sal1

Rendang dan kopi ? Kombinasi ini hanya ada di restoran “Salero Jumbo” di kawasan Menteng Jakarta, sebuah langkah pertama yang dilakukan di Indonesia yang menambahkan sajian kopi spesial dalam daftar menunya. Bukan hanya membuat terobosan yang sekalipun tak pernah lewat dalam pikiran saya, harganya khas rumah makan Padang, mayoritas di bawah 15 ribuan !

s3

Baru saja dibuka kurang dari satu bulan. pemiliknya menamakannya dengan “Salero Kedai Kopi” yang lokasi tepatnya berada di Jalan Timor no. 12. Bisa diakses lewat jalan H. Agus Salim atau Jl. MH Thamrin bertetanggaan dengan kursus Barista “Esperto”. Saat Anda masuk ke dalam Salero Jumbo, kedai kopi mereka terletak di sudut sebelah kanan di ruangan terpisah.

Jangan dikira mereka menyediakan kopi kelas antah berantah, semua berupa varian arabika berkualitas dan beberapa di antaranya dipasok oleh beberapa roaster kopi spesial di Jakarta.  Dua roaster yang saya tahu berasal dari Tanamerah dan Jakarta Coffee House. Kopi lainnya di datangkan dari enam wilayah penghasil kopi : Wamena, Toraja, Bajawa, Mandheling, dan Bali, serta Gayo.

Jadi secangkir single origin bisa Anda nikmati dengan harga 10 ribu dan hanya menambah lima ribu untuk milk based seperti Cappuccino. Rekor kopi spesial termurah di Jakarta sepertinya sudah dipecahkan oleh Salero Kedai Kopi.

s2

Salero Kedai Kopi adalah sebuah percikan yang menarik dalam perkembangan kopi spesial di Indonesia. Apalagi bila Kopi Solok dari Sumatra Barat sudah bisa berproduksi dalam kapasitas yang besar dan diserap oleh banyak rumah makan Padang.

Saat Anda terduduk kekenyangan setelah menghabiskan sepiring nasi rendang dan telor, secangkir kopi panas rasanya pas untuk menutup hidangan. Jadi,  pasanlah kopi sakarek dek ajo !

*  *  *

wahid

s4

s6

Rumah Makan Salero Jumbo
Alamat : Jl. Timor no. 12, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat
Buka : Jam 07.00 – 22.00, kecuali hari libur
Twitter : @SaleroKedaiKopi

13 replies
  1. ary
    ary says:

    Bravo perlu di coba niy, setahu saya juga ada RM Minang di sekitaran Jl Juanda yg menyajikan kopi khususnya kopi dari SumBar…RM Sari Minang

  2. roni tukang gambar kopi
    roni tukang gambar kopi says:

    selamat mas wahid barista ! tetep ninyuh kopi ! jangan lupa liburan ke bandung lagi

  3. qertoev coffee gayo
    qertoev coffee gayo says:

    pernah jg coba waktu 2010 dengan rumah makan padang simpang raya tp ga sedahsat ini salam kang toni

  4. isal al masih
    isal al masih says:

    wuhuuu wahid meet wahid ini ceritanya … itu serius single origin murah bener , ukuran jakarta pula …. top sekali ini coffee shop!
    all hail wahid toni
    all hail wahid barista
    all hail kopi indonesia

Comments are closed.