Pagi tadi saya menerima SMS dari pak Henri yang saya kenal di dunia maya dengan nama thetoomuchcoffeeman. Isinya ajakan untuk kumpul2 sesama penggemar kopi di Pacific Place Jakarta yang rencananya sudah kami bicarakan seminggu sebelumnya. Pak Henri adalah pemilik Hope Cafe yang terletak di Jl. Ir Sutami 133 kawasan Setrasari Bandung (sudah tidak beroperasi lagi).

OK, meting kantor ditunda dulu demi hobi yang satu ini, maka meluncurlah saya ke tempat yang sudah dijanjikan. Akhirnya saya ketemu para maniak kopi yang sudah berdatangan : David dan Chandra dari Bel Canto,

Hendrik yang merupakan marketing perusahaan kopi Kafana Coffee dari Bandung, pak Hendra pemilik perusahaan trading yang memasok kopi Lavazza dari Itali, Charles fanatik kopi seperti saya yang punya Rols Royce (maksudnya Rolls Royce-nya mesin espresso merek Giotto), Alvaro Andri,

Andri Gunawan (kini bekerja di Java Dancer, Malang) supper cupper yang selalu membawa flavor wheel di dompetnya  😀 . Mau tahu cerita selanjutnya ?

Ini sebagian foto2nya hasil dari petemuan tersebut :

Single shot espresso, sayang biji kopinya sudah dalam bentuk powder, artinya tidak langsung di grind. Rasanyanya ? Ya OK lah walau aromanya agak kurang.

Ini roaster kita yang lagi cupping kopi Ethiopia di cafe ini. Di brosurnya disebut bahwa aromanya bernilai 4, tapi kesimpulan kami tidak demikian. Rasanya hambar dan masih kalah dengan kopi kelas warung, duuh mahal lagi.

Masih belum puas dan mengunjungi cafe yang kedua. Di sini kami juga menjajal espresso yang rasanya jauh lebih “segar” dibandingkan dengan cafe pertama.

(to be continued dengan cerita seru lainnya)

____________________________________________

Bertahun kemudian, inilah mereka yang sampai saat ini masih berhubungan dengan baik :

 

20 replies
  1. Piter Wijaya
    Piter Wijaya says:

    Senang berkenalan dengan anda semua pecinta kopi, mohon petunjuknya: sy penjual kopi luwak lir dan kopi robusta lampung, bagi saudara semua yg mau order kopi luwak liar robusta or arabica dan kopi robusta lampung bisa hub no hp:085215977773 or pi bb sy: 20FAA34A. email: piter_wij@yahoo.com. Terima kasih.

  2. iqbal
    iqbal says:

    Herbal Untuk pria Perkasa

    Herbamax adalah ramuan herbal yang diracik khusus dari bahan herbal alami dengan komposisi yang seimbang sehingga tidak ada efek samping berfungsi untuk meninggkatkan Vitalitas yang prima, meningkatkan kesuburan hormon, regenerasi sel, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

    Delapan Ramuan Alami Yang Terkandung Dalam HERBAMAX Untuk Kehidupan Yang Lebih Harmonis

    TRIBULUS TERRESTRIS

    Tribulus Terrestris sekarang sedang dipromosikan sebagai pendorong untuk tujuan dorongan seks meningkat. Ekstrak Tribulus terbukti dapat untuk meningkatkan tubuh alami testoeteron dengan demikian meningkatkan kinerja seksual laki-laki dan membantu membangun otot. Tribulus telah terbukti dapat meningkatkan dorongan seksual. Bahan ini bekerja dengan cara merangsang reseptor androgen di dalam otak.

    PURWOCENG (Pimpinella Alpina)

    Purwoceng merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang dikenal berkhasiat sebagai obat perkasa kaum lelaki. Karena itu, Purwoceng juga mendapat sebutan ‘Viagra Jawa’ , Kenapa Demikian??.. , Akarnya mempunyai sifat diuretika dan digunakan sebagai aprosidiak (Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan 1987), yaitu khasiat suatu obat yang dapat meningkatkan atau menambah stamina. Pada umumnya tumbuhan atau tanaman yang berkhasiat sebagai aprosidiak mengandung senyawa-senyawa turunan saponin, alkaloid, tanin, dan senyawa-senyawa lain yang berkhasiat sebagai penguat tubuh serta memperlancar peredaran darah.

    PANAX GINSENG
    Telah dipercaya sejak 5000 tahun yang lalu oleh bangsa Cina dan Korea untuk pengobatan dan meningkatkan stamina secara alami. Pada tahun 1960 dilakukan penelitan di Cina, Amerika dan Jepang, ditemukan zat alami dari ginseng yaitu Saponin, Glikosida dan 16 jenis mineral Ginsenosida pada akar ginseng berfungsi mempercepat penyembuhan, meningkatkan stamina.

    TONGKAT ALI ( Eurycoma Longifola)
    Tanaman ini banyak ditemukan di pulau Kalimantan yang dikenal dengan Pasak Bumi, disebut juga dengan ginsengnya Kalimantan. Tanaman ini berfungsi untuk meningkatkan Libido, memperlancar sikulasi darah.

    MACA ( Lepidium Perulianum Chacon )

    Maca adalah tanaman bersal dari Negara Peru, sejenis tumbuhan yang berumbi akar yang tumbuh pada dataran tinggi, tanaman ini bisa tumbuh walaupun dengan kondisi cuaca ekstrim yang sangat dingin. Zat yang berperan dalam Maca adalah Alkaloid berfungsi untuk meningkatkan hormon, mencegah penyakit Prostat, untuk kesuburan, dan meningkatkan stamina.

    MADU
    Madu merupakan sumber makanan yang mempunyai energi yang besar dan mudah dicerna berfungsi untuk pembentukan sel darah dan melindungi sel pembuluh darah

    KOPI
    Dibuat dari biji kopi pilihan terbaik, selain bercita rasa nikmat kopi berfungsi untuk antioksidan dan terdapat zat Flavanoid untuk anti pembekuan darah sehingga dapat menurunkan serangan jantung.

    NON DIARY CREAMERS (NDC)

    NDC adalah zat cair atau butiran dimaksudkan untuk pengganti susu atau krim seperti aditif ke kopi atau minuman lainnya. Bahan ini tidak mengandung laktosa oleh karena itu, beberapa bagian dunia memerlukan alternatif non-susu whiteners istilah tersebut tidak berarti kehadiran krim nyata

    Cara Penyajian & Pemakaiannya

    * Didihkan air panas sebanyak 200cc minum
    * Tuangkan kedalam gelas yang telah berisi 1 sachet HerbaMax, Aduk Sampai rata
    * Pemakaian 1 sachet perhari
    kunjungi kami di topproducts.biz

  3. linda
    linda says:

    Saya ingin sekali punya bisnis cafe, tapi samasekali ngak punya knowledge di bidang ini. Tau nya minum aja..Harus mulai dari mana ya? Apa belajar meramu kopi dulu? Tolong ya mentoringnya..

  4. Adi Setyawan
    Adi Setyawan says:

    wow…saya pengen banget gan bisa gathering sama-sama pecinta kopi saya sudah sangat jatuh hati dengan yang namanya kopi…jadi pengen tambah pengalaman..tapi saya di Surabaya…apakah ada kenalan anda yang mau ngajari saya gan 🙁 thanks

  5. WITARSA OEMAR
    WITARSA OEMAR says:

    BAPAK/IBU YANG TERHORMAT,

    SAYA INGIN MEMBELI KOPI DALAM BENTUK BEAN MERK KEY

    COFFEE. KARENA SAYA TINGGAL DI MEDAN, APAKAH BOLEH

    DIBANTU, JIKA IBU/BAPAK MENGETAHUI NOMOR

    TELEPON KEY COFFEE DI JAKARTA.

    TERIMA KASIH ATAS BANTUAN BAPAK.

  6. Bima
    Bima says:

    salam kenal.

    nama saya bima. saya bekerja di penerbit puspa swara (grup trubus). saat ini saya sedang berencana menerbitkan buku ttg kopi yang berisi sejarah kopi, aneka resep, cara mengenali dan menikmati, serta bagaimana jika ingin berwirausaha yg berkaitan dgn kopi.
    jika bapak tertarik atau memiliki info di mana saya bisa menemukan calon penuls yang tepat, mohon kiranya bapak sudi menghubungi saya melalui e-mal.
    atas perhatian bapak saya ucapkan terima kasih.

    hormat saya,
    bayu

    Hi Bayu, terima kasih atas info-nya. Kalau perlu foto2 tentang kopi kebetulan saya punya koleksi cukup lengkap. Jadi penulis ? hmmm tergoda sih … 🙂

  7. wildan
    wildan says:

    Para pecinta kopi….emang yang paling enak tu kopi yang digiling apalagi yang tanpa dicampur ma yang aneh-aneh.

    ikutn promo di sini ya, KOpi enak kopi RAJA, dari kopi terbaik pegunungan Temanggung ma kopi Sirsah mtang pohon, proses sortir ketat dan tradisional, kemurnian dn rasa dijamin banget. MANTAP
    Para pecinta kopi bisa hub no.ku di 0813 2623 2035

    senang bergabung dengan para pecinta kopi Indonesia

  8. Yohan
    Yohan says:

    mas toni boleh dapet bocoran ngga nih mengenai nama kafe nya? ini semua ada di pacific place kan? jadi penasaran.. tapi sepertinya reviewnya kurang bagus yah..

    tetep aja saya penasaran mau cobain kopi yang dibuat pake siphon..

    btw, dimana yah bisa beli siphon coffee maker.. selain jadi pembuat kopi, bisa juga jadi pajangan bagus di dapur yah..

    thx.. y

    @ niq noq.. kopi yang paling asli tuh enaknya di giling seperlunya pas sebelum dibrew.. aahhh nikmaatt.. kalo instan sih memang paling gampang.. saya juga kadang kadang suka kopi instan kalau lagi gak sempet.. :).. kalo yg instan menurut saya yang enak tuh indocafe 🙂

  9. niq noq
    niq noq says:

    Para pecinta kopi,boleh nanyak gak???
    Saya mau promo the best coffe in Indonesia pada some friends in China. Menurut misua saya harus bawa kopi asli yang di grind(berarti tubruk dong…) menurut saya cafe instant mix is good (kerna saya udah 10 years minum itu every morning) khan gak repot…..
    any suggestion??? please…..

  10. Elyani
    Elyani says:

    Iya Mas, suka sastra dan kalau bisa berkenalan dengan orangnya…hehehe! Dulu jaman-nya SMA senangnya setengah mati bisa salaman dengan Romo Mangunwijaya yg pengarang “Burung-burung Manyar”, juga sempat surat2an dengan Arief Budiman ketika beliau masih di Salatiga. Kalau orang lain mengidolakan celebs…saya kok sukanya sama yg gak dilirik orang ya…hahaha..kelainan nih 🙂

    Setahun sebelum alm. Sobron Aidit meninggal, saya sempat bertemu dan ngobrol2 dengan beliau di Jakarta. Banyak tulisan2 ringan-nya yg saya suka. Pak Asahan juga orangnya asik, tapi belum pernah bertemu karena beliau jarang pulang ke tanah air.

  11. Elyani
    Elyani says:

    Mas Ton,

    Omong2 soal kopi, kebetulan pas buka email kemarin..ada tulisan menarik tentang kopi yg ditulis oleh Asahan Aidit dari Belanda. Pak Asahan ini adalah sastrawan yg juga adik kandung alm. Sobron Aidit dan Aidit yg sering di-sebut2 di buku PMP waktu jaman sekolah dulu. Tulisan tentang kopi ini rasanya egois banget kalau gak saya forward disini buat para pecinta kopi (saya mah pecinta gukguk, kucing dan sayur2an..hahaha) 🙂
    Tulisan-nya agak panjang…gak papa kan? Here we go :

    “Di Belitung kopi luwak disebut orang kopi keluang atau kopi tai keluang. Ketika saya masih kecil, di atas permukaan batu besar tempat kami biasa bermain sering kami temukan biji-biji kopi yang telah diolah perut keluang atau musang dan tak seorangpun yang memungutnya meskipun kenikmatan rasa kopi keluang itu terkenal atau diketahui orang. Di Vietnam ada sejenis kopi yang terkenal enak berasal dari Buon Me Thuat sebuah tempat di Vietnam Selatan. Kelezatan kopi Buon Me Thuat hampir diketahui oleh seluruh orang Vietnam.

    Aromanya yang spesifik dan juga dengan cara pembuatan yang juga spesifik Vietnam (Cafe Fin) menimbulkan rasa yang luar biasa enaknya. Saya belum pernah mencoba kopi tai musang atau keluwak. Tapi menurut saya kopi Buon Me Thuat adalah jenis kopi yang terenak di dunia. Ketika saya mengujungi Vietnam tahun 2005, setiap hari, dua kali sehari saya minum kopi Buon Me Thuat di warung yang juga dekat hotel kami. Dan ketika pulang ke Belanda saya membeli 3 kg kopi itu untuk terus kami nikmati sepulang dari Vietnam. Kopi ini diminum sangat kental dan dalam cangkir kecil dan diberi gula yang agak banyak. Untuk saya, minum kopi adalah juga seni dan selama hidup di Vietnamlah saya paling banyak minum kopi. Entah bagaimana, sifat nerveus yang saya bawa sejak lahir, di usia dewasa saya, menjadi hilang dengan sendirinya. Apakah karena pengaruh kopi? Mungkin saja. Yang jelas banyak sekali cerita-cerita tentang keajaiban khasiat kopi yang dulu belum diilmiahkan dan baru di abad moderen sekarang ini diumumkan hasil penyelidikan ilmiah tentang efek positif dari kopi. Tapi juga harus selalu diingat, kopi bisa menimbulkan efek negatif karena cofein yang dikandungnya, terutama bagi penderita penyakit tertentu.

    Jadi kopi adalah juga obat yang sesungguhnya. Bisa mengobati tapi juga bisa membikin penyakit lebih parah. Semua itu tergantung bagaimanna kita mengaturnya. Minumlah untuk kenikmatan dan kesehatan dan jangan sampai ekstrim berlebihan atau hingga kecanduan kelas maha berat. Ketika masih muda, minumlah kopi sambil pacaran dan ketika sudah berkeluarga, minumlah di saat tidak bertengkar dan ketika telah tua, mimumlah bagaikan air yang datang dari surga. Kopi adalah cerita yang tak akan pernah berahir selama dia masih berwarna hitam(kecuali kopi susu) dan terasa pahit bila tak dicampur gula. Ada cerita bahwa kopi tidak baik diminum menjelang dekat kegiatan sex. Betulkah? Yang ini belum pernah saya temukan dalam literatur tertulis maupu kajian ilmiah. Mungkin teman-teman punya pengalaman: “Sex and the coffee”sebagai saingan buku “Sex and the City”.

    Salam kopi luwak,
    asahan.

    *tulisan dikutip dari milis aksara sastra

    Thanks for sharing El. ini kutipan yang saya suka :
    “ketika telah tua, mimumlah bagaikan air yang datang dari surga”.
    Betapa bahasa sastra bisa menggambarkan kenikmatan meminum kopi.
    El, suka sastra juga ya? 🙂

  12. Ranto Ari Pratama
    Ranto Ari Pratama says:

    wah…….wah .mantap benar ya….
    para pecinta kopi ngumpul.apalagi usaha yang digeluti dibidang Per-Kopi-An.
    He………..
    Salam kenal………..nama gw Ranto …….Pendatang baru dari makassar……..
    ya…………..samalah pecinta kopi….cuman kopi gw kopi toraja “kopi sangrapuan”. Mau nyoba………? atau mw kerja sama dalam penyediaan kopi……? silahkan kirim e-mail ke alamat gw atau buka situsnya…..www.sangrapuan-coffe.com.Oh ya,Hp gw: 085299646620

    Salam lagi Mas. Silakan bagi yang berminat. 🙂

  13. Chandra a.k.a ShadowLenZ a.k.a Sarang Kopi
    Chandra a.k.a ShadowLenZ a.k.a Sarang Kopi says:

    HUa ha ha bro..MANTABH bener cuppingnya..

    DItunggu nich hasil cuppingnya bro 😀

    Thx atas liputannya Pak Toni..ditunggu ya kunjungannya ke Bandung..ntar contact2 aja ke nomer saya 🙂

    Regards,
    Chandra – Sarang Kopi

    Tunggu liputannya ya? 😀

  14. Andri a.k.a Gambarello
    Andri a.k.a Gambarello says:

    Wah untung2x difoto dari depan…..soalnya kalo dari belakang bisa gawat. Nanti jadi keliatan kalo ekornya lagi goyang2x.

    Sebenarnya saya punya tuh foto buntutnya buat koleksi pribadi. Mantaf cupping-nya bro. 😀

  15. Edwin Maolana
    Edwin Maolana says:

    Saya suka yang lagi Sniffing tuh… hahaha.. memang kalo udah pernah ngerasain cupping pasti gak lupa dengan 3S-nya yaitu Sniffing, Slurping dan Swallowing. Mantab…..

Comments are closed.