Kemasan kopi untuk UKM

Hj. Darningsih Rustiaji adalah pemberi semangat, motivator, dan akan menyingkirkan setiap keraguan para pemula yang sedang merintis usaha. “Mengapa harus terkendala modal sebagai alasan klasik, mengapa tidak memulai dari jumlah yang kecil dan mengutamakan kinerja” Itu tips pertama yang dikemukakan oleh Dar, sebagaimana ia sering dipanggil, salah seorang aktivis UKM dan pengurus KADIN di Jawa Barat yang sudah makan asam garam dalam dunia usaha. Untuk membantu UKM yang sering terkendala mondal tadi, ia mendirikan perusahaan pengemasan produk “Packaging House” yang berlokasi di Ruko Surapati Core Blok M. No. 28. Saya berbincang dengan dengan Darningsih tentang pentingnya sebuah kemasan, khususnya bagi UKM kopi.

 

Mengapa kemasan ? Ia menunjukan sebuah produk kopi luwak yang dibungkus dengan plastik dan diberi label yang ditulis tangan. “Apakah orang akan tertairk dengan produk seperti ini ? Saya yakin, sebagus apapun kopi yang mereka jual dalam bungkusan plastik yang bersahaja itu, hanya sedikit, kalau tak seorangpun yang akan melirik kopi tersebut” ujarnya.

“Di sinilah pentingnya sebuah kemasan yang apabila didesain dengan baik dan dapat memberikan informasi tentang produk tersebut, besar kemungkinan prilaku konsumen akan berubah secara drastis” jelas Darningsih yang sudah melakukan pameran tak terhitung banyaknya terutama di luar negeri. Dari kegiatan pameran yang ia lakukan secara temu bisnis dengan calon konsumen, ia mendapati bahwa kemasan ternyata punya peran yang sangat penting terutama untuk mengangkat citra produk UKM.

 

 

Lalu bagaimana dengan harga karena untuk membuat kemasan eksklusif tentu dibutuhkan biaya tak sedikit yang justru akan menguras modal para pelaku UKM? “Jangan bicara modal, pertanyaannya apakah Anda berani tidak melakoni bisnis?” tantang Darningsih kepada pengusaha yang biasanya berkeluh kesah tentang modal usaha. Memang bila UKM datang ke pabrik pengemasan, minimum order misalnya 30 ribu kemasan yang bila dihitung seribu rupiah per unit, maka tidak kurang dari 30 juta rupiah yang harus dikeluarkan oleh pengusaha tadi.

Di sinilah peran Packaging House (PH), perusahaan pengemasan yang telah dirintisnya sejak tahun 90an demi menjembatani kendala yang dihadapi para UKM karena masalah mahalnya harga sebuah kemasan. Dengan langkah yang mungkin dari sisi bisnis tidak feasible, PH memungkinkan bagi setiap UKM untuk membeli kemasan dalam jumlah yang sangat kecil, bahkan kurang dari lima buah dengan harga kurang yang relatif sama apabila dibeli dengan jumlah partai besar.

Bagaimana dengan desain kemasan itu sendiri ? Sebuah team kreatif dari Packaging House akan membantu para UKM menciptakan pilihan desain yang menarik hingga produk yang mungkin biasa akan menjadi bertambah nilai jualnya dengan kemasan artistik dan menyediakan informasi lengkap tentang produk tersebut.

Apakah UKM akan dibebani biaya pembuatan desain ? Tentu, tapi Darningsih meyakinkan kalau harga desainnya jauh lebih murah dibanding perusahaan desain grafis profesional. Seberapa murah ? Di bawah satu juta rupiah, pelaku UKM sudah memperoleh beberapa pilihan desain yang bisa dipilih untuk digunakan dalam kemasannya.

Sudah ratusan pengusaha kopi dari berbagai daerah menggunakan jasanya termasuk Pemerintah Daerah yang ingin memajukan industri kopi di daerahnya, seperti produk Kopi Paiker dari daerah Sumatera Selatan yang menjadi salah satu ikon produk provinsi tersebut.

Saat ini Packaging House menyediakan pembuatan berbagai jenis kemasan yang terbuat dari berbagai material seperti kertas, aluminum foil, logam, kaca, plastik, botol, jar. Bukan hanya untuk kopi saja, tapi berbagai jenis makanan dan produk lainnya bisa memesan berbagai bentuk kemasan di perusahaan yang mendukung UKM ini.

Informasi lebih lanjt silakan menghubungi Packaging House di :

Packaging House
Jl. P.H.H Mustopa No.39
Bandung 40192
Telpon: (022) 87241366

web : Packaging House
Facebook : http://www.facebook.com/pages/Packaging-House/161557063886759

Terakhir, terima kasih untuk Budi dari Coffeeshopz yang sudah mengantar dan menemani saya ke tempat ini.

 

28 replies
  1. Nanda Bueno
    Nanda Bueno says:

    mohon minta harga untuk kemasan plastik atau kertas untuk ukuran bobot 250gram. terimakasih

  2. Hanafi
    Hanafi says:

    Tlg kirimkan daftar harga kemasan kopi utk 200gr, 500gr utk pemesanan 100-500pax.
    Dan juga baya design.

    Terima kasih
    ZH

  3. Ridwan
    Ridwan says:

    Mohon info harga untuk kemasan bentuk kaleng(seperti gambar kopi luwak diatas)dan kemasan karton, Brp untuk minimal order untuk kemasan kopi luwak berat 70gr, 100gr, 200gr .mohon diemail ke ridwanfauzi1999@yahoo.com
    Terima kasih

  4. Sammy
    Sammy says:

    Salam dari Manado.

    Pak Toni,saya suka singgah di rmh anda ini dan saya mendapatkan banyak wawasan tentang kopi. Terima kasih Pak. Regards. Sammy

  5. Asmaniah Taslim
    Asmaniah Taslim says:

    Terimakasih atas bantuan ibu hj Dar
    dengan kemasan sekarang KOPI CAP CANGKIR PAIKER lebih baik pengemasannya,mohon bantuan desain untuk kopi powder composite can luwak 100 gram,dan composite can kopi powder netto 1000 gram

  6. Drew
    Drew says:

    Mohon info harga untuk kemasan bentuk kaleng(seperti gambar diatas)dan kemasan karton, serta aluminiun foil . Brp untuk minimal order untuk kemasan kopi luwak berat 50gr, 100gr, 500gr dan 1kg. dan arabika untuk berat 250gr, 500gr, dan 1kg.mohon diemail lwt dewi_ling89@yahoo.com
    Terima kasih

  7. Asosiasi Petani Kopi Sidikalang
    Asosiasi Petani Kopi Sidikalang says:

    Mohon info harga, minimum order untuk kemasan kopi luwak liar, 50 gr, 100 gr dan 200 gr.
    Tk.

  8. ivanderjh
    ivanderjh says:

    saya ingin mengetahui info untuk kemasan kopi luwak..
    di anjurkan bentuk gusset atau kalengan spt cth d gambar?
    yang saya butuhkan adalah kemasan untuk ukuran 200 gr, 500 gr dan 1 kg..saya mencari-cari orang yg bs dan akhirnya saya menemukan referensi ini..

  9. agus basmar
    agus basmar says:

    saya mau minta tolong desain kemasan untuk kopi luwak berbentuk silinder (kaleng ukuran 250 dan 500 gram sebanyak 3 jenis desain
    Kemudian berapa biaya desain dan harga untuk kemasan sachet (dalam bentuk roll)

  10. Uji Sapitu
    Uji Sapitu says:

    Senior sy yg satu ini selalu tahu dan memahami kebutuhan para yuniornya esp perihal seluk beluk kopi…sukses Bung Toni

  11. jawaracoffee
    jawaracoffee says:

    mantab pak tony, inilah yang kita tunggu… pemain kopi UKM ikut unjuk gigi di tengah banyaknya raksasa kopi…. kemasan ukm bisa membuat di packaging hause atau di KEMASAN.NET dengan pak ronny dari malang yang concern membantu UKM.

  12. sandalian
    sandalian says:

    Pak Toni, link ke website Packaging House nampaknya terputus.

    Seharusnya “http://klikkemasan.com” tetapi tertulis “http://klikkemas an.com” sehingga kalau di-klik error.

    – Suwun Mas, udah dibenerin link-nya. Salam buat temen2 di Jogja, kangen ngobrol seru lagi … :)

  13. Enrico
    Enrico says:

    Semoga nanti2 yang muncul adalah kemasan yang memang merepresentasikan kualitas produknya… bukan “labelnya boleh bagus.. pas diminum.. blergh!”, hehehe…

  14. andi sanaf
    andi sanaf says:

    mas Toni, kemasan dalam bentuk jar (?) di foto terakhir itu THE BEST menurut saya …

  15. Ferdee Sugiono
    Ferdee Sugiono says:

    wah, menarik banget nih..
    apalagi untuk pengusaha coffee shop juga lebih gampang lagi kalo misalnya mereka punya kopi sendiri..

    kalo saya liat, om philocoffee juga udah mulai lirik2 nih.. hehehehehe..

  16. Endang
    Endang says:

    Pak Toni, terima kasih banyak untuk postingan ini. Saya bekerja pada dinas yang mengurusi UKM (sekarang disebut UMKM=Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), jadi informasi ini sangat berguna buat saya, kami didaerah saat ini memang sedang mengupayakan agar para IKM menggunakan kemasan yang berkualitas dan lebih “menjual”.
    Terima kasih dan salam sukses selalu.

Comments are closed.