vta1

Anda cukup membayangkan penggiling yang menyerupai roket ini mengancurkan hampir 3 kilogram kopi dalam waktu 60 detik ! Dengan berat 42 kilogram, Mahkonig tipe VTA6S memang didesain oleh perusahaan Jerman sebagai sebuah grinder yang diperuntukan bagi pengguna yang yang mengandalkan 3 faktor penting, yaitu kecepatan, keseragaman grind size, dan terakhir daya tahan mesin untuk pemakaian jangka panjang. VTA 6S memiliki semua itu karena ini adalah Mahlkonig !

Mahlkönig itu memang mengintimidasi

Saya sudah beberapa kali menurunkan artikel tentang Mahlkönig, sebuah perusahaan yang nama resminya adalah Mahlkönig GmbH & Co. KG, berpusat di kota Hamburg, Jerman. Mereka punya rentang pengalaman lebih dari 8 dekade dalam urusan mengubah biji kopi menjadi bubuk dan seakan menjadi sebuah ikon, ujung pencarian grinder terutama untuk tipe komersial.

Pelajaran pertama saat saya pertama kali membongkar EK43 adalah jangan pernah memaksakan memutar sekrup sekecil apapun bila posisinya belum tepat kalau tidak ingin merusak ulirnya. Artinya untuk urusan sebuah sekrup pun mereka tidak mengenal kompromi dalam masalah presisi apalagi untuk komponen besar seperti burr. Kini EK43 masih saya gunakan di rumah walau tentunya overkill untuk kebutuhan yang bukan komersial.

Tapi setiap memandang, mengelus, dan mencoba produk Mahlkönig yang baru seperti VTA 6S, kesannya selalu sama, kualitas dan berbarengan dengan harga yang aduhai. Mungkin benar asumsi saya, kadang insinyur Jerman tak hirau dengan harga jual yang tinggi selama bisa menciptakan produk yang akan bertahan dalam jangka panjang.

vta7

VTA 6S

Desain dan Spesifikasi. Pertama, grinder ini luar biasa beratnya dan saya sendiri tak akan sanggup mengangkat beban 40 kilogram tanpa adanya bantuan untuk memindahkan raksasa ini. Beratnya tersebut karena didominasi oleh motor yang harus dipasok dengan daya listrik 2.100 watt dan menggunakan sistem kelistrikan 3 phase. Bukan 2 atau tiga pin yang biasa kita lihat pada sumber listrik peralatan di rumah, tapi 5 pin yang harus diinstalasi khusus.

vta3

Bentuknya berupa lingkaran dengan bagian tengah yang berdiameter lebih besar lalu mengecil ke bagian bawah dengan bahan baja solid. Tinggi saat tutup bean hopper dibuka adalah 75 cm, sebagai 63 cm Di bagian paling atas, bean hopper atau tempat biji kopi yang akan digiling bisa memuat maksimal 3 kilogram.

Step Adjustment & Tungsten Carbide. Ke bawah lagi, pengaturan halus-kasar bubuk kopi terdiri dari 13 pilihan dari mulai Turkish, filter, french press, dan percolator. VTA 6S tidak menggunakan sistem step, artinya pengaturan halusnya bubuk kopi hanya bisa ditentukan dari ke-13 pilihan yang sudah disediakan. Berbeda dengan EK43 yang perubahannya bisa diatur tanpa adanya hambatan.

Chute atau keluaran kopi dilengkapi dengan sebuat plat alumunium yang akan bergetar untuk membantu agar kopi cepat turun ke bawah.

vta5

Arsenal utamanya adalah flat burr berdiameter 120 mm yang terbuat dari tungsten carbide, sebuah logam yang dua kali lebih keras dibanding baja biasa yang hanya terdapat pada tipe VTA ke atas. Akses masuk untuk melihat burr hanya membuka 3 kunci jenis hex ukuran sedang dan selalu ingat untuk memtutus aliran listrik setiap kali membuka bur grinder apapun.

vta2

Performa VTA 6S

Satu kata saja, dahsyat !. Mahkonig VTA 6S harus saya nobatkan sebagai penggiling kopi tercepat yang pernah saya coba selama ini. Tanpa saya sadari, hanya dalam kedipan mata Mahlkonig VTA 6S menjadikan 100 gr biji kopi menjadi bubuk karena dukungan motor berdaya besar dan burr berukuran 120 mm. Mencoba Turkish, tantangan terberat sebuah grinder yang harus menghasilkan powder seperti bedak juga bisa diselesaikan dengan mudah oleh grinder kelas komersial ini.

Sayangnya kendala pasokan listrik yang harus menggunakan sistem 3 phase membuat Mahkonig VTA6S ini harus punya jaringan terpisah dengan peralatan lainnya. Selebihnya, sebuah alat penggiling kopi yang beroperasi

Mahkonig VTA 6S ditujukan bagi siapapun yang memerlukan sebuah grinder kopi yang bisa mengakomodasi keperluan menggiling biji kopi hingga ratusan kilogram tanpa pernah bekompromi untuk urusan konsistensi. Dengan durabilitas produk Mahlkonig yang dikenal die hard, VTA 6S diharapkan dapat menjadi alat pendukung utama untuk keperluan sebuah perusahaan retailer yang produk refurbished-nya pun sering menjadi rebutan.

Harga

Harga retail produk ini berada dalam kisaran 60 jutaan, tapi yang saya coba pada tulisan ini adalah produk refurbished yang dijual setengah harga oleh PT Sukanda Jaya.

*  *  *  *

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *