,

Steampunk hadir di Kaffeine

steampunk mod

Pertama masuk ke Kaffeine, di kawasan SCBD Jakarta, Steampunk Mod yang terpasang di bar langsung memikat perhatian. Dua buah tabung kaca yang oleh perusahaam pembuatnya Alpha Dominche dinamakan Crucible beridiri tegak minimalis. Kaffeine menjadi lokasi cafe pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan alat penyeduh kopi berbentuk tabung kaca bak alat praktikum di laboratorium kimia. Kaffeine juga merupakan distributor langsung Steampunk, yang bermarkas di Salt Lake City, Utah, Amerika.

st2

Ide dasar alat ini sebenarnya sederhana, pengguna Steampunk bisa mereplikasi salah satu cara pembuatan kopi dengan alat yang biasa digunakan seperti french press, drip, syphon, atau V60 yang masing-masing tentunya punya nuansa rasa yang berbeda cukup diganti dengan satu alat saja, Steampunk !

Misalnya rasa kopi dari french press yang biasanya lebih heavy bisa “diterjemahkan” oleh Steampunk dengan melakukan beberapa tweak pada piranti lunak yang sudah terpasang di tablet Google Nexus, dan entah mengapa lagi-lagi dinamakan Crucible. 

Jadi pada program tersebut, pengguna bisa memasukan resep kopi berdasarkan parameter pokok seperti suhu air, grind size, waktu ekstraksi, elevasi (velocity ?) dan beberapa indikator lainnya yang tak sempat saya perhatikan karena keterbatasan waktu  (baiklah sebenarnya ini rahasia, saya sedang menghadiri rapat urusan kantor di tempat ini).

punk2

Masalah lainnya, instalasi  Steampunk di tempat ini belum sepenuhnya selesai karena mereka belum sepenuhnya mengoperasionalkan si Crucible. Jangan khawatir, empunya Kaffeine yang kebetulan sudah saya temui dan berbaik hati untuk nantinya berbagi cara kerja mesin ini. Harga  Steampunk Mod  ? Mendekati angka 200 juta, itu saja informasi sementara.

Mohon maaf laporan ini sekedar pandangan mata saat saya berkunjung ke Kaffeine tadi siang. Semoga akan ada update selanjutnya.

*  *  *

crucible steampunk mod

st-boston

kaffeine

8 replies
  1. ronald
    ronald says:

    Ini dia racun kenikmatan dari cikopi,karena gambar yg menarik dan liputannya membuat saya selalu pegang caculator.haduh

    Reply
  2. Feriandi
    Feriandi says:

    Kalau menilik harga dan teknologinya, Steampunk by Alpha Dominche ini sepertinya sangat menarik. Semoga pak Tony bisa kembali meliput Steampunk Mod ini saat sudah on service.

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *