Quiz : Name Me ! (Closed)

Name Me Quiz for a Froco Roasting Machine, with the ultimate prize of Rp.1,000,000 for one lucky winner and 1 kg of Raw Toraja (Tanah Toraja) Coffee beans for the lucky 14 Runners-up.

Christian from Froco, the architect who build the FR3 roasting machine still hasn’t baptized the machine with a name, and it’s temporarily called as the FR3 series. Therefore, he asks me to get some help through the readers of Cikopi.com to name the roasting machine in this Rp. 1 million prized quiz for the one lucky winner who comes up with the best name. However, before you start thinking of names, you should read the specification of this machine in my post titled Infra Red Roasting Machine from Froco, which was published on March 4th 2012.

Your task is to come up with the most suitable name for this FR3 roasting product by adhering to the following requirements:

  • The proposed name has never been used for other brands nor have other companies ever patented it.
  • Phrases or names from Bahasa, or other foreign languages or abbreviations are allowed.
  • The proposed name should be unique and related to roasting machines and/or coffee in general.
  • The proposed name will be proprietary to Froco
  • Rp. 1,000,000 prize will be given for one (1) winner + 1 kg of raw Toraja coffee beans.
  • The chosen fourteen (14) Runners-up will win 1 kg of raw Toraja coffee beans.
  • To participate, simply use the comment form below and submit it no later than March 16th 2012.
  • The winners will be announced on a separate post in the near future, so stay tuned!
  • The prizes will be delivered to the winners’ addresses who reside only in Indonesia.

Good luck!

* * *

Quiz : Namai saya (Closed)

Christian dari Froco, arsitek mesin roasting FR3 masih belum memberikan nama untuk produknya yang sementara hanya diberi seri :FR3. Ia meminta bantuan pembaca cikopi.com untuk mencarikan nama yang pas bagi mesin roasting-nya dalam sebuah Quiz yang berhadiah 1 (satu) juta rupiah untuk satu nama yang terpilih.  Tapi, bagi yang belum tahu tentang mesin ini, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu artikel FR3 dengan judul : Roasting Infra Merah Dari Froco yang saya publikasikan pada tanggal 4 Maret 2012.

Tugas Anda hanya mencarikan satu nama untuk produk roasting FR3 ini dengan ketentuan :

  • Nama tersebut belum pernah digunakan oleh merek apapun dan/atau sudah dipatenkan
  • Bisa menggunakan istilah dari bahasa Indonesia, daerah, atau asing, satu/dua kata, atau singkatan
  • Unik, mudah diingat, dan sebisa mungkin berkaitan dengan mesin roasting dan/atau kopi pada umumnya
  • Nama yang dipilih oleh Froco akan menjadi hak milik perusahaan ini
  • Disediakan hadiah sebesar 1 (satu) juta rupiah untuk satu orang pemenang + 1 kg biji kopi Toraja yang belum di roasting
  • Empat belas orang lainnya yang terpilih akan diberikan hadiah biji kopi Toraja yang belum di roasting sebanyak masing-masing satu kilogram.
  • Batas akhir penulisan Quiz di kolom komentar pada hari Jumat, tanggal 16 Maret 2012
  • Pengumuman hadiah akan ditulis pada posting yang akan ditentukan kemudian
  • Hadiah akan dikirim langsung ke alamat pemenang yang seperti biasa hanya terbatas pada wilayah Indonesia

Selamat mengikuti Quiz  . . .

60 replies
  1. Mpu Dofir
    Mpu Dofir says:

    Mas ikutan kasih nama, semoga nama ini bisa menang yha. ” FROCO NAGA MERAH ”
    Soalnya mesinnya kaya naga hahahahah

    Salam Dari Mpu Dofir ” KOPINOTHOS KARANG PILANG SURABAYA.

  2. Gunawan Ariyanto
    Gunawan Ariyanto says:

    FROCO seri FR3 ya..

    udah banyak juga tuh yang komen

    saya usul

    Froco RR Series
    atau Froco : Rhino Roar
    Froco = pabrik
    RRR = (Rhino Roar)

    Rhino kan badak.. hewan khas banten tuh :p
    Roar : auman
    wahahahahahahaha

    karena mesin buatan dari Banten dan kalo di jual di mancanegara, biar tau hewan khas Indonesia khususnya Banten

  3. javonturir koffie
    javonturir koffie says:

    ngiringan aha Kang Ton
    usul saya mah namanya “KRASNAYA”. itu bahasa Rusia, yg maknanya kurang lebih “Merah Mempesona”

  4. Desrenia Widjaja
    Desrenia Widjaja says:

    My sugestions will be:

    Froco FR3 Bhimasena

    Diambil dari salah satu nama pandawa kisah agama Hindu, Mahabharata. Bhima bersama dengan Arjuna & Kresna (nama mesin froco lainnya) memenangkan perang melawan Bisma (perang antara kebaikan dan kejahatan)

    Bima (Sanskerta: भीम, bhīma) atau Bimasena (Sanskerta: भीमसेन, bhīmaséna) adalah seorang tokoh protagonis dalam wiracarita Mahabharata. Ia dianggap sebagai seorang tokoh heroik. Ia adalah putra Dewi Kunti dan dikenal sebagai tokoh Pandawa yang kuat, bersifat selalu kasar dan menakutkan bagi musuh, walaupun sebenarnya hatinya lembut. Ia merupakan keluarga Pandawa di urutan yang kedua, dari lima bersaudara. Akhir dari riwayat Bima diceritakan bahwa dia mati sempurna (moksa) bersama ke empat saudaranya setelah akhir perang Bharatayuddha. Bima setia pada satu sikap, yaitu tidak suka berbasa basi dan tak pernah bersikap mendua serta tidak pernah menjilat ludahnya sendiri. (source: wikipedia)

  5. soge79
    soge79 says:

    terinspirasi dari mas wahyu……
    bagaimana kalau -FROCOMODO’3 u/ 3kg
    -FROCOMODO’5 u/ 3kg
    dst……..
    maju terus produk lokal…………..

  6. Yeni Setiawan
    Yeni Setiawan says:

    Froco Demone atau Froco Demonio.
    Demone atau devil, karena ukurannya besar, merah, dan panas 😀

    Atau Buto Froco? Buto itu Bahasa Jawa untuk kata “raksasa”. Kalau yang ini mah namanya agak maksa hehe.

  7. lemos
    lemos says:

    “Supernova FR3”
    as the hottest things in the universe just like FROCO roasting Machine the hottest things in coffee universe

  8. sutrisno
    sutrisno says:

    Tanpa bermaksud melecehkan,dan saya memikirkan nama ini sekilas saja..saya hanya mengambil momen,bahwa masyarakat Indonesia sangat sensitif dengan kata ini..

    FR3IR SEx Roaster..SEx berarti Smart Express Roaster..yang disini IR saya artikan utk InfraRed yang baru kali ini saya temui digunakan untuk mesin Roaster..dan kata SEx,saya lihat cukup sensitif,dan mudah untuk nyantol di kepala mayoritas pria penikmat dunia hitam..

    Skali lagi pemikiran nama ini hanya selintas saja,saya tidak bermaksud menyinggung siapapun dan tidak bermaksud melecehkan siapapun juga..

    Salam Dunia Hitam dari Mataram Lombok.

  9. suthe
    suthe says:

    iFROCO v3

    keterangan: iFROCO v3 penggunaan Infra Red pada mesin Roaster pabrikan FROCO versi kapasitas 3kg

  10. daniel
    daniel says:

    IRAMA FR3/FR5

    singkatan dari:

    I = Infra
    R = Red
    A = Advance
    MA = Machine/Matic/ Automatic
    FR3/FR5 = Froco Roaster 3kg or 5kg

  11. donnie H.
    donnie H. says:

    ‘FROCO TESTAROSSA IR3″

    Merujuk pada ‘kepala’nya yg merah sekaligus merujuk sistemnya “Infra Red” max 3 kgs

    Sukses Froco , Sukses Cikopi.com

  12. Wahyu
    Wahyu says:

    FROCO ROASTER SERIES: KOMODO IR-3
    atau disingkat:
    FROCO KOMODO IR-3
    atau (only):
    FROCO KOMODO

    – Komodo: nama Indonesia, gaung mendunia
    – IR = Infra Red, 3 = kapasitas 3 Kg
    – Mesin ini seperti halnya komodo, – jangan dianggap enteng – ‘cerdik’ dan ‘buas’ dalam meroasting kopi, memiliki kualitas yang unggul dan bandel/awet.
    – Langgam kata yang senada dengan unsur huruf vocal ‘o’ yang mudah diingat
    – Alasan lain: Sudah sepantasnya kita angkat istilah/suku kata berakar bahasa Indonesia atau bahasa daerah di Indonesia untuk mengangkat keunggulan potensi sumberdaya alam, geografis, maupun kreatifitas & intelektualitas anak bangsa, sebelum keduluan di klaim/paten sama pemain-pemain asing, seperti halnya kasus Toraja Kalosi itu.

    Sekedar sumbang saran 🙂 Nuhun..

  13. Gani
    Gani says:

    type:

    type bahan bakar : G untuk gas bisa berubah
    1200 : daya listrik bisa berubah tergantung spec

  14. Gani
    Gani says:

    FRO-3IR/MATIC TYPE G/1200

    FRO dari froco
    3 adalah kapasitas maksimum (variable)
    IR adalah system Infra red
    Matic :untuk sistem yang bekerja secara automatis dengan PC

  15. nyanyo
    nyanyo says:

    – FROSTIR-3 (Froco ROaSting Infra Red -3)
    – IFROST-3 (Infra red Froco ROaSting-3)

  16. adi
    adi says:

    mencoba peruntungan nih…

    ” 83AM COFFEE ROASTER ”

    🙂 hehehe

    8 minutes for 3 kg coffee (just BEAM the Coffee)

  17. Erwin Gayo
    Erwin Gayo says:

    kagak usah yang ribet ribet bung crist, cukup DJAVAROAST atau DJAFRO logonya satu biji kopi yang ber asap, tu wanginya akan beredar seantero nusantara , kan di jalan natawijaya bandung tadi sore sudah tercium tu.. sukses bro “you are the man”

  18. wargo
    wargo says:

    CYCLO FROCO, selalu berputar, karena kalo gak roastingnya tidak bisa jalan

    Salam dunia pekat.

    Wargo

  19. wisnu hadi
    wisnu hadi says:

    Saya ikut persembahkan karya anak bangsa untuk memberi nama hampir mirip dengan OBAT MAAG yg sudah terkenal dipasaran yg mudah diingat yaitu : Bismillahirohmanirrohim…: ” FROMAX III ” bisa diartikan FROCO MAX 3 KG dengan mengadopsi kata obat maag aman bagi lambung…so dg menggunakan mesin roasting FROMAX III hasil akhir biji kopi yg di roasting mesin tsb dijamin aman bagi lambung…thx

  20. Budiman
    Budiman says:

    Ikutan ah!
    Froco-IRB (Infra Red Burner)
    Sukses untuk mas Wahid. Semoga saya menang!

  21. soge3739
    soge3739 says:

    froco CRISTO’3 u/ 3kg
    froco CRISTO’5 u/ 5kg
    “CRISTO=Cristian Heryanto”

    u/ Pak TW sukses selalu menyertai anda…

  22. lidya
    lidya says:

    Bagaimana jika diberi nama FR3-Bhisma
    FR3 adalah Froco kapasitas 3 Kg,
    Bhisma adalah salah satu orang suci dalam kisah Mahabrata yang memegang sumpahnya sampai mati.
    Jadi, diharapkan Froco tetap ‘SETIA’ pada dunia Roasting Kopi sampai kapanpun 🙂

  23. Shopeeholic
    Shopeeholic says:

    ……….”ChriMer Froco…………..”
    ( Christ Roasting Infra Merah dari Froco 😀 )
    Sukses ya buat mesin terbarunya..makin keren aja ni mas christ.. 😉

  24. surya
    surya says:

    “CRIS3″/”CRIS-03” By FROCO

    C=COFFEE
    R=ROASTING
    I=INFRA RED
    S=SYSTEM
    3/03=3KG

  25. Wiliam Edison
    Wiliam Edison says:

    Ikutan deh,

    FROCOOS V.3 Roaster.

    FROCO + OS(Operating System) + Versi 3kg

    Semoga bisa senang dgn nama ini…

  26. zaki sungkar
    zaki sungkar says:

    PROFR3SOR

    Diciptakan karena mesin ini adalah kreator mesin roasting menggunakan piranti lunak yang canggih.
    Mirip seperti professor yang juga merupakan seorang kreator.

  27. pin
    pin says:

    Superia Froco

    1. Super Automatic dengan metode “suction”, pintu di bagian drum untuk mengeluarkan kopi saat roasting sudah selesai dilakukan secara mekanis dengan sistem pneumatic dengan menggunakan angin yang tetap akan bekerja walau aliran listrik terputus, serta baling-baling di dalam drum terlihat cukup besar yang dimaksudkan agar kopi teraduk rata hingga hasil roasting lebih merata.

    2. Super infra red
    Sistem ini dipercaya lebih stabil suhu panasnya dengan waktu roasting yang lebih singkat.

    3. Super Roasting
    Dengan motor yang berkekuatan 400 watt dengan kapasitas 7 meter kubik per menit, hingga kopi sebanyak 3 kilogram bisa didinginkan hanya dalam waktu kurang dari 3 menit.

    Bener-bener super kan?? 😀 SUPERIA FROCO

  28. Eddy
    Eddy says:

    Froco ISR 3
    Froco ISR 5

    Kepanjangan dari:
    Froco In Store Roasting 3 kg
    Froco In Store Roasting 5 kg

  29. jenderalcilik
    jenderalcilik says:

    “Fro-Chromatic 3”

    Filosofi pengambilan nama “Fro-Chromatic 3”

    “Fro” merupakan penggalan kata dari “Froco” sebagai produsen mesin dan produk kopi ini.

    “Chromatic” memiliki artian ‘sesuatu hal yang berhubungan dengan warna’ hal ini diambil dari warna mesin tersebut yang berwarna serba merah. Karena jelas produsen ingin memberikan warna merah tersebut sebagai identitas dari mesin. Juga salah satu tujuan utama diciptakan sebuah sistem roasting yang rumit adalah untuk mendapatkan biji kopi dengan warna yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, dimulai dari light, medium, hingga dark brown.

    Dengan menggunakan istilah “Chromatic” ini, memberikan kemungkinan bagi produsen untuk mengeluarkan varian lain yang merupakan inovasi terbaru dari mesin ini di masa yang akan datang dengan menggunakan kode warna dibelakangnya sebagai identitas bagi fitur utama pada masing-masing mesin.

    Misal:
    “Fro-Chromatic RED 3” untuk Mesin berdaya tampung 3kg,
    “Fro-Chromatic BLUE 5” untuk Mesin berdaya tampung 5kg, atau
    “Fro-Chromatic GREEN 3 (ECO)” karena mesin jenis ini memiliki fitur tidak memakan banyak daya untuk melakukan semua proses roasting dan lebih peduli lingkungan, dst.

    Istilah “Chromatic” juga berhomofon dengan ‘aroma’ atau ‘aromatic’, kedua istilah ini jelas sangat dekat dengan dunia perkopian.

    Dan kebetulan istilah “Chromatic” memiliki rima “-matic” diujungnya, hal ini memberikan informasi mengenai mesin tersebut secara implisit, dimana semua kinerja sistem dari mesin ini telah dilakukan secara “automatic” dan terkomputerisasi.

    Terakhir, “Froco” … “Froc..” …aha! “Fro-Chromatic”!! hmmm.. terdengar enak dan unik. 😉

    Salam Hangat,
    jenderalcilik

Comments are closed.