kopi kina

Bila ada rekor MURI untuk kedai kopi yang paling banyak menyediakan kopi se Nusantara, saya yakin gelar tersebut akan diraih oleh Kopi Kina. Dengan lebih dari 50 kopi dari berbagai pelosok daerah di Indonesia, warung kopi yang baru berusia tiga minggu ini memang layak jadi pemecah rekor. Adalah Cornelius Swangga (25) yang pekerjaan formalnya adalah seorang ahli penelisik kerak bumi atau geolog lulusan UGM yang kemudian menjadikan Kopi Kina sebagai bentuk idealismenya untuk mengenalkan kekayaan kopi Indonesia khususnya ke publik di Jakarta.

 kopi kina 1

Bila Anda yang ingin menyambanginya, ambil jalan Casablanca atau Abdulah Syafi’ie, lalu ambil jalan sebelah kiri dan jangan naik ke jembatan layang. Lokasinya tak jauh sebelum Anda tersasar ke arah Pancoran atau terpaksa harus kembali berputar arah, dan di sebelah kiri  Anda akan melihat lambang Kopi Kina.

Cornelius yang kelahiran Jogja sebenarnya ingin membuat suasanya Kopi Kina sebagaimana cafe yang berada di kotanya. Namun karena berbagai keterbatasan terpaksalah lajang ini berakrobat mendesain sendiri ruangan yang luasanya sekitar 80 meter persegi.

Beberapa foto hitam putih dengan tema human interest ditempel di dinding yang kemudian saya ketahui merupakan ahsil karya Cornelius. Tak heran karena sederet kamera analog dipajang di Kopi Kina, dari kelas medium format hingga 35mm, Mamiya, Hasselblad, dan beberapa merek high-end lainnya.

Ethnic Vintage, itu tema utama yang diusung oleh Kopi Kina nya dengan hiasan furniture tua yang sebagian ia kerjakan sendiri. Di sebuah sudut, Cornelius menempatkan perangkat musik yang nantinya akan dilengkapi dengan pemutar piringan hitam. Susunan lagu atau genre musik ? Dipilih dengan seksama karena Cornelius juga sependapat dengan saya bahwa sajian musik sama pentingnya dengan hidangan kopinya.

kina7

Nah, kembali lagi ke jumlah kopi sebanyak itu, bagaimana sih Cornelius mengupayakan persediaan yang sangat beragam yang terdiri dari arabika, robusta, hingga liberika ? Sebelum membuka Kopi Kina, Cornelius telah melakukan banyak kontak ke petani-petani kopi di berbagai daerah di Indonesia.

Usahanya yang keras tentu tak mudah, tapi saya yakin tak banyak cafe yang menyediakan varian kopi arabika dari Moanemani (Papua) dengan elevasi sekitar 1500 di atas permukaan laut sebagaimana yang bisa Anda nikmati di Kopi Kina.

Dengan mesin roasting merek Behmor, Cornelius melakukan seakan “pertapaan” untuk selalu menyediakan kopi hasil racikannya sendiri. Sejauh ini Cornelius masih belum punya rencana untuk memperbesar kapasitas mesin roasting-nya karena dirasa masih mencukupi.

Di bar kopi tak ada mesin espresso, hanya sebuah alat Presso serta beberapa alat seduh manual seperti french press dan syphon.

kina5

Saya selalu angkat topi untuk para penggemar kamera analog atau masih menggunakan film. Bukan apa-apa, hobi yang satu ini berada di different league,  perlu kejelian memandang objek, mengukur intensitas cahaya, komposisi yang apik, dan bukan seperti era digital sekarang, pada genre ini fotografer tak akan pernah tahu hasil akhirnya sebelum film-nya di proses. Mendebarkan, dan mungkin sensasi itu yang didapatkan Cornelius saat berada di kamar gelap dan hasil karyanya bisa Anda nikmati di dinding bata merah Kopi Kina

Kopi Kina adalah refleksi si empunya, dengan segala keterbatasan yang ada, ia tetaplah tempat yang menawarkan kebhinekaan kopi Nusantara secara lengkap karena Cornelius mencintainya dengan sepenuh hati.

*  *  *

kina3

kina4

kina6

kina8

kina10

kina11

kina12

 
Kopi Kina
Alamat : Jl. H. Abudllah Syafi’ie no.1, Jakarta
Jam buka : 16.00 – 02.00
Range harga : 15 – 50 ribuan
Smoking area : Ada
Twitter : @kopikina

16 replies
  1. Rizaldi
    Rizaldi says:

    sumpah, keren abis theme konsep yang kopi kina punya :). bisa jadi panutan juga nih. all about manual brew dengan konsep hitam putih yang di temani musik clasic. kapan kapan ane ma mampir deh 🙂

  2. ali
    ali says:

    Amazing… Baru td sore ktemu lgsung sm owner’y KOPIKINA (c.swangga), ramah bray org’y. Thx ya swangga tuk jamuan’y…

  3. onyit
    onyit says:

    standing applause to Mas Cornelius Swangga,,Muda kaya karya.Also to Pak Toni Wahid;Artikel2 Kopi yng smakin mnambah khazanah prkopian Nusantara,,Respectful..Majulah trus Kopi Indonesia.Ti Amo,,,

  4. inyong
    inyong says:

    Alamatnya kurang jelas ini, ada alamat lengkapnya?

    Jl. H. Abdullah Syafi’ie no.1 (Casablanca), Jakarta.

  5. @sikirun
    @sikirun says:

    Wehehehe mas angga emang sangat berdedikasi dalam semua hal yg ada di kedainya…semangat mas angga 🙂 thx kemarin, semoga selalu menanjak 🙂

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] ini tidak dipungut biaya namun peserta dibatasi 20 orang karena lokasinya yang cukup kecil, di kedai Kopi Kina, Tebet, Jakarta […]

Comments are closed.