hario3

Sebagai seorang “Hario Expert” Kazuki Okayashu yang membidani penjualan semua produk Hario di Asia Tenggara menjelaskan perbandingan atau rasio kopi yang ia rekomendasikan, 1/12 atau 1 gram kopi untuk 12 gram air. Di hadapan para undangan ia mempraktekan tata cara menyeduh kopi dengan alat V60 pada acara pembukaan “Hario Coffee Factory” tanggal 18 September di AEON Mall lantai 1, Bumi Serpong Damai, Tangerang.

hario6

Titik Balik Hario di 2005. Kazuki menjelaskan, seandainya di tahun 2005 Hario tidak menciptakan alat seduh berbentuk kerucut yang kemudian dikenal dengan V60, bisa jadi bisnis perusahaan ini masih berjalan di tempat. V60 merupakan sebuah lompatan besar bagi Hario, sebuah perusahaan gelas yang hingga kini masih memproduksi peralatan laboratorium selain beragam peralatan seduh kopi.

Tentu saya masih mengingat saat pertama kali mencoba alat seduh Hario V60 sekitar akhir tahun 2010, Bersama banyak rekan yang saat itu datang ke rumah, dengan seksama kami memperhatikan cara kerja alat ajaib ini. Maklumlah, saat itu peralatan seduh kopi tak sebanyak sekarang dan yang paling terjangkau dari segi harga hanyalah Vietnam Drip. 

Cara seduh dengan Hario V60 memang memikat manakala bubuk kopi akan mengikuti bentuk kerucut lalu terdapat blade atau pola garis di sisi bagian dalamnya yang ternyata berfungsi agar aliran udara tidak terhambat. Setidaknya itu yang dijelaskan oleh Kazuki saat presentasinya menggunakan alat ini.

Khusus untuk Syphon, alat seduh kopi kedua yang ia tunjukan cara penggunaannya, Kazuki menggunakan rasio kopi dan air sebanyak 1/10. Menurutnya, Syphon masih tetap populer di negerinya, terutama sebelum adanya V60 dengan rutinitas lomba hingga tingkat nasional dimana ia pernah menjadi juri.

hario2

Hario Coffee Factory. Produk-produk Hario saat ini tak sulit ditemukan dengan berkembangnya penjualan on-line, tapi di Hario Coffee Factory yang merupakan one-stop shopping, pengunjung yang khususnya mulai “terjerumus” bisa melihat secara langsung bagaimana berbagai alat seduh dari Hario digunakan oleh 7 orang Barista di sini.

Kerjasama yang dilakukan oleh Hario Jepang, Toffin, dan AEON Mall menjadikan Hario Coffee Factory menjadi yang pertama di Indonesia dimana pengunjung bukan saja bisa langsung membeli alat seduh kopi dari Hario, tapi sekaligus menikmati sajian kopi-kopi pilihan di tempat ini.

Bagi Anda para pembaca yang baru saja mulai mencoba menikmati kopi, alat seduh V60 saya rekomendasikan sebagai pembuka gerbang untuk menikmati sajian minuman ini.

*   *   *

hario7

hario4

hario5

hario1

1 reply
  1. tri
    tri says:

    Apa Hario Coffee factory juga menyelenggarakan kursus atau seminar tentang kopi?
    Jika hanya kafe dan penjualan peralatan kopi sayang sekali karena tempat ini kelihatan cocok sebagai tempat ahli kopi berbagi pengalaman baik yang professional maupun amatir.

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *