Melbourne International Coffee Expo 2012

Konsulat Jendral RI di kota Melbourne mengirimkan media rilis kepada saya tentang event Melbourne International Coffee Expo (MICE),  yang akan berlangsung dari tanggal 4 hingga 6 Mei 2012. Sebagai catatan, inilah event kopi terbesar yang akan diselenggarakan di Australia dengan 100 lebih peserta pameran yang akan menggunakan ruang seluas 8 ribu meter persegi. Kegiatan MICE akan diadakan bersamaan dengan Australia Barista Championship dan berbagai kompetisi lainnya yang akan berlangsung selama dilangsungkannya acara Expo. Tahun lalu panitia berhasil mendatangkan sebanyak 40 ribu pengunjung untuk hadir dalam acara Expo ini dan diharapkan jumlahnya akan bertambah di tahun 2012.

Prospektus melalui Konjen RI dari pihak panitia MICE yang ditujukan bagi  para produsen biji kopi di Indonesia sebagai ajang untuk mengenalkan produk mereka sekaligus menjalin hubungan dengan 100 mitra dagang potensial dalam bidang : green bean traders, wholesale roasters, peralatan untuk cafe, franchise, berbagai aksesoris, dan bidang pelatihan.

Untuk menekan biaya pameran, KJRI Melbourne mengharapkan adanya cost sharing dengan wakil perusahaan, asosiasi untuk menutup biaya stand,  signage, furniture,  asuransi, keamanan. Prospektus pameran mengutip biaya AU$ 7500 untuk stand ukuran 6x3m atau 11.500 untuk 9x3m. Kecuali biaya transportasi yang harus ditanggung secara perorangan.

Potensi yang sanagat menjanjikan dan kesempatan untu melakukan kontak awal dengan mitra dagang di Melbourne adalah dua alasan valid bagi perusahaan kopi Indonesia untuk melakukan penetrasi pasar ke Australia. Konsumsi kopi di Melbourne banyak dipengaruhi oleh para imigran dari Eropa yang banyak datang di awal abad ke-20 dengan konsusmi 2.6 kilogram per kapita. Satu juta ton kopi terjual setiap tahunnya dengan nilai lebih dari 700 juta dolar Australia dan import biji kopi sebanyak 48.5 ribu ton per tahun.

Saya harap Anda memanfaatkan kesempatan baik ini dan silakan download prospektus Melbourne International Coffee Expo (2.1 MB) untuk dipelajari lebih lanjut atau kontak :

Adrian Malvianto

Consulate General of the Republic of Indonesia
72 Queens Rd | Melbourne | Vic 3004
P: +61 3 9525 2755
M: +61 433 632 682
F: +61 3 9525 1588
email : adrian.malvianto@kjri-melbourne.org

4 replies
  1. fero
    fero says:

    mudah2an sangat berguna bagi para pengusaha kopi indonesi,dan bisa lebih mengenalkan kopi indonesia di dunia internasional..

  2. Eddy
    Eddy says:

    Will be an amazing event..

    Thank you to Pak Toni for sharing this info.

    Sama2 Pak, event yang moga2 banyak pesertanya dari Indonesia.

Comments are closed.