    Reply
  6. sutrisno
    sutrisno says:

    @ gani
    Bener tuh..ritual pagi hari skarang jadinya menakar biji kopi,grind,baru deh menikmati kopi..

    kalo saya sih blom bisa beli espresso machine..jadi pake drip dan french press deh..tapi jadi lebih mantep nih..ritual pagi hari lebih nikmat (olahraga dulu sebelum akhirnya menikmati cup of cofee..)

    Reply
  7. Gani
    Gani says:

    Baru sebulan pakai alat ini. Benar-benar cabe rawit. Kebiasaan beli kopi sekarang jadi beralih dari bubuk ke biji. Tiap pagi olahraga tangan demi secangkir kopi. :)

    Reply
  8. Philocoffee Project
    Philocoffee Project says:

    @Daniel

    Mohon maaf tampaknya kami kelewatan untuk membalas sms Bapak lantaran seminggu ini kami memecah kerja kami di dua tempat, Jakarta dan Bandung. Jadi, maaf jika kelewatan untuk membalas sms Bapak.

    Reply
  9. daniel
    daniel says:

    Mau beli hario slim dimana ya? Harganya cuma 375000? Saya lihat di website philocoffee project 420000, tp saya sms mau pesan ngga direspon sama mereka, alternatifnya beli dimana ya? Trims

    Reply
  10. Yugo Isal
    Yugo Isal says:

    Hebat ya, kecil2 ternyata pakai sistem burr. Ada teman professor dari Swedia yang juga penikmat kopi serius, menyarankan saya untuk membeli grinder portabel untuk traveling yang pakai keramik… Mungkin alat ini yang dia maksud. Pantas saja ketika akan saya belikan kopi enak dari Indonesia, dia minta yang masih dalam bentuk bean saja….:-). Di Maharaja saya lihat ada. Yugo Isal

    Reply
  11. sandalian
    sandalian says:

    Selama ini saya masih menggunakan gilingan merica (pepper mill) untuk menggiling kopi. Karena didesain untuk merica, menggiling biji kopi yang ukurannya besar jadi butuh waktu lama.

    Terakhir tangan saya sempat kram gara-gara kelamaan muter-muter gilingan merica tersebut, untung nggak tiap hari hehe..

    Biasanya memilih menggiling di carrefour ketika membeli biji kopi, mumpung ada grinder di sana 😀

    – Ntar lagi punya yang pake listrik Mas … :)

    Reply
  12. Bayu
    Bayu says:

    ini namanya “program barista sehat” hehehe.. atau mungkin bisa mulai disosialisasikan tagline “minum kopi mantap & badan (tangan) jadi kuat”:)

    Hehehe, iya sampe keringetan …

    Reply
  13. Ferdee Sugiono
    Ferdee Sugiono says:

    Ternyata komennya udah keduluan om Philo..
    hehehehe..

    yuk yuk yuk..
    bagi para barista yang mau semakin berotot, yuk, pake hario ceramic slim yuk..

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>