Di kantor saya menerima satu kardus berisi grinder kopi merek La Spaziale tipe Top yang merupakan kembaran dari merek Macap seri M4. Sebagai catatan, penamaan kembali atau rebranding grinder bahkan mesin espresso merupakan hal yang lumrah seperti merek Astoria di kedai kopi Starbucks yang tiada lain adalah  Mazzer Super Jolly.

La Spazialle masih membiarkan lambang Macap terpampang di atas tutup bean hopper grinder ini sehingga konsumen akan langsung mengetahui bahwa mereka membeli merek Macap tipe M4.  Di bawah ini adalah pengenalan   sebuah mesin grinder yang menurut saya merupakan pesaing utama Mazzer, bukan hanya dari dari segi harga, tapi juga  dari faktor berbagai fitur tambahan sebagai nilai plus selain kemudahan setting sistem stepless-nya.

Sebelum Mazzer mengeluarkan versi Mini dengan bean hopper yang lebih pendek (250gr) dari tipe Super Jolly (1kg), Macap adalah perusahaan pertama yang melakukan modifikasi sederhana ini. Hal ini dilakukan agar ukurannya pas dengan kabinet rumah tangga Amerika yang cocok dengan bean hooper dengan kapasitas kurang dari 1kg yang  sekarang sudah menjadi standard produsen mesin giling kopi.

Grinder Macap M4 atau tipe Top yang dikeluarkan oleh perusahaan La Spaziale merupakan grinder kelas prosumer artinya ditujukan bagai para pemilik mesin espresso di rumah maupun untuk keperluan cafe yang menginginkan hasil ekstrasi espresso yang dapat diatur melalui fasilitas setting grindernya.

Ternyata tidak cukup waktunya untuk melakukan sesi pemotretan dan mencoba kemampuan grinder ini hanya dalam waktu semalam. Terlepas dari keterbatasan yang ada inilah hasil ulasan singkat yang sudah membuat saya jatuh hati dengan faktor rancang bangun yang kokoh (beratnya saja 10kg).

Kemudahan setting, penggunaan slow speed motor sehingga suaranya sangat halus, dan tentu saja faktor harga yang lebih murah dibanding dengan grinder merek lain yang sejenis. Harga terakhir sesuai kurs adalah 7 jutaan, tapi anda bisa menghubungi langsung perusahaan Harvest Coffee Forenity yang merupakan distributor grinder ini di nomor telepon : +62 21 5325953 untuk harga pastinya.

Ini bukan review atau ulasan yang mendalam, tapi first hand look dan keputusan akhir sepenuhnya diserahkan kepada konsumen yang kebutuhannya tidak sama satu dengan yang lainnya. Foto-foto dalam posting ini diharapkan dapat membantu siapa saja yang ingin melihat lebih jauh  grinder buatan Italia ini. Enjoy.

* * * * *

7 replies
  1. Charles
    Charles says:

    Bused mantab banget ini pak Toni, menggebrak dengan VBM dan Macap nya.

    Mazzer saya udah tua tuh di rumah.

    Saingan berat dengan Mazzer pak, kalau berminat buat ganti grindernya 🙂

  2. chris
    chris says:

    wah..semakin keren pak edisi unboxing-nya, fotonya keren jadi serasa ikutan bongkar.

    ditunggu edisi unboxing yg lain, 1 D mark IV maybe..:)

    Mempersiapkan sajen buat 5D Mark II dulu 🙂 … Thanks Chris.

Comments are closed.