kam1

Walau tidak dilengkapi dengan pemanas dan hanya berfungsi untuk mengalirkan air, tapi pompa yang diproduksi oleh perusahaan Kamjove yang pabrikannya berlokasi di Guandhong, China ini sangat fungsional, relatif lebih cepat dibanding dispenser air yang mengandalkan gaya gravitasi seperti yang terdapat di rumah saya serta tentu saja harga yang sangat terjangkau. Menarik bukan ?

kam2

Kamjove

Kamjove, didirikan tepat seperempat abad yang lalu dengan fokus pada produk teko listrik dan peralatan pendukung  lainnya sejalan dengan kultur teh yang sudah mendarah daging di China. Di Indonesia, produknya tak sulit  dijumpai di pasar swalayan yang terdapat gerai penjual teh dimana Anda bisa menemukan produk-produknya, terutama teko listrik berbagai ukuran. Khusus untuk pompa air Kamjove ini Anda bisa memperolehnya dari Maharaja Coffee yang merupakan salah satu penjual peralatan kopi yang berlokasi di Jakarta.

Desain

Sangat ringan dengan berat unit pompa hanya 400 gram dan mayoritas bahannya terbuat dari plastik kecuali bagian pipa yang terbuat dari stainless. Panel terdiri dari empat tombol yang bila ditekan mengeluarkan bunyi “beep” dan cahaya lampu led yang leterangannya menggunakan tulisan Mandarin. Jangan khawatir, walau saya juga tak paham, tapi bisa dutebak fungsi masing-masing tombol tersebut.

Satu tombol dibagian bawah untuk menyalakan pompa, sedangkan tiga lainnya berfungsi untuk mengeluarkan air (dua di antaranya menggunakan sistem volumetric, 400 dan 800mm). Sedangkan tombol berwarna hijau akan mengalirkan air selama ditekanm jadi cukup sederhana pengoperasiannya.

kam3

Instalasi

Tinggal memasangkan pipa stainless pada lubang bagian atas lalu langkah kedua adalah menyambungkan selang plastik yang terletak dibagian belakang untuk kemudian dihubungkan dengan sumber air. Sambungan ke listrik menggunakan dua pin yang berbentuk pipih, jadi siapkan koneksi agar bisa tersambung pada outlet listrik rumah yang berbentuk bulat. Setelah semua selesai, pompa bisa difungsikan dan Anda bisa menikmati kemudahan yang ditawarkan oleh pompa Kamjove.

kam4

Performa

Buat saya tak mengecewakan terlebih dengan dengan suara halus, Kamjove bisa mengeluarkan air sebanyak 400 ml dalam waktu kurang dari 15 detik. Memang material pembungkusnya didominasi oleh plastik, tapi cukup sebanding dengan harganya yang 400 ribuan pada saat tulisan ini dipublikasikan. Sebuah alat yang cukup fungsional untuk digunakan di rumah atau di coffee shop sebagai pendamping perlengkapan seduh secara manual.

*  *  *

 

kam9

kam6

kam7

5 replies
  1. Yogi
    Yogi says:

    Menarik sekali pak toni. Saya mau tanya, kalo misal bagian atas kamjove ini dihubungkan ke kran air menggunakan pipa fleksibel, apakah bisa ? Trus kalo semisal tombol hijau ditekan terus tapi kran air yang tersambung dimatikan, jadi hanya bisa keluar air ketika kran air diputar (on). Apakah itu bisa merusak pompa kamjove ? Makasih

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *