ecoboiler

Merebus air tentu urusan yang sederhana dan sudah menjadi keseharian kita, tapi mengatur dan atau mempertahankan temperatur nya pada suhu tertentu dan tetap stabil dalam jangka panjang tentu memerlukan peralatan yang didesain khusus. Marco Ecoboiler menjawab kebutuhan tersebut, sebuah boiler untuk keperluan hotel, restoran, atau kedai kopi Anda. Saya mencoba Ecoboiler PB10 yang sesuai angkanya berkapasitas 10 liter.

eco1

Pemanas Air

Bila Anda ingin pemanas air untuk keperluan di rumah, saya pernah menurunkan tulisan tentang pemanas Zojirushi yang bisa diatur suhunya dari 60, 80, 90, dan 98 derajat Celsius. Jadi untuk kebutuhan sehari-hari dengan kapasitas kecil, cukuplah Zojirushi yang banyak menjadi sahabat ibu-ibu untuk keperluan balitanya.

Tapi untuk skala komersial yang menuntut ketersediaan air panas secara terus menerus dan suhu yang bisa diatur pada angka tertentu, Ecoboiler boleh dilirik. Bukan terbatas untuk kopi, tapi juga untuk kebutuhan penyajian minuman lainnya yang memerlukan air panas.

eco3

Marco Beverage System adalah perusahaan yang berbasis di Dublin dengan spesialisasi boiler hingga grinder yang juga dikenal dengan inovasi dan kreativitas desain produknya seperti Über Boiler. Kini salah satu produknya hadir di Indonesia yang akhir pekan kemarin saya coba.

Desain & Spesifikasi. Tentu desainnya tidak serumit robot Bumblebee, hanya berbentuk kotak persegi panjang, dengan tinggi 60 cm dan berat kosong 12.5 kilogram. Tapi perlu dicatat bahwa Ecoboiler memerlukan pasokan daya 2.800 watt yang sebagian besarnya dihabiskan untuk memfungsikan heating element. 

eco4

Sumber air pada Ecoboiler menggunakan sambungan pipa langsung dan sangat dianjurkan untuk dibantu dengan pompa dorong seperti flowjet. Kecuali bila terpaksa atau karena sesuatu hal, di bagian atasnya terdapat akses untuk memasukan air.

Panel depan berupa display LCD berwarna biru untuk berbagai pengaturan seperti suhu dan  waktu keluaran air.

eco5

Menggunakan Ecoboiler

Untuk membantu gravitasi, sebuah pompa dipasangkan yang akan membantu mengalirkan air dari galon atau sumber air lainnya. Kami menyiapkan pipa ukuran 1/5 inch dan memasangkannya di bagian bawah. Setelah semua siap, Ecoboiler langsung dinyalakan dan sebuah katup terbuka otomatis untuk mempersilakan air masuk ke dalam ruang boiler.

Bantuan pompa dorong membuat pengisian air tak mengambil masa yang lama, dan probe pertama mulai mendeteksi kehadiran air. Setelah tingginya dirasa cukup, komputer memerintahkan heating element untuk mulai bekerja. Ini adalah fitur keselamatan sebagaimana yang biasa terdapat pada mesin espresso dengan dua switch terpisah untuk menghindari elemen pemanas bekerja tanpa adanya air yang akan merusak boiler.

Di set di angka maksimal 98.5an derajat, selang 30 menit kemudian Ecoboiler sudah siap digunakan. Pengaturan suhu dan waktu berapa lama keran terbuka bisa diatur pada display yang tak sulit untuk dipahami.

eco11

Untuk Siapa Ecoboiler

Produk ini ditujukan untuk kebutuhan di hotel, restoran, atau cafe yang memerlukan pasokan air panas dalam jumlah yang cukup besar. Variable temperature yang konstan dan presisi hingga satu desimal adalah fitur unggulan yang ditawarkan oleh Ecoboiler.

Dalam volume yang lebih kecil, fitur variable temperature walaupun hanya beberapa pilihan, sebenarnya bisa kita dapatkan pada Bonavita atau Brewista. Tapi untuk kebutuhan komersial dengan volume 10 liter, Ecoboiler adalah salah satu pilihan untuk sebuah produk yang sudah punya nama khususnya di industri kopi.

Selain daya listrik yang besar dan tidak ada pengatur watu untuk menyalakan secara otomatis seperti Brewista, Ecoboiler adalah produk pemanas air komersial dengan kualitas yang tak diragukan dan harga jual yang cukup kompetitif. Untuk detailnya, termasuk harga, Anda bisa langsung menghubungi PT Sukanda Djaya sebagai distributor Marco di Indonesia.

 *  *  *

eco7

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *