sc1

Syphon (sifon) coffee maker adalah eksotisme para coffee connoisseur dalam menikmati segelas kopi dengan cara yang berbeda dengan yang selama ini kita kenal. Alat ini tidak menghasilkan espresso tapi kopi dengan metode brewing dan  sudah diperkenalkan dibenua Eropa sejak tahun 1830.  Bentuk dasarnya tidak terlalu banyak perubahan sejak pertamakali dipatenkan tahun 1838 selain penemuan material gelas pyrex yang taha api di tahun 1915. Saya mencoba Syphon Coffee Maker ini dan ingin berbagai pengalaman bagaimana rasanya membuat kopi dengan alat yang sangat populer di negara Jepang ini.

SC12

Terdapat dua bagian utama yaitu kontainer air di bagian bawah dan tempat kopi di bagian atasnya. Alat yang saya punyai menggunakan pemanas api dengan bahan spirtus, relatif aman karena dilengkapi dengan penutup untuk mematikan apinya. Prinsip dasarnya tidak berbeda dengan Moka Pot dimana tekanan dari uap air akan masuk ke dalam pipa kecil (funnel) yang mengalirkan air panas menuju kontainer kopi. Di tempat kopi terdapat semacam filter yang akan menyaring ampas kopi dan turun kembali ke kontainer bawahnya saat api dimatikan.

Secara pribadi saya berpendapat bahwa alat yang bergaya art deco ini memang cukup merepotkan selain diperlukan waktu kurang lebih 30 menit hingga kopi siap dinikmati. Tidak demikian tentunya bagi para penggemar Syphon Coffee Maker ini yang memang menikmati ritual pembuatan kopi dengan alat unik ini.  Saya menyerahkan sepenuhnya rasa kopi yang dihasilkan oleh syphon coffee maker kepada anda. Sementara saya masih menggemari aroma dari alat pembuat kopi praktis seperti Vietnam Drip atau French Press yang selain  lebih mudah digunakan juga relatif lebih murah.

Di bawah adalah foto petunjuk penggunaan alat ini sekedar memberikan gambaran sebuah alat yang sudah berusia satu abad lebih.

Salam ngopi 🙂

* * * * *

sc4

sc5

sc6

sc8

sc3

sc13

sc10

sc11

20 replies
  1. Kaikololi
    Kaikololi says:

    buat agan-agan yang mencari coffee maker akebono 5L bisa hubungi saya melalui email di Wrina9lori@gmail.com atau sms/telp yang serius beli di 21-942-88-583/0838-9843-0486.. atau lihat kaskus user name saya Kaikololi 🙂 thank you

  2. sujud
    sujud says:

    mau tanya neh om, aku lg mencari tabung atas nya syphon brew dgn lebel hario TCA 2. soalnya punya ku pecah, kira” dijakarta aku bs dapetin dimana dan dgn harga berapa? mohon infonya terimakasih
    085693090700

  3. Aji
    Aji says:

    rasanya? ada yang sudah pernah mencoba?
    Kalu dibanding vietnam drip atau france press gmana?

    Digemari di Jepang, lebih pekat Vietnam Drip walau agak sama dengan french press.

    • budi wijaya
      budi wijaya says:

      @Aji
      Taste dari Syphoon untuk kopi yang sama biasanya lebih smooth dan aromanya lebih terasa.
      Kelebihan Syphoon vs Drip, lebih pekat tapi pahitnya berkurang.
      Kelebihan Syphoon vs French Press, tidak ada ampas di cangkir.
      Kelemahan Syphoon, lebih extra repot buat persiapaan, pembersihan alat, harus extra hati2 karena bahan dari gelas dan ada biaya rutin untuk penggantian filter .

  4. yusuf
    yusuf says:

    nanya lg nih ada yg tau ga harga and nomor tlpn penjual coffee maker diatas soalnya ku di makassar, thanks

  5. budi wijaya
    budi wijaya says:

    @Yusuf
    kalo di jakarta bisa coba ke mall ambasador lt.4 deretan di depan La Tazza cafe. Pilihan lebih banyak ada di Harco Glodok, tapi saya lupa alamat pastinya.

  6. anjepika
    anjepika says:

    mas tony yang punya blog wahid…..ni alat klo mau beli di mana ya….????

    salam kenal penCINTA kopi dri pangkep

  7. Yohannes Kristanto
    Yohannes Kristanto says:

    he…he…mantaf abiz…btw,mana langkah ke 5 nya? shortcut nih?

    Dah dibenerin, thanks koreksinya.

Comments are closed.