ch14

Ajakan Hanna dan Yoshua Tanu untuk menikmati Espresso Martini tentu tak baik untuk ditampik. Maka mulailah keduanya mempersiapakan peralatan serta bahan yang diperlukan. Bahan pokoknya berupa Tequila premium yang menggunakan 100% blue agave, sejenis tanaman yang digunakan sebagai bahan dasar dan prasyarat utama untuk membuat minuman ini.

Tequila lalu dicampur dengan espresso Cloak & Dagger yang telah dipersiapkan sebelumnya. Bahan lain berupa putih telur dan sedikit sirup vanila untuk memberikan aksen pada rasa espresso. Semua bahan yang telah disatukan kemudian di didinginkan untuk kemudian di shake sebelum disajikan, dan Espresso Martini saya nikmati Chronicle Coffee & Cocktails. 

ch7

Tidak sulit mendapatkan cocktail di berbagai bar yang tersebar di seantero Jakarta, tapi bagaimana bila tempat tersebut juga menyajikan specialty coffee ? Di Chronicle Anda bisa mendapatkan keduanya, sebuah tempat yang baru saja dibuka bukan Desember kemarin. Yoshua Tanu (Yoshi), Juara 1 Indonesia Barista Championship tahun 2014 adalah pemilik tempat ini sekaligus membuat terobosan kreatif yang tak sungkan untuk mempertemukan kopi dengan alkohol.

Berlokasi di Jalan Wijaya II No. 73, berdekatan dengan Dharmawangsa Square dan saya yakin Anda tak akan kesulitan menemukan tempatnya sekaligus mudah untuk melihat logo Chronicle yang berwarna kuning.

Tempatnya berbentuk memanjang dengan lebar sekitar 3 meter dengan dominasi material kayu coklat. Di bagian bar Anda bisa melihat mesin espresso Black Eagle yang merupakan tipe terbaru dari pabrikan Victoria Arduino, Italia. Untuk Indonesia, Chronicle merupakan tempat pertama yang menggunakan mesin espresso kelas high-end seperti Black Eagle. 

ch6

Untuk kopi, Yoshi menggunakan blend Cloak & Dagger yang diproduksi oleh Common Grounds Coffee Roastery, sedangkan single origin terdapat Toraja Sulotco, Malabar, dan satu kopi import dari Yirgacheffe, Ethiopia.

Anda bisa mencoba salah satunya baik dengan menggunakan filter maupun untuk milk based, tapi yakinlah, di tangan Yoshi kopi akan disajikan sesuai dengan standard mutu kejuaraan barista dunia yang pernah ia ikuti di tahun yang sama saat meraih juara pertama se-Indonesia.

ch16

Bukan hanya kopi, untuk cocktail pun, Chronicle terus menjaga kualitas untuk sajian minuman terbaik dengan bahan dasar yang diseleksi langsung oleh keduanya.

Irish Coffee tetap akan tetap diingat sebagai salah satu landmark pertemuan kopi dengan alkohol, tapi selain minuman tersebut, pada saat malam menjelang  Anda bisa hadir di Chronicle untuk menikmati menu cocktail hasil kreasi pasangan Hanna dan Yoshi

*  *  *

ch15

ch5

ch9

ch11

 

 

3 replies

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] juara Barista Indonesia tahun 2014, Mythos adalah grinder andalan yang ia gunakan sehari-hari di Chronicle yang salah satu alasannya adalah keseragaman partikel yang […]

Comments are closed.