rok4

Kalau Anda piawai mengoperasikan ROK Presso, rasanya tak perlu lagi membeli mesin espresso. Cukup dengan satu alat ini yang sudah banyak yang membuktikan kehandalannya karena aspek durabilitas yang sangat baik. Rasa ? Buat saya hasil espresso ROK bisa sangat mendekati mesin espresso kelas komersial dan yang Anda lihat adalah versi terbarunya dengan beberapa pengembangan dari sisi material dan desain.

rok12

Empat tahun lalu saya pertama kali berkenalan dengan Presso yang ulasannya bisa di baca di sini. Sudah sejak lama Presso merupakan alternatif bagi siapa saja yang memerlukan sebuah alat pembuat espresso tanpa harus menggunakan listrik selain faktor portabilitasnya.

Alat ini malah sudah sampai digunakan untuk keperluan komersial di beberapa cafe yang pernah saya kunjungi. Kedai Kopi Bara di kota Bandung, atau BC Street Cafe di Bali yang dulunya menjadikan Presso sebagai pengganti mesin espresso. Itu hanya sedikit saja yang saya ketahui dan meyakini bahwa masih banyak tempat lain yang tak enggan menggunakan pembuat espresso unplugged ini. Sebelumnya mari kita lihat beberapa perbedaan dengan versi sebelumnya.

Lanjut ke halaman berikutnya.

19 replies
  1. Hary Kurniawan
    Hary Kurniawan says:

    Saya pakai rok presso belum 1 tahun. Tapi kenapa beberapa hari belakangan ini, rok presso sy spt kurang mampat apabila dipompa ya? Padahal setelan kehalusan grinder sama2 saja & biji kopinya pun tidak berubah.
    Tapi belakngan ini pada saat dipompa, airnya cepat keluar dari porta filter.
    Apakah ada pengalaman spt ini, Bang?
    Terima kasih

    Reply
  2. Donni Doni
    Donni Doni says:

    Halo om…
    Mau nanya kalo rok presso bisa di rubah / kalibrasi biar hasilnya lebih dari hasil standart. … ,

    Reply
  3. nasarudin
    nasarudin says:

    Maaf kalau boleh tau dimaba saya bisa dapatkan alat ini min
    Saya dari kepri
    Mungkin dari bos bos ada yang bisa bantu

    Reply
  4. Fadil
    Fadil says:

    saya pernah menggunakan alat ini dan sangat bagus untuk membuat espresso selain mudah digunakan dan relatif lebih murah dibanding harus beli mesin espresso yang harganya lebih mahal

    Reply
  5. Rizal Fernando
    Rizal Fernando says:

    Selamat siang Pak & para coffeeholic,

    Asking help..boleh kah minta contact penjual ROK presso type ini? Saya ada rencana mau coba usaha coffee kecil2an.

    Please advicenya ya.. terima kasih atas support & ilmunya

    Reply
  6. Dedy
    Dedy says:

    Assalamualaikum kang..

    Ane baru meminang alat ini & masih baru di dunia kopi. mohon tips untuk tamping 8gram kopi pake tamper alumunium yg dijual trpisah dong. nyangkut di penjepit filter trus.

    terimakasih..
    sukses cikopi

    salam.

    Reply
  7. rifki
    rifki says:

    Cakep Pak Artikelnya. btw saya masih culun bikin americano, kalo espresso sih ud lumayanlah hihihihi
    ada tips ga pak kalo bikin americano (seduh dengan air 120ml ke atas)?

    terimakasih

    salam,
    rifki

    Reply
    • Sebangku Kopi
      Sebangku Kopi says:

      AFAIK Americano itu ya espresso yang ditambahkan dengan air panas, jadi kalau sudah bisa buat espresso dengan ROK ya tinggal campur hasil espresso nya dengan air panas sesuai selera. Jadi bukan bikin nya langsung dimasukin seluruhnya 120ml ke dalam chamber ROK kemudian di press,, kalau itu sih namanya Lungo (espresso yang dibuat dengan lebih banyak air),,

      Lungo jg umumnya dengan jumlah air 2x dari standard espresso (dengan tidak mengubah jumlah kopinya), misalnya espresso single 25-30ml, kalau mau dibikin Lungo airnya jadi 50-60ml langsung dimasukin kedalam chamber ROK dengan jumlah kopi yang sama

      Reply
  8. asrul
    asrul says:

    nice tools saat pertama lihat Foto Presso saya yakin ini bisa jadi solusi untuk saya yang ingin membuat angkringan specialty kopi di daerah saya di Kutai timur – sangatta ( 8 jam perjalanan darat dari Balikpapan).karena masalah utama kami disini adalah keterbatasan arus listrik jika harus pakai mesin espresso .
    Thanks Kang Toni.W buat review nya its Very helping and inspirated for us..Wassalam ..( sekalian Mohon maaf lahir batin mumpung masih suasana lebaran.. 🙂

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *