head

Festival Kopi Indonesia : Jogja

festival kopi jogjakarta 2013

Di Pendopo Agung Hotel Ambarukmo Palace, Jogjakarta, Festival Kopi Indonesia yang berlangsung dari tanggal 14-15 September 2013 dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan. Hadir dalam acara Coffee Talk sebagai pembuka kegiatan ini antara lain pakar marketing Hermawan Kartajaya, peneliti senior ICCRI DR. Ir. Surip Mawardi, SU dan beberapa tokoh di industri kopi lainnya.

fest1

Menurut panitia penyelenggara, Yanthi Tambunan, Festival Kopi Indonesia di Jogjakarta merupakan rangkaian dari Festival yang diadakan di kota Bandung dan Ubud di Bali. Selanjutnya Yanthi menjelaskan terdapat 16 stand yang turut berpartisipasi dalam acara ini antara lain : Maharaja Coffee, BPD AEKI, Rollaas Cafe, Klaster Kopi Arabika Kintamani, Coffee & Beyond, Kujer Coffee Roaster, Blanco Diamante, Pame Mandiri, Toffin Product, Ketiara Kopi Gayo.

Festival Kopi Indonesia di Jogjakarta kali ini diisi dengan kegiatan cupping, barista class, roasting class, dan manual brewing yang dibawakan oleh Tuti Mochtar, Adi. W. Taroepratjeka (Secangkir Kopi, Andreas Andrianto (Cangkir Coffee), Heri Setiadi (La Tazza), Mohamad Aga (Getback Coffee), Dodi Samsura (Juara IBC 2013, 1/15 Coffee), Vivi Sofia (Kopi Bali), David (Santino Coffee), dan Irwanto (Toffin), serta Dico.

surip-mawardi

Ah sayang ikon kopi Jogja seperti Blandongan atau kopi joss tidak terlihat di anatara peserta walaupun panitia sudah mengangkat tema “Kopi Tubruk, The Local Lifestyle” di festival kali ini. Kita tunggu Festival Kopi selanjutnya yang jauh lebih meriah dan dirasakan denyut nadinya terutama oleh kota yang menjadi tuan rumah.

*  *  *

festival kopi jogjakarta

5 replies
  1. Tantri
    Tantri says:

    Kemarin pengen banget datang, tapi sayang sekali kabarnya harus bayar registrasi ya buat pengunjung yg datang :( Dan lagi kayaknya informasi event ini nggak merata, terbukti masih ada beberapa penggiat kopi yg sama sekali nggak tau soal info ini. Semoga untuk event yg selanjutnya bisa lebih “membumi”.

    Reply
  2. Endang Tri
    Endang Tri says:

    Pak Toni, apakah ini festifal kopi tahunan spt yang tahun lalu di Ubud – Bali ? Waktu itu saya dengar dr salah satu peserta yg dr Semarang mengatakan tahun depan (2013) akan diadakan di Semarang, ternyata di Jogya ya. Kalau saya membaca bhw ada 16 stand, sepertinya lebih ramai yg di Ubud itu……..

    Benar Bu, ini rangkaian festival yang pernah diadakan di Ubud.

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply