Tidak ada grinder, blender pun jadi

Alat rumah tangga seperti blender bukan diperuntukan untuk menggiling kopi, tapi tidak dilarang apabila ingin mencobanya menghaluskan kopi seperti yang dilakukan oleh orang tua saya. Ini alat minimal apabila terpaksa harus menggiling kopi karena ketiadaan grinder yang sistemnya chop atau membelah bukannya grind sebagaimana pada penggiling dengan mata pisau burr.  Tidak terlalu direkomendasikan, tapi lumayan buat pengisi kekosongan sambil menunggu budget anda cukup membeli grinder kopi yang pantas untuk kebutuhan kafein sehar-jari.

7 replies
  1. David
    David says:

    hahaha, saya juga pakai ini! :) sambil menyisihkan sedikit2 biar bisa beli yg Princess ntar… Btw berkat baca di blog ini akhirnya saya setiap mau ngopi baru nge-grind (nge-blender ding…) emg bener yah Kang, crema-nya lebih banyak…

    Happy grinding, alat wajib buat semua pecinta kopi.

  2. widya
    widya says:

    salam Kopi …..

    sebenarnya dah dari dulu ni teknologi sudah ada pak, tapi kalau 2 serving nanti biji kopinya panas. memang kalau spesifik grinder memang jauh lebih baik untuk maslah setelan kehalusannya.

    wassalam …..

  3. Enrico
    Enrico says:

    Wah kang toni, saya juga pake blender nih karena kepaksa hahaha, lagi nabung2 utk beli grinder, minimal yang utk tubruk dan french press (walopun ada hibab mokapot sih ;p). Kesan saya, sangat sulit utk membuat butirannya minimal coarse kayak yang saya lihat di hasil grind pake grinder “beneran”. Bahkan kadang2 ada biji yang keluar masih utuh!

    Kang Toni ada saran utk grinder best buy utk saya yang masih nubruk/french press/moka pot?

    Kalau untuk french press cukup yang blade, merek Princess atau Krup. Tidak terlalu mahal, grinder pertama saya juga :)

  4. Kopi Tua
    Kopi Tua says:

    Wah, pak Toni, ada salah kaprah tentang apa yang disebut oleh umumnya orang Indonesia tentang “blender”, yang perkamusannya lebih berarti “mencampur”. Padahal produk relatif murah seperti Miyako (juga) menyediakan “grinder” –yang diceriterakan di posting ini– kecuali dua alat lain yaitu: “blender” (kata lainnya mungkin “juicer” -kegunaan yang paling sering diperlukan warga masyarakat kita- dan satu lagi yang dianjurkan untuk mengolah bumbu dapur (mungkin istilahnya “mincher”). Yang bagian bawah yang atasannya dapat diganti-ganti itu barangkali lebih tepat disebut bagian “miller”-nya atawa mesin putarnya .. hehe .. Mengapa banyak orang tak tahu? Barangkali kecuali ga baca teliti directory dari peralatan itu waktu beli, dan tak ada “kebiasaan” menggiling sendiri biji-biji kopi tersangrai, budaya minum kopi juga masih perlu didorong terus .. hehe ..

  5. Jeanny
    Jeanny says:

    oohh.. Baru tau Pak, bisa nge-grind pake blender. Kapan-kapan saya cobain ah di rumah. Thanks infonya Pak..

Comments are closed.