Thanks to PT Auto Accindo Jaya for supplying this blog with two new coffee equipments, Brikka and Mukka Express.  I have been a loyal fans of Bialetti for their high quality products and have been enjoying  my old Moka Pot for many years without any complaints. Bialetti is an Italian company founded by Alfonso Bialetti, an engineer who had discovered a new way of enjoying coffee in 1933, moka pot. It was an exciting news when the distributor offered me an opportunity to try their two products above and I have promised them  to write my experience in this blog. So here it is, Brikka and Mukka Express.

Getting started

One noticeable different between my Moka Pot compare to Brikka is “valve system”,  to create a froth, a creamy brownish crema when the pressure increased inside the chamber.  The valve was invented by Bialetti in 1997 as a way to enjoy coffee with a lot of crema. Of course you can’t expect its coffee taste comparable with espresso machine. It’s totally different although both espresso machine and brikka using pressure in brewing the coffee.

Inside the box you will have a set of octagonal shaped of Brikka consists of upper and lower chamber, a filter or funnel, measuring cup, and manual. Except the filter, which made by high quality stainless steel, all parts were made by aluminum.  One of the feature is transparent lid with the lens effect where you can see inside the upper chamber during the brewing process.

This is how to :

Using Brikka is no brainier, but first you need to read its manual first to ensure that you understand the whole mechanism of this percolator system. I started pouring the water into measuring cup, if you have hot water that would be recommended, not too hot though to speed up the brewing.

– Pour the water into lower chamber. For gas stove, the water is lower than for ceramic, just follow this instruction.
– Fill the filter with ground coffee without tamp
– Lock the two parts tightly, if not, water will spill due to high pressure
– Important, check the valve system and ensure it can move freely
– You may put on the gas or stove, use medium level
– After a few minutes the brown liquid coming up trough the valve and seconds later the wooosh sounds is heard along with crema, a lot of golden brownish color crema.

The similar method is applied for Mukka Express which will be posting soon.

Conclusion :

Did I tell you that Bialetti is producing awesome products with hight quality materials?  There are many similar stove pot in the market and somehow cheaper than Bialetti. However, if I need to choose, Bialetti will be my first choice due to its build quality and actually the first company, which invented the Moka Pot. With regard of the taste is truly enjoyable if you like a strong coffee with a little taste of espresso, at least for myself.

The overall process might look a little complicated, but actually is not. Cleaning is easy, just unscrew the chambers, throw the coffee ground, and scrub with mild soap. Simple.  There is always pro and cons in every product, but generally Brikka has been praised as one of unique method and can savor a great cup of coffee. So, without hesitant I recommend this product to anyone who want a good product  for a good cup of coffee like in every cucina Italiana (Italian kitchen).

* * * * *

36 replies
  1. Henry
    Henry says:

    Bialetti sudah tidak lagi mengexport secara resmi ke pasar ASEAN, tapi mungkin anda bisa coba cari di toko2 lain yg mungkin bisa mensupply karena mereka mungkin emport secara langsung.

  2. Oliver Simbolon
    Oliver Simbolon says:

    Saya sangat berminat akan alat ini, saya sudah mencoba pembelian melalui http://www.coffeeshopz.com, tapi tidak ada pengiriman untuk wilayah kota Medan. Saya juga sudah menghubungi email pak henry tapi belum juga dibalas. Bagaimana saya dapat membeli alat ini di kota Medan, terima kasih.

  3. Muhammad Nur
    Muhammad Nur says:

    Terus terang saya sangat berminat pada Moka Pot & Brikka yang dibahas di thread ini. Olehnya itu mungkin ada yang bisa membantu, dimana saya bisa mendapatkan alat tersebut? Apa sudah ada distributor atau resellernya di kota Makassar?
    Trims atas tanggapannya

  4. agustian
    agustian says:

    numpang saran untuk bung Andre Sose

    masalah gasket yang anda alami bisa diakali dengan karet ban dalam truk (tebal), gunting sesuai ukuran lalu coba kalau perlu dua lapis supaya kedap. sebelum dipakai kuras dulu seperti pakai mokapot baru.

    saya sudah pernah coba lumayan, karena baru-baru ini sy cari gasket diinternet (ind) katanya barang kosong sudah lama.
    tp dari segi kesehatan aman gak yaa, ah yg penting nikmat.

    tks

  5. agustian
    agustian says:

    salam kenal kang Toni

    saya mau barter dengan akang atau teman-teman akang barangkali ada yg minat, saya agustian urang bandung yang nyasab di jember, mau ngajak barter dengan 2 kg kopi luwak liar robusta(bukan tangkaran) gross (belum proses)
    Dengan atau :
    1. mokapot brika
    2. french press + VD + milk frother (MF)
    3. mokapot bialetti + frenchpress

    barangkali ada yang minat bisa hubungi saya di 0852 5772 7236 telp/sms. kalu serius nanti barang sy kirim untuk dicek dulu.

    terima kasih

    agustian

  6. farida
    farida says:

    wooow.. kerenn ya.
    sangat menarikk..
    pgnn banget bisa bikin kopi dan meracik kopi..sama bisa pake alatnya.. karena aku masih baru nhii.. amartirr 🙁

    Coba aja, gak ada amatiran koq di sini …

  7. andy
    andy says:

    saya membeli Bialetti brikka ini beberapa waktu lalu, selama ini lancar2 saja, namun tiga hari belakangan ini setiap kali dipakai kopinya seperti meledak meluber kemana2 (bukan bocor sambungan heaternya), ini kira2 kenapa ya pak? apakah kopi yang terlalu kasar?

    Kalau saya, setelah kopi mulai naik, Brikka segera diangkat dari kompor dan biasanya gak pernah luber akibat panas berlebihan.

  8. joy
    joy says:

    Ok pak henry thanks penjelasannya mengenai tutup atas dan ukuran kopi, sekarang sy dah puas. saya akan coba dengan 3 cup.

  9. Henry
    Henry says:

    oh ya, seperti yg diulas sebelumnya, Brikka terbaru ada lubangnya agar uap dan aroma bisa langsung keluar ketika brewing, dan hasil crema jadi lebih maksimal pula dibanding Brikka lama.

  10. Henry
    Henry says:

    sebenarnya jumlah airnya bisa dikurangi tapi minimal 3/4 dari kapasitas nya jadi kalau 4 cup bisa dikira2 menjadi 3 cup.

  11. Henry
    Henry says:

    Yg diulas disini Brikka tipe lama yg sudah tidak dijual lagi oleh Bialetti sejak pertengahan tahun 2011 ini. Indonesia mulai menjual Brikka terbaru ini (yg tidak ada tutup kacanya) hanya berbeda 2 bulan dengan pasar Eropa.

    Artikel ini dibuat tahun lalu, ketika Brikka model lama yg ada tutup kacanya masih dijual.

  12. joy
    joy says:

    Bialetti brikka cuma 1 ukuran yaitu yg 4 Cup, jadi kalau mau ngopi sendiri terlalu banyak yg ke buang kecuali kita bisa minum 3-4 cup sekali minum krn sdh ada ukuran air dan kopinya, yg gak bisa dikurangi krn akan mengurangi rasa (menurut penjualnya). Tapi dr segi rasa memang spt espresso, ada kremanya juga, lbh mantap dr moka pot yg biasa. Cuma yg sy beli gak ada tutup atasnya yg dr kaca/plastik, tp di photo kok ada, jadi penasaran, padahal belinya di http://www.coffeeshopz.com. Mohon penjelasannya pak henry, terima kasih.

  13. Henry
    Henry says:

    Brikka yg lama adalah seperti yg diulas di artikel ini.

    Lubang diatas tutup Brikka terbaru kegunaan utamanya adalah memaksimalkan CREMA yg dihasilkan Brikka, dimana di versi Brikka lama, ketika anda brewing, tutup kaca akan berembun dan embun itu akan menetes ke kopi anda, sehingga ada chance crema yg dihasilkan akan cepat menghilang.

    Dengan Brikka terbaru, uap akan langsung keluar, dan anda juga langsung bisa mencium aroma kuat khas kopi Brikka 🙂

    Overall, Brikka terbaru adalah sebuah improvement yg sangat ditunggu2 pecinta Bialetti, khususnya Brikka.

    Maaf atas respon yg telat.

  14. joy
    joy says:

    @Pak Henry, sy baru beli Bialetti Brikka, Kok gak ada tutup atasnya seperti yang di gambar atas, itu tutupnya kaca atau plastik, kt yg jual emang gak ada tutup atsnya, tp di foto kok ada ya, yg bener yg mana ya…

  15. Henry
    Henry says:

    Kalau mau lebih gampang lihat varian2 Bialetti yg begitu banyak, bisa dilihat sebagian dan diorder secara online di http://www.coffeeshopz.com 🙂

    Maaf ya pak Toni, jadi promosi begini…

    Kalau teman2 ada yg ingin tahu lebih lanjut seputar Bialetti, boleh tanya2 disini, akan saya jawab secepatnya 🙂

    @pak Giovanni, silakan email ke saya di henry.autoaccindo@gmail.com , akan saya balas secepatnya, terima kasih 🙂

  16. giovanni
    giovanni says:

    salam kenal mas henry saya boleh minta info buat supplier barista tools yg ada di jakarta, terima kasih

  17. Henry
    Henry says:

    singkatnya: brikka itu moka express yg dilengkapi pressure valve yg dapat menghasilkan golden crema dan rasa yg lebih “menendang” seperti yg diulas diatas 🙂

  18. filemon
    filemon says:

    salam buat semua yg di sisni..
    mao nanya kalo mokka express sama brikka kepunyaan bialetti bedanya apa ya?

  19. Henry
    Henry says:

    Oh ya sekedar tambahan, kata Pak Toni benar, soal perawatan sudah dijelaskan di manual Bialetti yg anda pasti dapat setiap pembelian Bialetti kok 🙂

  20. Henry
    Henry says:

    Beberapa tips yg sangat berguna untuk menggunakan dan juga merawat Bialetti tipe alumunium anda supaya awet untuk waktu yg lama:

    1) Jangan cuci pakai detergent. Di Italia sendiri Bialetti tidak menganjurkan sama sekali menggunakan sabun cuci. Jangan gunakan wool metalik untuk menyikat Bialetti anda juga. Cukup gonakan spon yg lembut dan air bersih.

    2) Jika anda ingin memisahkan chamber atas dari chamber bawah, jangan dibuka dengan menggunakan pegangannya. Genggamlah chamber atas dan chamber bawah lalu putar.

    3) Ketika mengisi filter dengan bubuk kopi, cukup sampai penuh dan diratakan dan jangan ditekan/dipadatkan. Cukup penuh dan rata. Ada alasan scientific nya tapi agak panjang dan rumit untuk dijelaskan disini.

    4) Ketika menggunakan Bialetti anda untuk pertama kalinya, buatlah kopi sesuai cara pemakaian. Lalu hasilnya dibuang, jangan diminum. Lebih baik lakukan ini 2-3 kali tapi 1 kali biasanya cukup. Ini dilakukan untuk melapisi bagian dalam chamber bawah dengan kopi agar cangkir2 kopi anda terasa mantap layaknya kopi khas Bialetti, bukan metallik.

    Semoga membantu. Perawatan Bialetti ga susah kok, pasti awet apabila terawat. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut boleh tanya2 disini 🙂

  21. Habib Rejid
    Habib Rejid says:

    Sepertinya ada sisi yang tidak jelaskan detil, yang akan mengakibatkan penyesalan. Bahwa cara pemakaian sich mudah dan simpel, tapi hal-hal insident dan terutama sekali CARA MEMBERSIHKAN tidak dijelaskan. Itu adalah hal yang paling mengerikan, apalagi kalau lupa, kelebihan air sehingga meluap atau kopi kering dikarenakan menggunakan kopi yang terlalu halus (fine coffee). Sebelum membeli agar pelajari dan cari tau dulu, problema ini. Minta sdr Henry untuk menjelaskan, beliau sales Bealetti.

    Membersihkan dengan sabun sudah cukup.
    Bialetti sudah memberikat petunjuk pada manualnya bahwa batas air jangan melebihi “safety valve”.

  22. Jutahariadi
    Jutahariadi says:

    Memang Bialetti Brikka adalah stovetop espresso maker yg mantapp..apalagi digabung dengan milk frother tuttucrema….lengkap deh. Recommended banget buat pecinta kopi

  23. Henry
    Henry says:

    @Adi & Andry Sose,

    Pak Adi dan Pak Andry salam kenal, saya dari distributor tunggal Bialetti di Indonesia. Bapak bisa kirim email ke saya di henry.autoaccindo@gmail.com mengenai alat2 Bialetti yg bapak cari. Bapak juga bisa bergabung di official group untuk Bialetti di Indonesia di Facebook. Nama groupnya Official Bialetti Indonesia. Semoga membantu 🙂

  24. Andry Sose
    Andry Sose says:

    Pak,

    Saya punya Bialetti yang Model lama ( hasil 1 cup coffee ) Sekarang alat saya nggk bisa di pake lagi karena karet seal nya itu entah kenapa rusak. Apa ada distributor yang jual spare part nya…krn itu alat kemaren di beli di Canada…makasih pak..:)

  25. Adi
    Adi says:

    pak tony, bagaimana mendapatkan brikka yang 2 cups, posisi saya di surabaya…saya sangat menginginkan sekali alat ini, apakah pak tony bisa membantu?
    thanks

    ulasan anda tentang sangat2 menarik, saya banyak belajar dari website anda

  26. levi
    levi says:

    so, Pak Toni, between the old regular moka express and this brikka. which one you prefer? well, it seems both are interesting tools 🙂

    They are great coffee makers, so it depends your personal preferences. In the meantime, I’m enjoying Brikka.

  27. Mas Ray
    Mas Ray says:

    Alat ini memang bikin kopi hitam yg dahsyat saya lagi jatuh cinta sama alat ini. Wah akhirnya masuk ke internet nih Bialetti, selamat ya!

    Salam kenal Pak Toni, websitenya bagus, saya bisa mampir2 lagi nih 🙂

  28. Charles
    Charles says:

    I see now, what is the different between the “cheap” and the original one.

    It’s valve resemble the portafilter in espresso machine?

    Something like that pak, to increase the pressure.

  29. Henry
    Henry says:

    Untuk tipe Brikka bisa didapat di Metro Senayan, Pacific Place dan Pondok Indah Mall. Harga juga lebih murahdari biasanya berhubung acara Metro Home Fiesta selama bulan May 🙂 .

  30. prast
    prast says:

    Mas Toni, berhubung ini alat simple yang high quality dan susah dicari…gimana kalau dibantu dimana bisa dapetin alat ini mas? 🙂 sekalian harganya kalau bersedia mas 🙂

Comments are closed.