Entah siapa yang memberikan nama ini : “Clever Dripper” sebagai salah satu alat untuk menyeduh kopi selain sebutan Cone Pour Over karena bentuknya yang kerucut dan menggunakan filter kertas. Apapun julukannya, alat ini merupakan sebuah penggabungan ekstraksi kopi antara pour over dengan french press yang sayangnya juga belum dijual di Jakarta, tapi mari kita lihat cara kerjanya dalam menyeduh kopi (Update : Saat ini sudah banyak dijual di berbagai toko on-line)

Mungkin disebut “clever” karena dianggap “pandai” karena alat ini akan secara otomatis akan mengalirkan hasil brewing saat dudukannya diletakan di atas cangkir. Merendam kopi sebagaimana cara french press (full immersion) sekaligus memberikan kontrol terhadap si pengguna kapan waktunya menghentikan proses brewing.

Bila french press dihadapkan pada kendala ampas kopi yang agak repot membersihkannya, maka Clever mengadopsi sistem pour over yang menggunakan filter sehingga sisa kopi mudah dibuang.

French press memberikan kebebasan untuk mengatur waktu brewing/steeping time, dan rasa kopi yang bisa jadi lebih balance dibandingkan dengan Clever yang harus disaring dengan kertas dan akan menyerap lemak kopi.

Pada metode pour over aliran air akan langsung turun ke dalam cangkir, sebaliknya pada Clever, air tidak akan mengalir sepanjang alatnya belum diletakan di atas decanter atau cangkir. Dengan kata lain, grind size pada pour over harus terus disesuaikan agar  waktu ekstraksi sesuai dengan keinginan kita, tapi tidak dengan Clever.

cle1

Kira2 itu kelebihan dan kekurangan alat yang cukup populer penggunaannya di Amerika dan foto-foto di bawah adalah cara penggunaannya. Rasanya tidak usah perlu dijelaskan bukan ?

* * * *

 

 

10 replies
  1. Adriaan Febrianto
    Adriaan Febrianto says:

    Oh itu toch, tempo hari saya dibawain Box isi kertas tulisanya Kopi ternyata funsinya itu toch. sebagai alat penyaring….

    Thanks Om Toni atas Infonya 🙂

  2. Philocoffee Project
    Philocoffee Project says:

    “Clever” nama dagang produk Abid untuk pasar USA dan Eropa. Untuk Asia, namanya Smart Coffee Maker. Produsen dripper ini namanya Abid.

    Selain Clever Coffee Dripper berbasis kertas, Abid juga meluncurkan tipe Clever Coffee Dripper non-kertas: menggunakan saringan berbahan polyproylene 🙂

    Saringan ini bisa dicopot juga sehingga kalau keukeuh ingin menggunakan kertas masih bisa 🙂

  3. Bursa Internet
    Bursa Internet says:

    Tolong bantu dong, selain disebut clever dripper, alat ini disebut apa?
    Kami coba cari lewat rekanan kami di Singapore, mereka enggak tahu tuh. Mungkin karena istilahnya berbeda kali ya?

  4. prast
    prast says:

    om toni, berarti lamanya brewing tergantung kapan akan diletakkan diatas cangkir ya? cmiiw

    – Betul Mas, itu salah satu kelebihan alat ini.

  5. Andreas
    Andreas says:

    Hmmm …. sptnya sudah pernah ada yang mendemokan ke saya, saya juga sudah pakai dengan kopi sang pendemo itu. Kesan saya sih …. unik, memudahkan pemakain dan hasilnya okay …..

  6. Endang
    Endang says:

    Apapun alatnya, yang penting hasil akhirnya, rasanya….
    Nah pak Ton nggak njelasin gimana rasanya

    – Iya bu, rasanya tergantung kopi yang digunakan … selain itu saya sering gak pede ngejelasin rasa kopi 🙂

  7. adi
    adi says:

    ini ada juga kalo di teh 63 keluarannya kamjove (tea & coffee maker)…cuman beda di lid dan saringannya…dan mungkin saja penggunaanya clever dripper bisa untuk teh kalo agak ‘dipaksa’

    salute buat om, toni…
    terus berkarya om 😀

Comments are closed.