It’s a long process in finding an identity, and the above logo still hasnt fully represented what I want to communicate. But the message behind the logo is simple;  If looked closer, the top part of the logo says “Ci” while the bottom part represents liquidified coffee in a typical Indonesian flair. I’ve always thought of a a logo that symbolizes coffee but avoided generic forms like coffee cups, steam or coffee beans, but what I’d really like is a logo that embodies Indonesia’s mythological element that unfortunately is quite challenging to integrate with coffee itself. The final concept that was made in less that an hour ended up with this logo. Designed by Najeeb Muhammad, who has immersed himself in the world of graphic design, and whose works are evidently shown from big corporates in Indonesia.

I do hope that the logo is sensual, recognizable and most importantly, represents Indonesia.

*  *  *

Ini sebuah proses panjang dalam mencari identitas dan logo di atas masih dirasa belum mewakili apa yang ingin dikemukakan. Tapi komunikasi visual yang ingin dicoba diterjemahkan dalam logo Cikopi sebenarnya cukup sederhana. Di bagian atas bila diperhatikan adalah “Ci” sementara di bawahnya adalah pengejawantahan “air kopi” yang ditransformasikan dalam sebuah ornamen khas Indonesia. Sejak dulu saya mencari sebuah simbol kopi tapi berusaha menghindari bentuk generik seperti cangkir, asap, atau biji kopi. Inginnya membuat logo berdasarkan sebuah elemen mitologi keindonesian yang sayangnya susah dikaitkan dengan kopi. Konsep akhir yang hanya dibuat kurang sari satu jam berakhir dengan logo ini. Di desain oleh Najeeb Muhammad, yang sudah banyak berkecimpung dalam dunia desain grafis Indonesia dan karya yang tersebar di berbagai korporasi besar  negeri ini.

Semoga logonya sensual, mudah dikenali, dan yang paling penting tidak meninggalkan tradisi keindonesian.

 

10 replies
  1. Fadhly Syofian
    Fadhly Syofian says:

    Mas Toni,
    Saya bukan peminum kopi, tapi saya suka sekali blog cikopi. Suka tatanan lay out blognya, suka juga photo-photonya. Hasil jepretan sendiri? Photonya bagus-bagus.

    Blog ini bisa jadi blog rujukan bagi penggemar kopi. Bagi saya, blog ini sumber info dan pengetahuan tentang kopi 🙂

    Hi Fadhly, enjoy reading Cikopi, 99,9% foto2nya hasil jepretan sendiri, kecuali bila disebutkan sumbernya. Thanks a lot !

  2. agus suparta
    agus suparta says:

    dari segi artistik dan warna, cantik sekali!!tulisan CIKOPI mencerminkan modern dan logonya Indonesia banget! two thumbs up!

  3. najeeb
    najeeb says:

    the Abstract logo.. kadang mencerminkan karakter si owner.. kadang juga bikin audience mikir panjang.. seperti kita melihat logo Starbuck pertama kali..

  4. hanzz
    hanzz says:

    Sorry… Pendapat nubie yg cupu
    Kalo engga baca penjelasannya yah.. Terlepas dari nama Cikopi, Koq kesannya ‘bergejolak’ kayak ombak merah, padahal kalo ngopi bawaannya ke suasana ‘tenang-santai’

  5. Enrico
    Enrico says:

    Errr kang, boleh memberikan satu kesan dari orang yang ga pernah makan bangku sekolah desain?

    Salah satu kesan yang dirasa ketika ditilik2 lagi logonya… Seperti orang yang sedang berenang lari dari ombang yang ingin menggulungnya…

    Dan jujur pas liat pertama dan ga baca artikelnya, saya ga sadar sama sekali itu dibaca “Ci” di atas… pas liat itu mata bergeser ke tengah atas, bukan kiri atas start liatnya….

Comments are closed.